Bunga Kredit Renovasi Rumah atau Kredit Multiguna, Mana Pilihanmu?

Bunga Kredit Renovasi Rumah atau Kredit Multiguna, Mana Pilihanmu?

Musim hujan sekarang ini telah tiba, tentu saja hal ini membuat atap di rumah menjadi rentan bocor. Selain itu, di musim penghujan ini biasanya juga akan membuat dinding pada tembok menjadi retak-retak, cat pada tembok pun menjadi semakin mengelupas, dan ada banyak permasalahan lainnya yang timbul saat hal tersebut mulai terjadi.

Baca juga: Cara Memilih Tipe Rumah dengan Kredit Rumah di Depok

Bagaimana pun juga, renovasi rumah itu adalah sebuah solusi yang berguna untuk mengatasi permasalahan yang timbul di rumah. Namun meskipun begitu, dalam merenovasi rumah itu ada salah satu hal yang harus diperhatikan, yaitu dana Anda lebih dulu. Meskipun sebenarnya dana bisa diatasi dengan cara mencari pinjaman dana untuk merenovasi rumah.

Perbandingan Kredit Multiguna dengan Bunga Kredit Renovasi Rumah

Ada banyak pilihan yang ditawarkan oleh bank untuk para masyarakat yang ingin melakukan renovasi rumah. Dimana ada juga 2 varian pembiayaan dari renovasi rumah tersebut, yang meliputi kredit renovasi dan juga kredit multiguna. Nah, bila Anda sedang membutuhkan bantuan mendesak, maka Anda bisa memakai kredit multiguna. Namun, akan lebih baik jika Anda perhatikan 2 hal berikut antara kredit multiguna dengan bunga kredit renovasi rumah, antara lain:

Kredit Multiguna

Ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang konsumtif. Kredit ini bisa berupa pendidikan anak, kepentingan dalam membeli sebuah mobil, merenovasi rumah, dll yang berhubungan dengan kebutuhan konsumtif. Dengan menggunakan rkedit multiguna inilah Anda bisa mendapatkan pinjaman dana dari 2 juta rupiah sampai dengan 2 M rupiah. Sedangkan untuk tenornya sendiri bervariasi, disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, untuk bunganya pun juga bervariasi. Ada yang menawarkan 9& sampai dengan bunga 12%. Suku bunga tinggi ini adalah salah satu kelemahan dari kredit jenis ini. Hanya saja kelebihannya adalah Anda bisa menggunakan pinjaman ini tidak sekedar untuk bangunan dan tanah saja, namun bisa juga Anda gunakan untuk kendaraan.

Kredit Renovasi

Berbicara tentang kelebihannya, maka bunga kredit renovasi rumah ini sedikit berbeda dari kredit multiguna. Hal ini dikarenakan kredit jenis ini bunganya lebih rendah, dan tenornya lebih panjang. Sedangkan untuk plafonnya lebih besar dari kredit multiguna.

Kekurangan dari Kredit Renovasi

  1. Dilihat dari aspek bangunannya, maka dengan memilih kredit renovasi, yang akan dijadikan sebagai agunan adalah rumah Anda yang akan direnovasi tersebut.
  2. Besaran dana yang bisa dicairkan hanya sebesar 80% saja dari jumlah kebutuhan Anda yang disesuaikan dengan RAB nya. Sehingga, sisanya yang menanggung adalah Anda sendiri.

Pastikan Mempersiapkan Renovasi Rumah Sejak Dini

Saat Anda sedang menentukan sumber dana manakah yang akan digunakan untuk merenovasi rumah, misalnya melihat dari bunga kredit renovasi rumah ataupun dari kredit multigunanya, maka sebaiknya lihat dulu apakah kebutuhan dana tersebut memang sangat mendesak atau tidak. Jadi, jangan pernah Anda asal mengajukan pinjaman dana kredit ini. Karena bagaimana pun juga, baik itu kredit multiguna dan juga kredit renovasi itu dua-duanya adalah masuk dalam golongan kredit konsumtif.

Maka dari itulah, sebaiknya dana yang Anda gunakan untuk melakukan renovasi rumah itu didapatkan dari tabungan Anda sendiri dan juga keluarga Anda. Setidaknya, dengan masalah renovasi rumah yang telah dipersiapkan sebelumnya dari jauh – jauh hari, hal tersebut akan membantu Anda untuk tidak kelimpungan saat suatu waktu rumah Anda mengalami kerusakan dan membutuhkan sebuah renovasi. Benar begitu, tidak?