Jangan Pakai Bahan Kimia Kosmetik Ini, jika Kulitmu Sensitif

Jangan Pakai Bahan Kimia Kosmetik Ini, jika Kulitmu Sensitif – Sebenarnya memiliki kulit yang sensitif dan mudah merah itu adalah sebuah tricky. Meskipun Anda kerap melakukan trial dan kesalahan saat membeli sebuah produk kecantikan, Anda harus lebih pintar. Karena, masalahnya adalah, tidak semua bahan kimia yang dipakai di dalam produk kosmetik ataupun produk skin care itu selalu cocok untuk digunakan pada semua jenis kulit.

Baca juga : Tips Mengatasi Patroli Algoritma Google Panda

Bila Anda sampai salah membeli, hal ini akan membuat kulit tak hanya berwarna merah saja, namun juga bisa menimbulkan terjadinya alergi dan iritasi. Maka dari itulah, jika kulit Anda mudah merah dan sangat sensitif sekali, sebaiknya jangan pakai produk yang memiliki bahan-bahan di bawha ini:

Methylisothiazolinone

Bahan pengawet yang satu ini ternyata dapat menyebabkan terjadinya alergi pada kulit dan iritasi pada kulit. Karena, bahan ini memiliki tingkat reaksi alergi yang besar, yaitu hingga 10%. Maka dari itulah, meski sulit untuk menghindari bahan pengawet pada sebuah produk skin care, sebaiknya jangan pakai produk tersebut jika memiliki bahan ini. Atau setidaknya, beli saja yang memiliki kadar terendah yang memiliki reaksi alergi hingga sebesar 1% sampai dengan 2% saja, misalnya.

Bahan Pewarna

Beberapa jenis kosmetik, seperti lipstik, eye shadow, maskara, eye liner, dll itu selalu dilengkapi dengan bahan pewarna di dalamnya. Namun, siapa sangka bila ternyata ada juga jenis pewarna yang dapat menimbulkan terjadinya alergi. Umumnya hal ini sering terjadi pada produk kosmetik yang tidak memiliki izin dari lembaga BPOM. Tak heran jika harga jualnya juga menjadi lebih murah dan bahkan lebih murah dari yang dijual di pasaran. Maka dari itulah, Anda harus lebih teliti lagi saat ingin membeli produk kecantikan.

Phtalates

Berdasarkan penelitian yang sudah pernah dilakukan di New York, telah ditemukan adanya produk kosmetik dan skin care yang memilili kandungan bahan kimia berupa, Phtalates ini ternyata bisa menyebabkan terjadinya demam, alergi, bruntusan, asma, dan juga iritasi pada kulit. Maka dari itulah, jika kulit Anda sangat sensitif sekali dan mudah merah, sebaiknya jangan gunakan kosmetik dan produk skin care yang memiliki bahan yang satu ini.

Comedogenic

Bahan yang satu ini merupakan salah satu bahan yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kulit wajah. Namun, ternyata dampaknya juga cukup buruk. Karena, beberapa bahan yang mengandung comedogenic, seperti Lanolin Alkohol, Sodium Laureth Sulfate, Ethylbexyl palmitate, dan juga Kalium Klorida itu bisa menimbulkan terjadinya jerawat dan komedo. Beberapa produk yang kerap dilengkapi dengan bahan ini adalah, produk, seperti tabir surya, produk make up, dll. Maka dari itulah, agar tidak terjadi masalah yang lebih parah lagi, sebaiknya pilih kosmetik yang memiliki tingkat comedogenic yang harus rendah, agar tidak terjadi masalah pada kulit sensitif Anda.

Propil, Methylparaben, dan Butylparaben

Beberapa bahan kimia yang satu ini bisa berdampak buruk untuk kecantikan kulit Anda. bahan ini kerap dijadikan sebagai bahan pengawet. Bahan ini digunakan agar dapat membuat produk lebih awet dan tahan lama dari jamur, mikroba, dan juga mikroorganisme. Bila digunakan dalam jumlah yang tidak banyak dan ada bahan yang lebih ringan dan tidak berbahaya, maka pemakaian paraben ini sebenarnya tidak masalah dan tidak akan menimbulkan dampak tertentu. Namun, bila Anda sangat mempedulikan kesehatan Anda, sebaiknya jangan menggunakan produk yang ada parabennya. Pilih saja paraben free untuk menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang dan jangka pendek.