Sebelum Muncul Berita Bencana Alam Ini, Ternyata Sudah Ada Ini..?

Sebelum Muncul Berita Bencana Alam Ini, Ternyata Sudah Ada Ini.. – Berita bencana alam tsunami di selat sundah menjadi berita bencana akhir tahun yang banyak mendapatkan perhatian bukan hanya pada media lokal saja namun media asing juga banyak yang menanyakan dan membahas tentang apa penyebab terjadinya bencana alam tsunami selat sunda tersebut.

berita bencana alam

Pertanda akan terjadinya bencana alam tsunami selat sunda memang tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Banyak orang berpendapat kalau bencana alam tsunami selat sunda yang terjadi tersebut berbeda dengan tsunami Aceh ataupun yang ada di Palu.

Baca Juga: Dunia Geger karena BNPD Nyatakan Ini Barusan, yang Gak Kuat Jangan Dibaca!

Penyebab tsunami yang banyak orang tahu tentunya diawali dengan adanya gempa tektonik. Namun pada kasus bencana alam tsunami selat sunda tidak ada peringatan telah terjadinya gempa dan alat deteksi tsunami juga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Tidak ada peringatan akan terjadinya bencana alam tsunami selat sunda ini kemudian membuat banyak orang bertanya tentang alat pendeteksi tsunami yang telah dimiliki indonesia. Bagaimanapun kalau kita sudah tahu akan pertanda terjadinya bencana alam tsunami selat sunda tersebut, maka tidak akan ada banyak korban meninggal pada bencana satu ini.

Pemerintah tentunya juga harus tahu dan memberikan pengetahuan sendiri pada warna sekitaran pantai agar peristiwa dari bencana alam tsunami selat sunda ini tidak akan lagi terjadi ke depannya.

Ada beberapa berita bencana alam tsunami selat sunda yang memang masih menjadi simpang siur sekarang ini. Sebenarnya dalam peristiwa tsunami, maka memang akan ada pertanda sebelum akan terjadinya bencana ini. Nah, pada kasus bencana alam tsunami selat sunda ini, apakah ada pertanda yang biasanya akan menyebabkan tsunami, berikut ini ulasannya:

Ketika kita akan membahas tentang bencana alam tsunami selat sunda, maka akan penting kalau kita melihat bagaimana proses terjadinya tsunami itu sendiri. tsunami akan bisa terjadi ketika memang ada gempa yang menyebabkannya. Gempa yang bisa menyebabkan tsunami tersebut juga bukan gempa sembarangan. Ada dua jenis gempa penyebab tsunami diantaranya adalah gempa tektonik dan vulkanik.

Gempa yang akan bisa menyebabkan bencana alam tsunami merupakan gempa yang mempunyai magnitudo yang besar diantaranya hanya yang berkisaran antara diatas 7 SR. dengan adanya gempa ini, maka akan datang gelombang besar yang kemudian proses ini akan membuat bencana alam tsunami bisa terjadi.

Paling tidak untuk bisa terjadinya bencana alam tsunami maka memang akan ada beberapa faktor yang akan menjadi penyebabnya, diantaranya adalah :

Kekuatan Gempa Yang Tinggi

Salah satu faktor yang membuat bencana alam tsunami bisa terjadi adalah karena gempa dengan kekuatan tinggi. Kebanyakan kekuatan gempa yang akan bisa menimbulkan bencana alam tsunami adalah yanga kekuatannya melebihi 6,4 SR.

Berada di Dasar

Faktor kedua yang bisa menyebabkan bencana alam tsunami adalah karena kedalaman gempa terjadi di dasar permukaan laut. Kalau terjadi gempa dengan kekuatan besar dan ada di dasar laut, maka kemungkinan besar untuk terjadi bencana alam tsunami akan bisa kita waspadai.

Selain faktor yang bisa menyebabkan bencana alam tsunami tersebut, sebagai orang yang tinggal di indonesia dengan banyaknya berita bencana alam tsunami yang ada sekarang. Maka kita juga harus paham dengan pertanda alam yang sudah diberikan. Ada beberapa tanda yang bisa membuat kita waspada akan terjadinya bencana alam tsunami, diantaranya adalah air yang keadaannya surut secara tiba-tiba, adanya suara gemuruh dari lautan dan beberapa burung yang terbang berhamburan dari lautan.