Bali Butterfly Park, Wisata Edukasi Terbaik di Bali

Bali Butterfly Park, Wisata Edukasi Terbaik di Bali – Apakah Anda sudah cukup bosan dengan nuansa pantai yang ada di Bali saat Anda sedang berkunjung disana? Kini saatnya Anda untuk mencoba berkunjung ke Bali Butterfly Park. Dimana Anda nantinya dapat dengan sepuasnya untuk melihat berbagai macam kupu-kupu yang benar-benar cantik dan indah. Sehingga, akan selalu menyegarkan mata Anda.

Review Bali Butterfly Park

Taman kupu-kupu Bali, itulah sebutan yang cocok untuk tempat wisata edukasi yang satu ini. Fasilitasnya cukup lengkap. Yaitu berupa sebuah konservasi serangga dan juga kupu-kupu. Sehingga, Anda bisa melihat berbagai macam kupu-kupu yang berada di atas lahan dengan luas kurang lebih seluas 1 ha. Menariknya lagi adalah ternyata tempat ini merupakan taman kupu-kupu yang paling besar di Asia.

Serunya Melihat Metamorfosa Disini!

Di tengah rasa jenuh dengan area wisata pantai yang memang sangat primadona di pulau Bali ini, taman kupu-kupu ini memang merupakan tempat paling nyaman sekali di area Tabanan. Disinilah nanti setiap pengunjung akan diajak untuk menikmati ratusan kupu-kupu yang terbang dan berasal dari 15 spesies yang telah berkembang di area tropis ini.

Tempat ini sudah ada dari tahun 1993, sesudah adanya konferensi kupu-kupu Internasional yang dulunya dikenal di tahun yang sama di Sulawesi Selatan, di Makassar. Ditinjau dari hasil konferensi itu, telah terlihat bahwa Indonesia merupakan tempat yang kaya dengan serangga. Sehingga, hal ini wajib dipromosikan untuk meningkatkan kesadaran para masyarakat atas lingkungan tanah air.

Namun sayangnya, sekalipun masuk dalam kategori wisata edukatif, kondisinya tidak begitu terawat. Di bagian depan taman terdapat patung yang bentuknya kupu-kupu yang ukurannya besar, namun tidak begitu terawat. Sambutannya kurang begitu menyenangkan di bagian gerbang depan. Namun, ketika masuk didalamnya, semuanya menjadi terobati dikarenakan suasana didalamnya begitu rindang dan sejuk. Semuanya dipagari dengan jaring.

Maksud dari pemagaran tersebut adalah supaya koleksi kupu-kupu tersebut tidak sampai hilang dan terbang keluar taman. Wisatawan yang berkunjung disini tidak hanya sekedar dapat melihat kupu-kupu yang sedang berterbangan saja dari satu bunga ke bagian bunga yang lain. Namun, Anda juga bisa melihat spesies langka secara langsung yang sedang dilindingu, termasuk dengan kupu-kupu yang paling popular. Yaitu kupu-kupu sayap dari burung surga atau disebut juga dengan Omithoptera Paradisea.

Bali Butterfly Park

Salah satu hal yang paling menarik dari Bali Butterfly Park ini adalah, Anda bisa melihat bagaimana tahapan dari metarmofosa berbagai macam kupu-kupu, dimulai dari telur, larva, kemudian pupae, kepompong, dan juga menjadi sebuah kupu-kupu yang berukuran besar. meskipun namanya adalah taman kupu-kupu, namun Anda masih bisa melihat berbagai macam bentuk serangga yang lain. Misalnya saja seperti kalajengking dan kumbang yang berada di dalam gua.

Karena kelengkapan dari kupu-kupu inilah yang kemudian membuatnya cocok sekali untuk wisata keluarga, khususnya untuk anak-anak sebagai tempat edukasi yang paling baik. Disamping itu, disini juga ada koleksi kupu-kupu yang sudah dikeringkan yang kemudian dijual untuk menjadi sebuah souvernir.

Lokasi Bali Butterfly Park

Untuk lokasinya sendiri ada di dusun Sandan Lebah, di desa Wanasari, di Tabanan. Dari Tabanan inilah nantinya Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju jalan utama setidaknya 7 km, agar dapat sampai ke wisata alam Jatiluwih, Batukaru, dan Air Panas. Tapi, bila Anda mulai perjalanan dari bandara Ngurah Rai, maka Anda butuh 1,5 jam agar dapat sampai ke Bali Butterfly Park. Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah sebesar 75 ribu rupiah untuk dewasa. Sedangkan anak-anak dikenakan biaya sebesar 37.500 rupiah.