Alasan Harus DP Kredit Rumah Murah Di Medan

Alasan Harus DP Kredit Rumah Murah Di Medan – Bila informasi tentang kredit rumah murah di Medan DP 0 rupiah telah disetujui, maka membeli rumah sudah tidak perlu lagi membayar uang muka. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah itu akan membuat untung atau bahkan menjadi buntung? Sebelum terlambat dan mengajukannya, sebaiknya pahami dulu dampaknya terhadap pengajuan kredit rumah tersebut terlebih dahulu.

kredit rumah murah di medan

Untuk rumah yang pertama, uang muka atau DP yang diajukan untuk kredit rumah murah di Medan ini telah ditentukan oleh pemerintah. Yaitu sebesar 15% dari LTV atau loan to value. Ketetapan ini telah diatur ke dalam PBI dengan nomor 18/16/PBI/2016, yaitu tentang rasio loan to value atas kredit property.

Baca juga: Amankah Kredit Rumah Murah Di Depok dari Lelang?

Jadi, maksud dari LTV itu sendiri sebenarnya adalah sebuah jumlah persentase terhadap pembiayaan yang wajib dibayar oleh nasabah dari nilai objek jual rumah yang akan dibeli. Misalnya saja Anda akan membeli rumah seharga 500 juta rupiah, maka Anda harus membayar uang mukanya terlebih dahulu sebesar 75 juta rupiah. Ini sudah menjadi peraturan dari pemerintah.

Sekalipun ada juga program kredit rumah BTN subsidi yang dilengkapi dengan fasiltias likuiditas pembiayaan perumahan, namun tetap saja ketetapan tersebut ternyata dianggap memberatkan bagi masyarakat yang bernghasilan rendah. Padahal, jika dipahami lebih dalam lagi, sebenarnya membayar uang muka di awal angsuran itu akan memberikan banyak sekali kemudahan bagi pemilik rumah nantinya.

Salah satu kelebihan dari membayar uang muka dalam mengajukan kredit rumah murah di Medan adalah bisa meningkatkan kredibilitas dari kreditur. Kemampuan membayar uang muka disini bisa meningkatkan kredibilitas kreditur saat akan mengajukan KPR lagi kepada pihak bank. Adri situlah nanti pihak bank bisa menilai Anda.

Bahwa Anda adalah seorang kreditur yang memang cakap dan tahu dengan peraturan ketentuan peminjaman.

Dilihat dari segi profilnya, dalam hal ini Anda akan dikategorikan ke dalam profil yang baik. Sehingga, untuk proses pengajuan kredit rumah murah di Medan ini akan menjadi dipermudah. Di luar dari itu, pihak penjual property nantinya juga akan semakin tertarik dalam menjual propertynya ke Anda.

Itu berarti bahwa uang muka ini bisa memperlancar persyaratan yang utama dalam mengajukan kredit rumah kepada bank. Sehingga, proses transaksi dalam pembelian rumah ini menjadi semakin lebih cepat. Nah, makin cepatnya proses pembelian rumah ini otomatis akan menjadi semakin memeprmudah pada kreditur untuk bisa merasakan rumah idaman yang akan dibelinya.

Sehingga, mereka tidak perlu lagi menyewa rumah hanya untuk beristirahat atau tinggal dan berlindung dari terik matahari dan dari hujan. Karena sekarang ini Anda sudah memiliki rumah idaman Anda sendiri berkat program kredit rumah murah di Medan yang telah Anda ajukan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa semakin dimudahkan dalam segalanya.

Tak hanya itu saja, dengan adanya DP rumah inilah bisa dijadikan sebagai jaminan bahwa Anda telah memesan sebuah rumah tersebut. sehingga, bila terjadi apa-apa, misalnya saja sang developer ternyata bermasalah, maka Anda bisa langsung menuntut mereka. Karena Anda sudah membayar uang muka terlebih dahulu.

Di samping itu, dengan membayar uang muka untuk kredit rumah murah di Medan inilah nantinya akan membuat angsuran Anda setiap bulan semakin lebih ringan. Mengingat harga jual rumah menjadi berkurang karena Anda sudah membayar sebagiannya dalam uang muka atau DP rumah tersebut.