Resep Membuat Bolu Pisang yang Sehat dan Enak

Resep Membuat Bolu Pisang yang Sehat dan Enak – Apakah Anda suka membuat sebuah cemilan sehat sendiri di rumah? Rasanya membuat makanan ringan sendiri di rumah dan bisa dinikmati bersama dengan keluarga adalah salah satu hal yang menarik sekali untuk sebagian besar orang. Tidak hanya sekedar jauh lebih sehat saja, namun membuat sendiri juga menjadi lebih hemat pula. Maka dari itulah, jika Anda ingin membuat cemilan sehat di rumah, maka kini saatnya Anda mencoba membuat resep kue bolu pisang sekarang juga.

Bolu Pisang

Mau tahu seperti apakah caranya?

Baca juga: Sarapan Mie Instan Ternyata Juga Sehat, Ini Alasannya!

Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Bahan Utama

  • Gula sebanyak 75 gram.
  • Tepung terigu, sebanyak 150 gram.
  • Telur ayam, sebanyak 2 butir.
  • Pisang, 4 buah, yang telah dihaluskan.
  • Susu kental manis, 2 sachet.
  • Margarin, 4 sendok makan.

Cara Membuat Bolu Pisang

  1. Masukkan dulu telur dan gula menjadi 1 ke dalam sebuah wadah.
  2. Setelah itu, campur menggunakan mixer sampai adonannya mengembang.
  3. Bila sudah, masukkan margarin, lalu haluskan lagi menggunakan mixer.
  4. Kemudian, tambahkan pisang yang telah dihaluskan sebelumnya.
  5. Tuanglah susu kental yang manis yang telah dicairkan menggunakan air.
  6. Tambahkan tepung terigu,s edikit demi sedikit.
  7. Aduk lagi menggunakan mixer sampai semua adonannya tercampur halus menjadi 1.
  8. Tuangkan adonannya kue ke dalam sebuah loyang.
  9. Bila sudah, masukkan adonan yang telah diletakkan ke dalam loyang ini ke dalam sebuah oven, dan panggang sampai matang.
  10. Kini, kue bolu pisang telah siap untuk disajikan selagi masih hangat ataupun disaat sudah dingin.

Seperti yang telah diketahui, bahwa buah pisang sebagai bahan utama dari kue bolu pisang ini mempunyai banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk setiap pisangnya, mengandung 105 kalori. Dimana di dalamnya mengandung 3 gr serat, 1 gr protein, dan 14 gr gula untuk setiap buahnya.
  • Pisang adalah salah satu sumber potasium, mineral, karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalium, dan juga mangan. Sehingga, buah ini punya banyak sekali manfaat untuk tubuh. Lebih menariknya lagi adalah, ternyata di dalam buah pisang ini dapat berguna sekali untuk proses pembakaran lemak dalam tubuh. Sehinga, tubuh makin ramping, karena didalamnya mengandung lemak yang sedikit dan tidak ada natrium ataupun kolesterol.
  • Salah satu nutrisi yang paling berperan aktif di dalam kandungan buah pisang ini adalah adanya vitamin B6. Dimana nutrisi ini ampuh sekali untuk mengurangi terjadinya pembengkakan sebagai akibat dari obesitas. Sehingga, vitamin B6 ini nanti juga akan membuat tubuh lebih terlindungi terhadap segala macam infeksi dan penyakit dalam tubuh yang menyerang tubuh. Karena di dalamnya dapat meningkatkan produksi jumlah sel darah putih. Sehingga, kinerja fungsi otak dan juga sistem sarafnya makin meningkat.

Buah pisang itu sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup sempurna. Karena dapat memberikan energi yang lebih tinggi dari kandungan nutrisi pada buah yang lain. Didalamnya sendiri juga kaya dengan kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Misalnya saja seperti fosfor, magnesium, kalium, kalsium, dan juga zat besi. Tak hanya itu saja, buah ini ternyata juga mengandung vitamin B complex, C, dan B6, juga serotonin yang bisa dijadikan sebagai neurotransmitter untuk membuat kinerja fungsi otak makin lancar dan sempurna.