Inilah Alasan Susah Buang Air Besar ketika Liburan

Inilah Alasan Susah Buang Air Besar ketika Liburan – Pernahkah Anda menyadari bahwa Anda kerap mengalami susah buang air besar atau bahkan tidak ingin buang air besar sama sekali ketika sedang melakukan perjalanan liburan menggunakan kendaraan apa saja? Hal yang seperti ini memang sering sekali dialami oleh banyak orang. Ternyata, masalah ini dapat juga dijelaskan dengan cara ilmiah lo..!

Baca juga : Tips Mencegah Bau Mulut ketika Puasa Ramadhan

Berdasarkan ahli dari gastreoenterologi, yaitu Vijaya Rao, menyatakan bahwa kondisi perut yang sedang kembung, sulitnya buang air besar, dan masalah konstipasi ini sebenarnya umum sekali dialami oleh orang yang sedang berlibur. Hal ini terjadi dikarenakan adanya perubahan aktivitas dan juga pola makan yang menjadi berubah.

Inilah Alasan Susah Buang Air Besar ketika Liburan

Jadi, masalah tentang susah buang air besar saat sedang berlibur itu sebenarnya disebabkan karena rutinitas yang sedang mengalami perubahan, dan diiringi dengan masalah stress yang berlebihan ketika sedang melakukan perjalanan travelling. Hal ini telah disampaikan oleh Dr. Rao, seorang professor yang berasal dari University of Chicago School Medicine.

Dikarenakan tubuh Anda terbiasa dengan menyantap makanan sehari-hari yang ada di rumah, sehingga ketika asupan makanan yang dikonsumsi berubah, hal ini bisa mempengaruhi sistem pencernaan Anda. akibatnya, Anda bisa mengalami masalah sulitnya buang air besar. Biasanya, masalah konstipasi ketika sedang perjalanan ini dapat dipicu oleh sulitnya akses untuk menuju ke toilet selama perjalanan berlangsung. Beberapa hal tersebut sering kali menjadi salah satu alasan kenapa seseorang bisa kesulitan buang air besar ketika sedang menempuh perjalanan jarak jauh.

Selain itu, hal ini bisa jugadisebabkan oleh tidak adanya waktu yang paling tepat dan tidak nyaman untuk BAB. Entah itu diakrenakan selama dalam transportasi ataupun disaat sedang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Tidak hanya itu saja, perubahan terhadap jam tidur dan durasi tidur itu juga dapat mempengaruhi proses pencernaan yang sedang berlangsung. Sehingga, saat pola tidur mulai terganggu, hal ini membuat tubuh menjadi kesulitan untuk mencerna makanan.

Jadi, seperti itulah penyebabnya kenapa Anda bisa menjadi susah buang air besar ketika sedang liburan atau saat sedang traveling. Jadi, bila awalnya Anda mungkin merasa tidak sehat atau mungkin masih takut kenapa bisa terjadi hal yang demikian, maka jangan bingung lagi. Karena sebenarnya hal yang seperti itu tidak selalu buruk untuk tubuh Anda. Tubuh Anda hanyalah harus beradaptasi saja agar dapat kembali normal dengan kondisi yang ada.

Karena, tak dapat dipungkiri bila ketika sedang liburan, kebanyakan orang sering kali tidak melakukan aktivitas untuk makan dan tidur secara teratur. Sehingga, hal ini membuat proses metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu dan harus beradaptasi kembali, agar dapat kembali normal seperti yang seharusnya.  Hal ini merupakan sebuah hal yang wajar untuk sebagian besar orang yang sedang bepergian.

Kecuali bila dalam keseharian Anda memang selalu berada di jalan sampai berjam-jam setiap hari, mungkin masalah susah buang air besar tidak akan terjadi pada Anda. karena tubuh Anda sudah terbiasa makan dan tidur di jam yang memang sudah seharusnya. Berbeda lagi bila sebelumnya Anda tidak pernah traveling atau liburan selama berjam-jam. Kemudian, Anda berlibur dalam waktu yang sangat lama di dalam perjalanannya, otomatis hal ini akan membuat tubuh Anda menjadi harus beradaptasi kembali agar sistem metabolisme kembali normal seperti seharusnya.