Misteri Keindahan Air Terjun Ngleyangan Kediri

Misteri Keindahan Air Terjun Ngleyangan Kediri – Kota yang dikenal sebagai kota tahu yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata air terjun yang begitu menarik untuk dikunjungi. Di samping adanya sebuah air terjun bernama air terjun irenggolo dan air terjun dolo, ternyata ada juga air terjun yang lainnya yang juga menarik sekali dan sayang untuk dilewatkan. Yaitu Air Terjun Ngleyangan Kediri.

Baca juga: Menikmati Wisata Gratis di Goa Vertikal Luweng Ombo Pacitan

Air terjun yang satu ini dijuluki dengan air terjun Sekartaji. Air terjun yang satu ini berada di lereng Gunung wilis yang ada di dalam ketinggian, mencapai 800 mdpl. Di samping udaranya yang masih sejuk dan alami, khas dengan area pegunungan. Air terjun yang satu ini juga memiliki sebuah daya tarik tersendiri. Karena air terjunnya mencapai ketinggian hingga 123 meter.

Air Terjun Ngleyangan

Lokasi

Untuk lokasinya sendiri ada di dusun Goliman, di desa Parang, di Kec. Banyakan, di Kab. Kediri. Bila beranjak dari pusat kota Kediri, lokasinya ini ada 20 km dari pusat kota Kediri.

Rute Perjalanan ke Air Terjun Ngleyangan Kediri

Untuk jalan akses menuju ke air terjun yang satu ini cukup mudah sekali. Anda bisa menempuhnya menggunakan sebuah kendaraan umum ataupun menggunakan kendaraan pribadi. Bila Anda memakai kendaraan umum, maka Anda bisa menggunakan rute dari kota Kediri, naik saja bus ¾ ke jurusan Nganjuk. Setelah itu, turun saja ke Pasar Gringging.

Jika sudah, maka langsung saja naik angkudes atau naik ojek yang ada di area depan pasar Gringging ke dusun Goliman, di desa Parang. Bila Anda sudah sampai ke dusun ini, maka perjalanan Anda dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki sambil menaiki perbukitan hingga 4 km. Ikuti saja sebuah goresan cat atau sebuah pipa air yang ada. Karena memang untuk jalan menuju ke air terjun ini belum ada petunjuk jalannya yang jelas. Dengan berjalan kaki, maka Anda akan sampai ke lokasi air terjun ini.

Namun, bila Anda memakai sebuah kendaraan pribadi, maka dari pasar Gringging, menuju saja ke arah barat ke dusun Goliman di desa Parang. Selanjutnya, titipkan saja kendaraan Anda ke rumah warga setempat. Karena memang di dalam air terjun ini masih sangat minim sekali fasilitasnya. Sesudah itu, perjalanan Anda bisa langsung dilanjutkan lagi dengan menaiki perbukitan ke air terjun yang satu ini.

Misteri Air Terjun Ngleyangan Kediri

Dari atas puncak air terjun yang satu ini, Anda akan melihat sebuah sisa-sisa dari situs yang berbentuk sumur beserta patung Hindu yang dulu katanya adalah tempat hidup dari Mpu Brahmaraja bersama dengan putrinya. Yaitu Dewi Amisani, atau Dandang Gendis. Mereka selanjutnya menempati sejumlah waktu lamanya hingga kemudian dijemput agar bisa pulang ke dalam keraton Kediri agar dinobatkan menjadi raja Kediri yang memiliki gelar sebagai  Srikertajaya.

Sesudah Anda puas berkunjung ke Air Terjun Ngleyangan Kediri yang satu ini, maka Anda bisa sekaligus berkunjung ke area wisata yang baru yang ada di Kediri. Yaitu sebuah tempat wisata Kediri Waterpark.  Lokasinya itu sendiri ada di area pegunungan Wilis dan 1 jalan dengan lokasi untuk wisata air terjun Irenggolo dan air terjun Dolo.

Melihat keindahannya yang begitu sempurna dan masih alami, apakah Anda ingin berkunjung ke air terjun yang satu ini?