Bahaya Kerja Lembur Sampai Malam Setiap Hari untuk Kesehatan!

Bahaya Kerja Lembur Sampai Malam Setiap Hari untuk Kesehatan – Makin hari hidup makin berat. tuntutannya juga makin banyak. Mulai dari yang paling simple dan sederhana, yaitu untuk urusan makan sehari-hari dan untuk menata kehidupan di masa depan. Semuanya bermuara di uang. Tak heran bila banyak orang lebih memilih untuk kerja lembur sampai malam demi tambahan uang di setiap akhir bulan. padahal, bila dilakukan terlalu keseringan, justru kesehatan bisa menjadi taruhannya. Di bawah ini adalah dampak buruk bila Anda keseringan kerja lembur setiap hari, antara lain:

Baca Juga :

Pertama, meskipun sedang duduk dengan posisi yang tidak melelahkan dan lebih rileks. Namun, jika Anda melakukannya selama berjam-jam, hal ini bisa berdampak buruk untuk Anda. karena hal ini akan membuat sirkulasi darah menajdi melambat. Akibatnya, lemak tidak terbakar dengan sempurna. Sehingga, lemak menjadi menumpuk di bagian pembuluh darah dan otot. Hal ini bisa membuat tekanan darah tinggi, kolesterol, dan masalah jantung menjadi meningkat. Di samping itu, posisi yang tidak nyaman saat sedang duduk itu ternyata bisa membuat tulang punggung dan leher bisa bermasalah dan menegang bila dilakukan terlalu lama. Akibatnya, timbul rasa nyeri dan permasalahan pada postur tubuh dalam jangka panjang.

Bahaya Kerja Lembur Sampai Malam Setiap Hari untuk Kesehatan!

Kedua, mata pun juga tidak luput dari masalah. Apalagi bila Anda selalu bekerja di depan layar dengan waktu yang cukup lama. Maka hal ini bisa membuat Anda mengalami masalah pada mata. Misalnya saja seperti mata perih, pegl-pegal, dan juga mata gatal. Bila Anda sebelumnya memiliki mata minus, hal ini akan membuat mata Anda makin bermasalah dan makin minus.  Karena, saat Anda kerja lembur sampai malam di depan laptop, otomatis maka dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi. Padahal, sebenarnya mata juga butuh waktu untuk istirahat juga.

Ketiga, saat kerja lembur, pola makan menjati tidak teratur dan makin kacau. Tak heran bila hal ini menimbulkan berat badan makin naik. Apalagi bila sudah ada camilan untuk menghilangkan rasa mengantuk saat sedang mengerjakan tugas untuk lemburan.  Anda menjadi lebih terbiasa untuk makan di malam hari, dan kemudian tidur begitu saja tanpa memberikan jeda untuk pencernaan dalam melakukan tugasnya. Akibatnya, sistem metabolisme tubuh makin bermasalah dan kacau, sehingga tubuh makin melebar.

Ke-empat, tidak hanya sekedar dari pola makan saja, jam tidur bisa berantakan bila sering kerja lembur sampai malam. Padahal, setiap orang wajib tidur di malam hari dari 6 jam sampai dengan 8 jam setiap hari agar tubuh makin fresh dan kerja organ dapat diperbaiki dengan baik. Dikarenakan sering lembur dan kurang tidur, hal ini membuat waktu ideal untuk beristirahat menjadi tidak tercapai. Akibatnya, saat bangun di keesokan harinya, tubuh terasa kelelahan dan jadi cepat mengantuk. Hasilnya konsentrasi menjadi makin menurun dan kerja menjadi tidak optimal lagi.

Kelima, dikarenakan kebutuhan tubuh tidak tercukupi dengan baik karena sibuk dengan lemburan, maka hal ini bisa membuat sistem imun menjadi menurun dan mudah sakit. Ketika hidup Anda selau dihabiskan untuk kerja lembur sampai malam dan kerja terus bekerja, bukannya tidak mungkin bila kebutuhan pribadi Anda menjadi luput dari perhatian Anda.

Mulai dari yang terkecil, yaitu sering telat makan dan bahkan berlebihan, kurang tidur, sering begadang, malas gerak, dan masih banyak yang lainnya. Akibatnya, sistem imun tidak akan kuat untuk menanggung semuanya. Karena terlalu lelah yang bertumbuk-tumbuk rasanya, maka tubuh menjadi tidak siap untuk menghalau. Akibatnya, Anda menjadi mudah sakit dan sering ngedrop.