Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Dengan Cepat

Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Dengan Cepat

penyanyi 4

 

 

Kali ini saya akan membahas cara mebuat suara menjadi bagus dengan cepat, oke kita mulai saja.

Pertama kamu harus bisa menyesuiakan suara kamu dengan nada jangan sampai karna keinginan yang menjadikan suara yang bagus dengan cara melakukan latihan yang berlebihan dan bisa merusak suara, pada intinya latihan vokal merusak suara, kecuali kalau sering menyanyi serak yang dipaksakan nantinya akan seperti model vokal sepultura, yang membikin suara dan tenggorokkan sakit (kalau yang belum terbiasa).

Lalu, untuk cara melatih nafas dengan mengucapkan huruf vokal seperti A,I,U,E,O Dengan sepanjang-panjangnya. Contohnya menarik nafas terus dikeluarkan huruf vokal contohnya seperti mengeluarkan suara AAAaaaaaaa (dengan bulat), terus lakukan sampai nafas pertama habis.dilanjutkan lagi untuk yang kedua, paling tidak cara ini untuk melatih nafas supaya menjadi panjang.

Melatih suara AAAaaaaaa dari nada rendah lalu naik sampai AAAaaaaa nada tinggi. Latihan dengan cara ini memang sangat membosankan, tapi inilah slaah satu cara untuk mempunyai nafas yang panjang. Lakukan latihan ini selama 10-15 hari setiap harinya.

Lalu menyanyikan satu buah lagu, tapi lagunya jangan yang gampang cari lagu yang menurut kamu susah untuk dinyanyikan dan memiliki nada yang tinggi. Bisa juga menyanyikan lagu yang mudah tapi dengan cara menyanyikan nadanya dengan suara yang asli penyanyinya, nada pertamanya bisa kamu variasikan sendiri, dan usahakan nada pertamanya menggunakan nada yang tinggi ( yang bertujuan untuk membuat terbiasa dalam bernyanyi lagu yang bernada tinggi).

Kalau kamu sering melakukan latihan ini, kamu bakal menemukan tehnik bernyanyi sendiri.

Cara yang tepat untuk menambah kekuatan suara

 

penyanyi 6

 

Ada banyak cara untuk meningkatkan suara kita, tapi yang jelas kamu harus paham dulu dengan 2 karakter suara yang kamu miliki. Yang bertujuan untuk membuat suara kamu menjadi artis idola dan terkenal. Karna karakter suara tidak bisia diubah- ubah begitu saja karna memiliki resiko yang cukupp tinggi bisa” pita suara kamu jadi rusak. Khusus hari ini saya punya beberapa cara untuk mmenaikkan power suara kamu.

#1. Tiup Lilin, yang bertujuan untuk membuat otot paru-paru. Coba kamu lakukan dengan cara meniup lilin degan jarak yang dekat. Cobak kamu bikin jaraknya 2 jengkal, kalu lilinnya mati buat dengan 3 jengkal, dan kalu mati lagi tambah sampai 4 jengkal. Coba kamu tambah jarak dan kalau belum bisa mati, terus kamu tiupp sampai lilinnya mati. Istirahat setiap 10 menit. Terus kamu lakukan sampai 2 minggu dan kamu rasakan hasilnya di saat sudah 2 minggu. Jangan berlatih pada saat kamu sedang lapar karna akan bisa menyebabkan kamu pingsan, tujuannya untuk bisa membikin hembusan nafas kamu jaadi kuat.

penyanyi 5

 

#2. Tiup Balon, memiliki tujuan yang sama, sama seperti yang tadi yaitu bertujuan untuk melatih otot paru. Untuk meniup balon usahakan istirahat kalau sudah merasa pandangan seperti berkunang-kunang.

balon

 

#3. Gigit Pensil, ini memang sedikit aneh tapi ini memiliki tujuan untuk melatih suara dinada tinggi dan berpower.

Denga cara menggit pensil di bagian ujung gigi dan nyanyikan satu lagu secara keseluruhan tanpa menjatuhkan pensil. Latihan ini cukup dilakukan dari 10-15 menit pada tiap harinya.

pensil

 

#4. Lagu Vokal Tinggi,  yang ini cukup ekstream yaitu dengan cara menyanyikan lagu yang bernada tinggu, yang berujuan untuk memaksa pita suara untuk bekerja keras. Pilih lagu yang memiliki suara yang tinggi contohnya halloween.  Kalau sudah agak terasa serak istirahatlah dan jangan lupa untuk minum air putih sebanyak-banyaknya. Lebih bagus memakan kencur supaya tida jadi radang tenggorokkan. Tujunnya untuk melatih pita suara untuk nada yang lebih tinggi. Coba lakukan ini satu hari sekali saja jangan sampai lebih.

penyanyi 7

 

#5. Pakai Diafragma berfungsi untuk nafas perut bukan untuk tenggorokkan atau leher. Coba kamu tes bernyanyi 1 lagu dengan menggunakan nafas perut. Kalau kamu merasa lelah di bagian leher kamu, berarti nafas perut masih belum bagus kamu lakukan, latih setiap hari.

penyanyi 1

 

#6. Nyanyi Dalam Air, latihan ini bertujuan untuk menaikkan power suara. Caranya dengan menyelukan kepala kamu di dalam air, bisa di dalam ember, di bak mandi, dan di kolam renang sambil bernyanyi satu per satu bait lagu. Intinya suara kita akan tertekan dan pada saat di udara bebas kekuatan suaranya akan lebih keluar.

penyanyi 2

 

#7. Minum Air Putih, lakukan disaat pagi hari atau bangun tidur 2-3 cangkir (gelas).

