5 Cara Bernyanyi Sambil Bermain Gitar

Hari ini saya akan memberi sedikit ulasan tentang 5 cara bernyanyi dengan menggunakan gitar. Apakah anda seorang gitaris yang sangat berjuang untuk mengkoordinasikan tangan dengan gitar dan vokal suara secara bersamaan.

Anda dapat mengiringi temanmu yang sedang bernyanyi dengan menggunakan gitar. Tetapi kamu bisa atau tidak bermain gitar sambil bernyanyi.

Inilah Tentang 5 Cara Bernyanyi Sambil Bermain Gitar

5 Cara Bernyanyi Sambil Bermain Gitar 1
5 Cara Bernyanyi Sambil Bermain Gitar 1

#1. Strimming dengan Rhythme Nyanyian.

Sama seperti pemain piano yang bisa menyamakan nada piano dengan nada suaranya, tangan kanan yang berguna untuk menyeimbangkan dan tangan kiri dengan bersamaan saat memainkan piano untuk bagian nada rendah ataupun bass.

Dan jari-jari untuk tangan kanannya memainkan nada-nada melodi yang tinggi, mereka juga memainkannya sambil benyanyi.

Mereka juga mencoba untuk melatih penyeimbangan rhtyme permainannya yang seakan-akan dapat disatukan, dan supaya tidak ada konflik sama saraf yang diotak. Sehingga permainannya pun bisa saling kompak dengan baik tanpa harus tersendat-sendat.

Hal ini juga sama seperti drummer yang dimana memainkan seluruh bagian tubuhnya dengan secara bersamaan.

Kalau anda pernah mencoba belajar bermain Drum, pasti anda sudah tahu gimana rasanya bermain drum yang cukup sulit.

Karena otak anda belum mampu mengendalikan gerakan-gerakan tangan dan kaki sehingga terciptalah permainan Drum yang bagus.

Aplikasi untuk bermain gitar sambil bernyanyi yang pertama. Anda harus mengetahui jenis rhytme lagu yang anda ingin mainkan.

Lalu sesuaikan dengan rhytme atau strimming gitar, dengan begitu akan menjadi lebih kompak dan bagus, dan kamu bisa bermain gitar sambil bernyanyi.

#2. Pilih lagu yang musiknya sederhana dan tidak membuat kamu bingung.

Dengan cara memilih lagu yang tepat dan sederhana kamu bisa melakukan bermain gitar sambil kamu bernyanyi.

Jangan memilih lagu yang rhytmennya susah dan sulit karna itu sangat sulit untuk kamu bernyanyi dengan meggunakan gitar. Pilih saja lagu yang sesuai dengan kemampuan gitar yang kamu mainkan.

#3. Kuasai kunci gitar terlebih dahulu

Kalau anda ingin bernyanyi dengan menggunakan gitar, hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus menghafal kunci-kunci gitar terlebih dahulu.

Untuk masalah memindahkan tangan ke kunci yang lain belum kamu kuasai, dan sangat mustahil untuk kamu bisa bermain gitar sambil bernyanyi karena itu akan menghambat perjalanan bernyanyi kamu.

Kalau sudah terjadi seperti itu maka kamu akan berhenti sejenak untuk berfikir agar bisa berkonsentrasi dengan perpindahan kunci yang belum kamu kuasai.

Hafalan bentuk kunci dan posisi kunci, memegang kunci, dan perpindahan kunci harus diluar kepala! Belum tahu berbagai macam kunci gitar? Baca dulu:

5 Cara Bernyanyi Sambil Bermain Gitar
5 Cara Bernyanyi Sambil Bermain Gitar 2

#4. Melatih genjrengan (stumming dengan metronome)

Supaya kamu bisa menguaisai permainan gitar khusunya didalam hal tempo, rhytme dan timing, maka hal yang harus kamu lakukan latihan dengan menggunakan cara metronome.

Berlatih untuk memainkan gitar yang baik dan memainkan melody dengan menggunakan tehnik metronome memang sedikit membuat kamu menjadi kaku, lama kelaman kamu akan bisa menguasainya.

Contohnya kamu latihan dengan menggunakan Metronome yang berdurasi selama 10mnt pada setiap harinya, dalam waktu 1 minggu kamu bisa langsung ahli dalam memainkan gitar rhytme dan tempo yang sejajar.

Effect positif dari latihan yang menggunakan metronome ada banyak. Ada beberapa Effect yang kamu dapatkan yaitu kamu bisa menguasai diri kamu sendiri dan saraf-saraf di tubuh kamu akan merasa berkaitan dengan saat kamu bermain gitar.

Apabila kamu ingin melakukan rekaman gitar agar bisa membuat music dalam format band, contohnya seperti disaat kamu memainkan gitar, itu akan di mixing dengan instrumen-instrumen lain seperti Drum dan Bass.

Kemampuan dengan menggunakan metronome akan menjadi kunci yang pertama dan menjadi hal yang sangat wajib untuk kesuksesan production rekaman music yang sedang kamu lakukan.

Kalau kamu tidak bisa menyemakan tempo permainan gitar kamu dengan ketukan-ketukan Metronome, maka hilangkan saja impian kamu untuk bisa rekaman distudio rekaman untuk bisa menghasilkan karya music kamu.

Pasti kamu bertanya-bertanya kenapa harus menggunakan tehnik metronome, karena hasil rekaman yang akan dihasilkannya digabungkan dengan hasil dari permainan gitar kamu.

#5. Menguasai cara bermain gitar dan lagunya

Untuk bisa bernyanyi dengan menggunakan gitar kamu harus hafal kunci, genjrengan, dan lagu yang ingin kamu nyanyikan.

Itu harus kamu lakukan berkali-kali. Untuk bisa mengetahuinya kamu bisa melakukannya dengan melihat buku, menonton vidio, dan sambil mengajak teman kamu ikut bernyanyi.

Kalau dengan cara itu kamu bisa melakukannya, kamu sudah benar-benar bisa melakukan dan menguasai tempo-temponya.Dan kamu bisa mencobanya sendiri atau pun bisa bersama-sama teman-teman kamu.

5 Cara Bernyanyi Sambil Bermain Gitar 3
5 Cara Bernyanyi Sambil Bermain Gitar 3

Baca Artikel Lainnya Disini 6 Cara Untuk Belajar Bernyanyi dengan Baik

Demikianlah informasinya untuk hari ini yang membahas cara bernyanyi sambil bermain gitar, lebih dan kurang saya mohon maaf, dan kalau ada kesalahan atau tulisan yang saya buat mohon di maafkan. Semoga apa yang sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

(Credit By : Ikbal Fikri)