Cara Membersihkan Bekas Telur yang Gosong di Wajan

Cara Membersihkan Bekas Telur yang Gosong di Wajan – Permasalahan seputar bekas telur yang gosong di wajan adalah salah satu hal yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Dimana telur itu sendiri adalah salah satu bahan masakan yang memang sangat disukai oleh semua orang. Selain nutrisinya yang banyak, ternyata telur ini dapat diolah menjadi santapan yang sangat enak dan melezatkan.

Bekas Telur yang Gosong di Wajan

Banyak sekali olahan masakan yang berasal dari telur. Misalnya saja seperti telur goreng, telur dadar, semur telur, dll. Di antara dari berbagai macam olahan telur yang ada, telur goreng atau yang biasa disebut juga dengan ceplok telur ini adalah salah satu sajian menu yang paling sederhana yang sering dibuat oleh kebanyakan orang. Membuat sebuah telur goreng yang disajikan untuk sarapan pagi atau untuk menu makan pagi adalah salah satu pekerjaan yang sangat mudah.

Hanya saja, terkadang disaat menggoreng telur ini bisa membuat seseorang menjadi lupa diri dan membuatnya menjadi gosong saat sedang menggorengnya. Akibatnya, timbulah sebuah bekas telur yang gosong di wajan yang sulit untuk dihilangkan. Meskipun sudah memakai bantuan dari cairan pencuci piring, namun tetap saja sulit sekali untuk membersihkannya tanpa memakai tips yang benar dan tepat. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan bekas telur yang gosong di wajan yang sulit untuk dihilangkan, antara lain:

Gunakan Gabungan antara Cairan untuk Pencuci Piring & Air Panas

Hal pertam ayang harus dilakukan saat akan membersihkan bekas telur yang gosong di wajan adalah tuangkan saja air yang secukupnya di bagian wajan yang ada bekas telur gosongnya tersebut. Kemudian, tambahkan pula dengan sabun pencuci piring, tapi secukupnya saja. bila sudah, simpan atau letakkan wajan yang telah terisi dengan air dan campuran sabun pencuci piring ini di atas kompor.

Kemudian, nyalakan kompor menggunakan api besar hingga airnya mendidih. Bila sudah, kecilkan api tersebut menjadi sedang. Diamkan hingga air kembali lagi mendidih selama 10 menit. Jangan sampai air yang ada di dalam wajan menjadi habis. Selagi air masih dalam wajan penggorengan tersebut mendidih, kikis saja bagian abwah telur atau kikis bagian dasar wajan penggorengan memakai spatula agar dapat menghilangkan bekas telur yang telah gosong tersebut.

Bila sudah, langsung saja angkat wajan penggorengan dari atas kompor. Kemudian, buang saja sisa airnya, beserta sabun, dan sisa telur yang ada di atas wajan penggorengan. Setelah itu, cuci saja wajan penggorengan ini memakai spons yang lembut yang sebelumnya Anda beri sabun beserta air. Maka, lihat hasilnya. Sehingga, Anda bisa mendapat hasil yang memuaskan.

Gunakan Cuka Putih

Disamping menggunakan sabun dan juga air panas, maka Anda bisa memanfaatkan cuka putih untuk membersihkan bekas telur yang gosong di wajan ini. Dimana nantinya Anda bisa memanfaatkan cuka putih untuk menghilangkan bekas telur yang telah gosong tersebut. cara untuk melakukannya sangat mudah!

Cukup siapkan saja sebanyak ½ cangkir cuka putih ke wajan penggorengan yang mau dibersihkan tersebut. Tambahkan dengan air panas hingga ke bagian wajan yang ada sisa gosong dari telur tersebut sampai terendam ke dalamnya. Diamkan hingga 10 menit. Bersihkan wajan penggorengan itu memakai sabun dan juga air. Disamping bisa digunakan untuk membersihkan wajan penggorengan, maka Anda bisa menggunakan cuka putih yang berguna untuk menghilangkan bau telur karena gosong.