Fungsi Alat Pendingin Mesin Mobil dan Komponennya

Fungsi Alat Pendingin Mesin Mobil dan Komponennya – Memahami funngsi dan komponen dari alat pendingin mesin mobil itu penting sekali untuk pengguna kendaraan beroda empat ini. Karena alat pendingin mesin ini sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja dari mesin mobil itu sendiri. Ketika mesin mobil terlalu panas, otomatis hal ini membuat kinerja dari mobil menjadi bermasalah.

Baca Juga: Realme C1 Harga Dan Spesifikasi

Maka dari itulah, dibawah ini akan kami jelaskan beberapa komponen yang ada didalam alat pendingin ini disertai dengan fungsinya, antara lain:

  1. Reservoir tank.
  2. Radiator.
  3. Radiator cap.
  4. Water pump.
  5. Cooling fan.
  6. Thermostat.

Beberapa orang berpikir bila sistem pendingin mesin mobil ini berguna sekali untuk membuat mesin mobil yang panas karena pembakaran dari ruang bakar menjadi lebih dingin. Padahal, sebenarnya hal ini sangat salah besar. Karena, sebenarnya, fungsi dari sistem pendingin ini tidak hanya sekedar untuk mendinginkan mesin saja. namun, bila mesin mobil selalu dalam kondisi yang dingin, tentu saja ini bsia berdampak buruk bagi mesin mobil. Salah satunya adalah bisa terjadi campuran gemuk udara dari bahan bakar yang membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

alat pendingin mesin mobil

Maka dari itulah, dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya fungsi utama dari alat pendingin mesin mobil ini adalah untuk mengontrol suhu mesin mobil supaya selalu terjaga dalam suhu 80 derajat celcius sampai dengan 90 derajat celcius. Suhu ini merupakan suhu yang terbaik agar bisa mendapat hasil campuran bahan bakar dan udara yang pas. Dengan begitu, tenaga yang dikeluarkan oleh mesin menjadi lebih optimal dan maksimal lagi. Di dalam sistem pendingin mesin itu sendiri terbagi atas 2 macam, yaitu sebagai berikut ini:

Sistem Pendingin Udara

Sistem ini umumnya sering dipakai untuk beberapa mesin yang kecil demi menopang beban kerja supaya tidak begitu tinggi ketika sedang digunakan dalam waktu yang tidak begitu lama. Umumnya, ciri-ciri mesin mobil yang dilengkapi dengan sistem pendingin udara itu adalah desain dibagian kepala silinder yang telah dilengkapi pula dengan sirip-sirip yang berguna untuk menangkap udara.

Sistem Pendingin Air

Sistem pendingin ini berguna sekali untuk kapasitas mesin yang besar yang bisa menopang beban kerja yang tinggi dan pemakaian dalam waktu yang cukup lama. Ciri-ciri dari mesin yang memakai sistem pendingin air ini adalah radiator dan juga pompa air yang telah diputar puly mesin. Dampak positif yang dapat dihasilkan dari sistem pendingin air ini adalah bisa meredam suara pembakaran yang ada di dalam ruang bakar. Sedangkan, untuk fungsi komponen yang ada di dalam alat pendingin mesin mobil ini meliputi di bawah ini:

Radiator

Bagian ini bergua untuk membuang panas dalam air yang bersirkulasi dalam mesin lewat sirip-sirip yang terdapat dalam radiator.

Water Pump

Water pump atau pompa air ini berguna sekali untuk memberikan sirkulasi pada air pendingin mesin, dari bagian radiator menuju ke mesin mobil. Umumnya pompa yang digunakan adalah berbentuk centrifugal dan digerakkan oleh tenaga mesin tersebut lewat fan belt.

Thermostat

Bagian ini berguna untuk menutup dan membuka saluran air pendingin yang berasal dari mesin ke radiator. Bila posisinya tertutup, maka aliran air lewat selang secara by pas dan disirkulasikan lagi oleh pompa air.

Cooling Fan

Bagian ini sebagai kipas pendingin yang berguna untuk mengalirkan udara lewat sirip yang terdapat dalam radiator. Penggerak yang dipakai memakai motor listrik dan juga mekanik.