Alasan Masih Lapar Bila Belum Makan Nasi

Alasan Masih Lapar Bila Belum Makan Nasi – Pernahkah Anda merasa selalu saja masih lapar meskipun Anda sudah makan makanan dan cemilan yang banyak? Jika terus diingat-ingat, biasanya ini terjadi saat Anda belum makan nasi. Seperti yang telah diketahui, nasi merupakan makanan pokok para masyarakat Indonesia yang sering dikonsumsi setiap hari. Banyak di antara dari kita yang masih saja merasa lapar bila belum mengkonsumsi makanan yaang satu ini.

Baca Juga :Tips Menimbang Berat Badan Paling Akurat

Bahkan, tidak hanya sekedar lapar saja, saat tidak mengkonsumsi nasi, hal ini terkadang bisa membuat seseorang merasa mual, pusing, dan menjadi tidak fokus. Nah, berbicara tentang hal ini, pernahkah Anda berpikir sebelumnya kenapa Anda bisa merasa lapar saat belum makan nasi? Berdasarkan beberapa penelitian, bahwa nasi merupakan makanan yang tinggi dengan kandungan glikemik. Kandungan yang satu ini adalah nilai yang bisa menggambarkan seberapa cepatkah karbohidrat yang terdapat dalam makanan yang kemudian diubah menjadi gula dalam tubuh.

Banyak ahli mengatakan bila kandungan glikemik yang tinggi di dalam nasi putih ini bisa membuat otak menjadi merasa ketagihan. Tak heran, bila seseorang terbiasa menyantap nasi setiap hari, maka mereka pasti akan merasa ketagihan oleh makanan nasi ini dan akan tetap merasa lapar saat mereka belum mengkonsumsinya setiap hari.

4-mesin

Beberapa peneliti juga percaya bahwa makan nasi putih ini bisa membuat otak menjadi lebih terdorong untuk menstimulus tubuh supaya merasa lapar meskipun sebenarnya perut sedang merasa kenyang. Kebiasaan untuk makan nasi putih ini juga bisa menjadi salah satu hal yang membuat ketagihan ini rasanya jauh lebih besar sekali.  Di samping nasi putih, sejumlah makanan yang lain yang punya kandungan glikemik yang tinggi, adalah kentang, roti, dan juga gula konsentrat.

Beberapa makanan tersebut bisa membuat seseorang merasa ketagihan dan akan terus merasa lapar saat tidak mengkonsumsinya setiap hari. Nasi itu sendiri merupakan salah satu makanan pokok dari beras yang umumnya dikonsumsi setiap hari. Nasi itu sendiri memiliki kandungan energi sebanyak 176 kilo kalori; 3,3 gr protein; karbohidrat sebanyak 0 gr; lemak 0 gr; fosfor 0 mg; kalsium 4,9 mg, dan zat besi 0 mg. Di samping itu, di dalam nasi juga terdapat kandungan vitamin B1 0 mg, vitamin A 0 IU, dan juga vitamin C 0 mg. Ini adalah hasil penelitian dari 100 gr nasi.

Manfaat Nasi

1. Sebagai sumber energi. dimana didalamnya terdapat kandungan karbohidrat sebagai bahan bakar tubuh dalam membantu kerja otak menjadi lebih normal.

2. Bisa terbebas dari kolesterol.karena nasi itu sendiri tidak memiliki lemak berbahaya. Yaitu tidak ada sodium dan kolesterol. Maka dari itulah, nasi merupakan makanan diet yang alami dan baik. Karena kandungannya seimbang.

3. Nasi bisa membuat mood menjadi lebih baik lagi. Karena di dalamnya terdapat serotonin sebagai senyawa yang bisa menciptakan perasaan senang di otak. Sehingga, dengan makan ½ cangkir nasi itu biasanya akan mengalami kegelishan dalam otak dan mengalami depresi. Karena mereka kurang mengkonsumsi nasi.

4. Nasi memiliki kandungan mineral dan vitamin yang banyak. Yaitu vitamin D, niacin, serat, kalsium, zat besi, riboflavin, dan juga thiamine.

5. Nasi memiliki kandungan resistant starch, dimana nantinya akan masuk ke usus berbentuk zat yang belum dicerna. Sehingga, pertumbuhan bakteri akan terbantu dan berguna di usus.