Ternyata Cara Memasak Seperti Ini Salah Besar dan Tidak Sehat

Ternyata Cara Memasak Seperti Ini Salah Besar dan Tidak Sehat – Pada dasarnya yang namanya bahan makanan yang mentah itu memang sudah seharusnya dimasak lebih dulu sebelum disantap. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada tata cara memasak yang benar yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Baca juga:  Bahan Alami Racikan Sendiri untuk Membuat Lips Scrub Alami

Karena cara ini memiliki peraturan tersendiri untuk yang baik dan yang jelek. Di bawah ini adalah beberapa hal yang salah dalam proses memasak dan bisa bikin masakan Anda menjadi tidak sehat, antara lain:

Cara Memasak

Pertama, sebaiknya jangan terlalu lama ketika memasak sayur. Memasak sayuran itu jangan terlalu lama. Karena hal ini dan cara ini ternyata dapat membuat gizi yang ada di dalam sayuran menjadi hilang. Bahkan, tidak hanya sekedar dapat menghilangkan kebanyakan dari nutrisinya, namun cara ini juga akan membuat sayuran menjadi tidak enak untuk dimakan. Maka dari itulah, sebaiknya jangan terlalu lama dalam merebus sayuran, bahkan sampai menjadi lembek, apalagi sampai menjadi berubah warna dan menjadi hancur.

Kedua, terlalu menambahkan banyak bumbu ternyata juga tidak baik. Karena, bila terlalu banyak menggunakan bumbu masakan, seperti dengan menaburkan kecap, garam, atau bahkan beberapa bahan yang lain dalam 1 hidangan masakan, justru akan menjadikan ladang masakan ini sebagai ladang berzodium. Dimana masakan ini justru akan membuat tekanan darah makin meningkat. Begitu juga dengan kekentalan dalam darah. Begitu banyak menggunakan sodium yang dimasukkan ke dalam tubuh bisa membuat air yang ada menjadi makin terikat. Akibatnya, terjadilah penimbunan terhadap cairan dan akhirnya harus berakhir dengan pembengkakan.

Ketiga, terlalu memanaskan minyak sampai berlebihan juga tidak baik. Kaerna pada dasarnya tidak semua bahan pembuatan minyak goreng itu dibuat dari bahan yang sama. Misalnya saja seperti minyak zaitun yang memiliki titip asap yang jauh lebih rendah. Itu artinya, bila sudah sampai melewati pada suhu tertentu, minyak ini akan mudah terbakar dan bisa melepaskan radikal bebas yang berbahaya. Namun sayangnya, minyak zaitun itu tidak dapat dipanaskan sampai terlalu lama, layaknya minyak sayur ataupun minyak goreng pada umumnya. Sebaliknya, bila menggunakan minyak pada titip asap yang tinggi layaknya minyak almond, minyak kacang, dan juga minyak bunga matahari, hasilnya bisa menjadi berbeda.

Ke-empat, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis kulit sayur itu wajib dikupas. Karena, ternyata ada juga sejumlah sayuran yang memiliki nutrisi yang banyak, tepat dibagian kulitnya. Misalnya saja seperti labu, wortel, kentang, apel, dan juga mentimun. Kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat paling banyak terdapat pada bagian kulitnya. Sehingga, kulitnya aan untuk dikonsumsi. Namun, sebaiknya pastikan pula agar mencucinya sampai bersih sebelum menyantapnya.

Kelima, saah satu cara memasak yang salah yang lain dan harus dihindari adalah tidak mencuci sayuran yang digunakan secara menyeluruh. Padahal, di dalam sayur-sayuran itu terdapat banyak sekali bakteri dan pestisida yang hinggap pada kulit sayuran. Maka dari itulah, sebelum menyantapnya, sebaiknya cucilah sampai bersih. Akan lebih baik bila Anda menggosoknya juga sampai bersih. Kanre, berdasarkan eksperimen yang telah disampaikan ke dalam American Chemical Society menyatakan bahwa pemakaian soda kue ke dalam sebuah bak air guna mencuci sayuran itu adalah car apaling baik untuk memberishkan jejak dari pestisida yang ada. Kini Anda sudah tahu cara memasak yang benar dan yang salah, bukan?