Cara Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Cara Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak – Sebenarnya perbedaan di antara mesin 2 tak dengan mesin 4 tak itu bisa dilihat dari segi cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak itu sendiri. Untuk melihat perbedaan di antara keduanya, sebaiknya simak saja perbedaannya yang akan kami jelaskan di bawah ini:

Baca Juga: Realme C1 Harga Dan Spesifikasi

Cara Kerja Mesin 4 Tak

  1. Siklus pertamanya adalah langkah untuk isap. Dalam tahapan ini, bagian piston akan langsung bergerak dari TMA atau dari bagian titik mati atas menuju ke titik mati bawah, atau TMB. Hal ini bisa membuat campuran baha bakar dan udara bisa masuk secara bersamaan ke dalam ruang bakar mesin motor Anda.
  2. Sedangkan siklus yang kedua merupakan langkah kompresi. Dalam tahapan ini, piston akan bergerak ke bagian titik mati bawah menuju ke titik mati atas. Ketika proses itu berlangsung, kedua katupnya akan berada dalam posisi menutup. Udara yang masuk nanti akan langsung ditekan. Hal ini bisa menyebabkan tingkat kompresinya menjadi tinggi. Sehingga, busi motor bisa memercikkan bunga api.
  3. Siklus yang ketiga merupakan langkah usaha, sebagaimana piston nanti akan bergerak dari bagian TMA menuju ke TMB. Ini bisa terjadi karena adanya dorongan dari daya ledakan pada bagian busi motor. Busi inilah yang kemudian memercikkan api, sehingga bisa terjadi dorongan itu.
  4. Siklus yang ke-empat merupakan langkah buang. Dalam proses tahapan ini, piston akan langsung bergerak dari TMB ke TMA. Katup EX yang ada dalam posisi terbuka nanti akan membuat gas sisa pembakarannya otomatis langsung terdorong keluar lewat saluran pembuangan motor.

Cara Kerja Mesin 2 Tak

cara kerja mesin 2 tak
  1. Ini adalah langkah isap, dimana piston akan bergerak dari titik mati bawah menuju ke titik mati atas. Sehingga, hal ini bisa membuat masuknya bahan bakar yang berasal dari karburator menuju ke dalam komponen yang akan dituju. Yaitu, dari ruang poros engkol yang ada dibagian bawah torak. Sementara dibagian langkah kompresi dan juga pembakarannya terjadi dibagian atas toraknya.
  2. Selanjutnya, siklus yang kedua adalah langkah buang. Dari sinilah, nantinya piston akan bergerak dari titik mati atas menuju ke titik mati bawah. Di bagian atasnya nanti akan terjadi sebuah langkah buang yang diimbangi dengan usaha. Sedangkan, di bagian bawah torak akan diimbangi dengan langkah pembilasan. Proses ini nanti akan membuat bahan bakar yang baru saja masuk langsung ditampung ke dalam ruang poros engkol. Setelah itu, bahan bakarnya akan langsung dikirim ke dalam ruang bakar lewat saluran bilas.
  3. Untuk cara kerja mesin 2 tak ini, bahan bakar yang dikeluarkan nanti berasal dari saluran pembilasan dan langsung terdorong sampai ke posisi titik mati atas. Saat bahan bakar itu telah mencapai dalam posisi ini, maka hal ini bisa membuat pistonnya akan menutup bagian saluran pembuangan dan juga dibagian saluran pembilasan sendiri. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan bahan bakar yang telah masuk ke dalam saluran bawah piston bisa memicu terjadinya tekanan silinder yang semakin meningkat. Selanjutnya, bunga apinya nanti akan keluar dengan sendirinya dari dalam busi dan menjadi sebuah letusan.

Nah, jadi seperti itulah perbedaan dari cara kerja mesin 2 tak dengan mesin 4 tak. Semoga cukup bermanfaat.