Appraisal Over Kredit Rumah KPR Kecil? Ini Alasannya!

Appraisal Over Kredit Rumah KPR Kecil? Ini Alasannya – Meskipun Anda akan mengajukan over kredit rumah kpr, namun tetap saja ternyata Anda masih harus melewati yang namanya proses appraisal lebih dulu. Proses appraisal ini umumnya akan dilakukan oleh bank memakai jasa dari pihak yang ketiga. Yaitu dari agensi yang nantinya bertugas untuk melakukan penilaian terhadap survey rumah yang nantinya bakal dijadikan sebagai jaminan produk untuk kpr tersebut.

Baca juga: Mau Kredit Rumah Lampung Second? Nabung saja!

Namun sayangnya, terkadang hasilnya tidak memuaskan. Yaitu, rumah tersebut dinilai sangat kecil sekali. Sehingga, hal ini membuat orang tersebut hanya mendapatkan pinjaman yang kecil tidak seperti yang diharapkan.  Yang jadi permasalahannya adalah, apa sih yang membuat penilaian appraisal menjadi kecil?

Over Kredit Rumah KPR Kecil

Di bawah ini adalah beberapa hal yang membuat penilaian appraisal kredit rumah menjadi kecil tidak seperti yang Anda harapkan, antara lain:

Area yang Dituju sering Terkena Musibah Banjir

Jika rumah tersebut berada di kawasan dataran rendah atau merupakan area yang kerap sekali terkena banjir, maka kami sarankan agar Anda segera mengatasinya agar mendapatkan penilaian yang tinggi. Rumah yang berada di kawasan daerah dengan intensitas banjir yang tinggi ini umumnya membuat rumah tersebut tidak dapat bertahan dengan cukup lama.

Sehingga, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada rumah tersebut karena terkena genangan banjir. Nah, dalam hal ini tentu saja pihak bank tidak ingin bila rumah yang dijaminkan tersebut rentan terhadap kerusakan. Apalagi bila Anda akan mengajukan over kredit rumah kpr, tentu pihak bank ingin rumah tersebut harus benar-benar sehat.

Jarak Rumah dari TPS terlalu Dekat

TPS itu singkatan dari tempat pembuangan sampah. Bila Anda ingin rumah yang diinginkan tersebut mendapatkan penilaian appraisal yang tinggi, maka sebaiknya jarak dari tempat pembuangan sampah ini tidak boleh kurang dari 1 km dari rumah tersebut. Karena, bila sampai kurang dari 1 km, hal tersebut akan membuat penilaian aset tersebut menjadi berkurang.

Rumah di area yang berdekatan dengan tempat pembuangan sampah tersebut membuat area tersebut menjadi baunya tidak sedap. Bahkan, 1 km itupun bukanlah jarak yang cukup aman, karena bisa saja bau itu terbawa oleh angin dan menjadikan bau busuk dari sampah tersebut menjadi bertahan sampai berhari-hari.

Karena alasan inilah membuat hanya ada sedikit orang yang mau dengan rumah itu. Maka dari itulah, harga jual rumah itu menjadi menurun drastis saat melihat ada bau yang tidak sedap yang dihasilkan oleh tempat pembuangan sampah tersebut.

Area Dekat dengan Kawasan Pantai

Rumah yang terletak tepat di depan pantai secara langsung memang selalu terlihat lebih indah. Namun, hal ini bisa berisiko terhadap tanah yang ada di kawasan pantai tersebut menjadi rawan terhadap erosi. Dalam hal ini, perlu Anda ketahui bahwa air laut itu bukanlah satu-satunya penyebab kuat terjadinya erosi dari tanah. Pihak bank nanti pastinya akan memperkirakan berapa lama rumah tersebut bisa bertahan di kawasan tersebut. Maka dari itulah, rumah yang berada di kawasan dekat pantai ini umumnya akan sulit untuk mendapatkan persetujuan dari bank.

Itulah beberapa alasan yang membuat over kredit rumah kpr menjadi mendapatkan penilaian appraisal yang kecil. Maka dari itulah, bila Anda ingin mendapatkan penilaian yang bagus, sebaiknya pilih saja rumah yang bebas dari kawasan itu.