Cara Mengatasi Badan Lemas karena Lembur

Cara Mengatasi Badan Lemas karena Lembur – Semua pekerja itu pasti pernah merasakan satu kegiatan yang bernama lembur. Umumnya, beberapa orang lebih memilih lembur karena dengan banyaknya tugas inilah bisa membuat penghasilan mereka menjadi bertambah banyak. Hal ini juga sering terjadi untuk mereka yang menjadi work a holic. Meskipun lembur itu bisa menjadi salah satu jalan pintas agar dapat menyelesaikan semua tugas dengan waktu yang singkat, namun jika dilakukan secara terus-menerus itu bisa membuat badan lemas.

badan lemas

Jadi, meskipun lembur itu sebenarnya adalah hal yang biasa untuk dilakukan. Namun sebaiknya Anda juga harus sadar bila lembur terlalu sering itu juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Salah satu dampak yang bisa diakibatkan oleh lembur adalah badan menjadi lemas setelah bangun tidur di pagi hari.

Berdasarkan studi yang dilakukan di The Lancet telah mengatakan bahwa orang yang telah bekerja hingga melebihi 55 jam dalam setiap minggunya biasanya lebih beresiko mengalami penyakit stroke dan jantung dibandingkan mereka yang selalu bekerja di jam kerja normal. Lembur juga bisa menyebabkan aktivitas seharian Anda menjadi terganggu.

Maka dari itulah, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini supaya tubuh lebih segar sepanjang hari meskipun Anda baru saja lembur di malam hari, antara lain:

Jaga Pola Mmakan

Umumnya orang yang sering lembur itu mempunyai gaya hidup yang tak teratur. Mereka sering lupa waktunya untuk makan dan sering asal ketika sedang memilih makanan. Biasanya mereka lebih suka makan makanan yang tidak sehat dan serba instan. Padahal, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat itu penting sekali. Karena makanan sehat ini nanti akan menjadi sumber energi Anda ketika sedang beraktivitas selama seharian penuh. Maka dari itulah, sekalipun Anda sedang lembur, sebaiknya jagalah pola makan Anda dengan baik. Pilih makanan yang sehat agar tubuh tetap segar.

Pilih Camilan yang Sehat

Selain harus menjaga pola makan Anda, Anda juga harus dapat mengatasi rasa mengantuk ketika lembur dengan menyantap cemilan yang sehat. Anda dapat mengkonsumsi buah, yoghurt, salad, dan beberapa makanan sehat yang lainnya. Selain lebih sehat, beberapa makanan yang menyehatkan itu bisa menghindari Anda dari terjadinya badan lemas setelah lembur seharian.

Mengkonsumsi Air Putih Cukup

Minum air putih yang cukup itu penting sekali demi menjaga kesehatan Anda. umumnya orang lebih suka memilih minum kopi dan minuman yang berenergi agar mereka bisa tetap terjaga ketika sedang lembur. Padahal, sebenarnya akan lebih baik bila Anda minum air putih saja agar cairan dalam tubuh tetap cukup dan bisa menghindari Anda dari dehidrasi.

Olahraga yang Rutin

Mempunyai jadwal yang super sibuk itu sering kali membuat Anda sulit untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Padahal, sebenarnya meskipun waktu Anda sedang padat, namun tidak berarti bila Anda tidak berolahraga sama sekali. Anda bisa mencoba berjalan ke kantor dibandingkan memakai alat transportasi sebagai salah satu bentuk olahraga kecil terbaik untuk Anda. dengan berolahraga inilah badan lebih sehat, jantung lebih sehat, dan paru-parupun lebih sehat. Dengan begitu, peredaran darah lebih lancar dan badan menjadi lebih fresh dan tidak lemas.

Istirahat Cukup

Agar Anda tidak memiliki badan lemas saat lembur, sebaiknya jangan pernah membawa pekerjaan kantor ke rumah. Bagilah waktu untuk bekerja dan beristirahat agar Anda bisa tidur lebih nyenyak.