Penyebab HP Android Overheat saat Pemakaian

Penyebab HP Android Overheat saat Pemakaian – Pernahkah hp android overheat itu terjadi pada milik Anda? permasalahan yang seperti ini jarang sekali diperhatikan. Padahal, masalah ini bisa berdampak buruk sekali terhadap ponsel Anda. bahkan, saat ponsel itu terlalu panas, bukannya tidak mungkin lagi bahwa ponsel tersebut bisa meledak. Seperti yang diketahui, bahwa ada banyak berita yang memberitakan tentang kejadian dari ponsel yang meledak akibat terlalu panas.

Android Overheat

Maka dari itulah, supaya terhindar dari hal semacam itu, sebaiknya Anda simak beberapa penyebab dari terjadinya overheat pada HP sebelum hal ini terjadi pada ponsel Android kesayangan Anda, antara lain:

Bermain Game Berlebihan

Saat Anda bermain game, maka banyak sekali komponen perangkat HP Android anda yang bekerja secara bersamaan. Misalnya saja seperti, GPU, CPU, dan juga RAM. Ketiganya akan bekerja secar abersama-sama dalam porsi yang jauh lebih besar dari pemakaian aplikasi yang lain. Saat bermain game selama beberapa menit mungkin hal ini tidak akan membuat Anda dapat merasakan adanya peningkatan terhadap panas. Namun, disaat Anda sudah bermain selama 1 jam atau bahkan lebih, Anda akan langsung bisa merasakan adanya hp android overheat di sepanjang seluruh permukaan komponennya. Hal ini sebenarnya berasal dari GPU dan CPU yang telah bekerja dengan keras, sehingga bisa menyebabkan terjadinya overheat pada HP android Anda tersebut.

Cek Kualitas dari Baterai Anda

Ternyata, kualitas dari baterai HP itu juga bisa mempengaruhi cepat panas tidaknya dari ponsel Anda. saat baterai yang dipakai telah berumur lama, maka hal ini akan membuatnya menjadi cepat habis dan harus mengisinya kembali setiap waktu. Parahnya lagi adalah, Anda telah mengisi daya baterai sambil menyalakan jaringan wifi yang berjalan secara bersamaan. Akibatnya, hP menjadi cepat panas. Maka dari itulah, bila hal ini terjadi, sebainya ganti saja baterai yang sudah lama dengan baterai yang baru. Namun, sebelum itu Anda harus memastikan juga bahwa baterai yang Anda beli tersebut harus benar-benar original. Anda bisa mendapatkannya dari gerai resmi dari merk HP android Anda tersebut. Sehingga, baterai Anda bisa lebih awet dan berjalan lebih baik lagi seperti yang sudah seharusnya terjadi.

Terlalu Menjalankan Aplikasi yang Banyak

Dengan menyalakan sekaligus menjalankan pada sejumlah aplikasi secara bersamaan yang sama-sama membutuhkan bantuan dari koneksi internet ini adalah salah satu penyebab dari terjadinya hp android overheat yang berlebihan. Bila kegiatan bermain game itu bisa membuat beban yang lebih berat pada GPU yang dapat menghasilkan panas yang berlebihan. Maka, dengan anda membuka aplikasi yang banyak sekaligus, hal ini juga akan membuat beban kerja dari CPU menjadi makin berat dan besar lagi. Seperti yang telah diketahui, bahwa makin besar pekerjaan dari sebuah mesin, hal ini akan membuat hasilnya menjadi cepat panas pula. Akibatnya, hal ini membuat ponsel menjadi cepat panas.

Perhatikan Area yang Ada di Sekitar HP

Bila cuacaranya sedang pengap dan panas, hal ini juga berpengaruh terhadap suhu HP andorid Anda sendiri. Disamping itu, posisi dan cara Anda dalam memgang hp ini juga bisa mempengaruhi sekali. Bila Anda memegangnya dengan cara yang salah, akibatnya hal ini akan membuat ponsel menjadi overheat.  Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan baik-baik tentang bagaimana cara Anda dalam memegangnya dengan sebaik mungkin. Agar ponsel Anda tidak mudah panas.

Malware dan Virus

Kedua hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab utama kenapa bisa hp android overheat. Maka dari itulah, jika hal ini terjadi, sebaiknya segera atasi dengan menggunakan antivirus yang handal.