Benda Ramah Lingkungan Ini Bisa Gantikan Plastik di Masa Depan

Benda Ramah Lingkungan Ini Bisa Gantikan Plastik di Masa Depan – Seperti yang telah diketahui, bahwa plastik adalah salah satu benda yang terbanyak dipakai untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Namun, sayangnya meskipun plastik itu berguna dan selalu dibutuhkan untuk semua orang, ternyata plastik ini bisa juga menjadi benda yang sangat berbahaya di seluruh dunia. Bahkan, tidak hanya sekedar dapat diuraikan, namun plastik juga mengandungzat kimia yang sifatnya racun untuk tubuh.

Baca juga: Portuguese Egg Tart Menu Jajanan Cocok untuk Pebisnis Kuliner

Perlu Anda ketahui, bahwa dibutuhkan waktu sampai puluhan tahun sampai dengna ribuan tahun agar nantinya plastik bisa mengalami proses dekomposisi alami. Berbicara tentang beberapa hal inilah yang kemudian membuat para ilmuwan dan juga para aktivis lingkungan mulai memikirkan seputar beberapa bahan pengganti dari plastik yang lebih aman dan ramah lingkungan untuk kehidupan manusia. Di bawah ini adalah beberapa benda ramah lingkungan yang nantinya dianggap seabgai bahan pengganti plastik yang lebih aman dan ramah lingkungan, antara lain:

Benda Ramah Lingkungan Ini Bisa Gantikan Plastik di Masa Depan

Kutikula Serangga & Cangkang

Hewan dengan cangkang dan juga berkulit layaknya plastik dari jenis crustacea dan juga serangga ini ternyata dapat dijadikan sebagai plastik juga. Dimana kemudian bahan ini bisa dijadikan sebagai alat makanan yang sederhana. Yaitu sendok, piring, garpu, dan juga gelas. 1 kg cangkang dan juga kutikula ini dapat diolah menjadi 15 buah kantung belanja yang serba guna. Karena dibuat dengan cara alami dari binatang, maka proses penguraian benda-benda yang satu ini dianggap lebih cepat dan lebih aman untuk alam.

Pati Kentang

Pati merupakan zat sisa yang berasal dari produk makanan berkarbohidrat.  Yaitu dari makanan kentang. Komposisinya tersebut bisa dengan mudah didapat dan kemudian didapatkan sampai dengan ratusan kg. Dengan begitu, pati kentang ini dapat digunakan oleh beberapa pabrik besar untuk membuat kemasan makanan. Ada beberapa perusahaan yang bergerak dibidang daur ulang sudah lama menggunakan pati kentang ini untuk membuat sebuah kantung belanja yang bio plastik.

Meskipun proses pembuatannya membutuhkan zat kimia, yang bernama polyurethane sebagai bahan kunci untuk proses pembuatan plastik. Namun, pemakaiannya jauh lebih sedikit dan kecil dari pada 100 % plastik. Karena itulah, bahan ini dianggap sebagai benda ramah lingkungan terbaik pengganti dari plastik yang kita kenal selama ini.

Pohon Pisang

Pada dasarnya pohon pisang itu memiliki serat alami yang bisa dijadikan sebagai pengganti dari alternatif plastik. Proses untuk pengolahannya menjadi benda produk tetap ini membutuhkan zat kimia untuk kunci pembuatan plastik. Yaitu zat polyurethane, namun juga kapasitasnya masih kecil sekali dari plastik. Maka dari itulah, akan lebih baik bila menggunakan pohon pisang untuk proses pembuatan benda plastik yang kokoh. Yaitu seperti kerucut lalu lintas, tanki air, dan juga untuk pembuatan perahu.

Rumput Laut

Ternyata rumput laut ini bisa juga menjadi benda ramah lingkungan yang dijadikan sebagai pengganti dari botol plastik untuk air minum. Baru-baru ini ada seorang pria dari Imperial College London, yang ada di Inggris, yaitu di Rodrigo Garcia Gonzales, dimana dia telah berhasil menemukan sebuah cara baru untuk menikmati air minum tanpa harus memakai botol dari plastik. Dia membuat Ooho water bomb, yaitu sebuah bola air yang bisa disantap. Ooho ini berasal dari 100% bahan organik, yaitu dari sari rumput laut.