Belajar bagaimana cara melatih olah suara secara otodidak dan tidak merusak suara.

Industri musik di Indonesia memberi banyak kesempatan buat orang-orang yang mau jadi penyanyi terkenal, dengan suara yang bagus saja itu semua tidak cukup.

Untuk lebih mendalami dunia tarik suara yang semakin kompetitif, dan ada baiknya juga kalau kamu melatih suara kamu agar menjadi yang lebih baik lagi. Inilah cara-cara pelatihnnya.

#1. Melatih Pernafasan.

Pengahalang yang pertama kali untuk bernyanyi adalah nafas, karna sering terjadinya bunyi suara yang terproses melalui gesekan nafas dengan pita suara yang di getarkan oleh resonansi leher.

Latihan ini mempunyai 2 manfaat

penyanyi 3

 

=>> bertujuan untuk memilikinafas yang lebih panjang untuk menghindari nyanyian yang tersendat-sendat yang bisa mengakibatkkan nyanyian kamu terdengar tidak nyaman.

=>>bertujuan untuk menambah tenaga diafragma atau tehnik (powering diafragma).

#1. Latihan pernafasan

Latihan pernafasan yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengambil nafas secara pelan” dalma waktu 10dtk, berikutnya menahan nafas selama 10dtk, dan keluarkan nafas kamu secara pelan” dalam waktu 10dtk juga.

Kalau kamu tidak kuat jangan mencoba untuk mencuri atau membuang nafas yang telah ditentukan tadi. Pada keadaan yang tidak kuat ada baiknya buang saja nafas lalu bersiap lagi untuk pengambilaln nafas selanjutnya.

Kalau interval 10dtk dirasa mudah  maka kamu boleh ngelakuinnya lebih dari itu, dan bisa ditambahkan sekitar 15-20dtk saja. Jika keadaan badan mulai melemah dan kepala terasa pusing, jangan kamu memaksakan diri kamu.

Olahraga yang rajin contohnya seperti joging, renang dll juga bisa menambah stamina dan pernafasan kita disaat bernyanyi.

#2. Cara Untuk Menambah Kekuatan Suara

Kekuatan suara sangat sering disebut dengan power, yaitu sama kegunaannya dengan untuk mencapai suara yang sempurna. Karna suara yang lemah tidak menarik perhatian pendengar.

Kekuatan suara yang dimasud bukanlah tenaga yang asal-asalan seperti menjerit-jerit. Karna suara yang seperti itu bisa membuat pendengarnya merasa capek. Tenaga yang dimaksud yaitu suara yang di hasilkan sama tenaga sendiri, tehnik fokal, dan kekuatan perasaan.

#3. Cara Untuk Penyanyi Sumbang

Cara yang sering dilakuka untuk melatih penyanyi yang memiliki suara sumbang yang secara academis yaitu dengan latihan yang bernama solfegio.

Caraya adalah sering” latihan nyanyi sambil menutup kuping sebelah kiri atau kanan. Dengan cara ini dapat membuat kamu semakin enak dan mudah disaat kamu mengontrol nada suara sendiri.

3 Cara Untuk Melatih Vocal Dengan Baik

penyanyi

 

1#. Rileks.

Semua badan mulai dari kepala sampai diujung kaki harus diberi agar latihan jadi santai.

Misalnya, ambil nafas secara perlahan-lahan, lalu hembuskan. Terus diulang-ulang tapi denagn teratur.

Dengan cara menghembuskan nafas badan kamu boleh dibungkukkan ( seperti posisi rukuk), tapi kepala tidak boleh melihat kedepan tapi kebawah (bahkan melihat kebelakang dengan cara lewat kolong kaki), lemaskan kedua tangan kearah bawah.

Agak sedikit digoyangkan supaya lebih rileks, ( posisi ke-2 telapak kaki lurus kedepan dengan jarak yang sejengkal diantara keduanya).

Naik dengan perlahan-lahan, lalu angkat badanmu, tetapi tumppu kekuatan lewat punggung. Jadi kamu akan merasakan tulang bagian belakang kamu akan naik keatas dengan pelan-pelan dan mengikuti badanmu yang berdiri tegak. Bisa bernafas teratur.

Kalau kamu ada kawan, kamu bisa menyuruhnya untuk memijat punggung kamu sambil naik yan menuju keadaan tegak, cara ini sangat membantu dalam proses rileksasi.

2#. Latih pada bagian rahang dengan huruf”vocal dan konsonan.rahang juga harus rileks.

A, I, U, E, O

latihan diafragma:

huruf K-Ch-K-ch-sssstt-th. dengan nada cepat.

hoo-ho-ho…ha-ha-ha

Lalu latihan bagian nasal (hidung):

“nnya-nya-nya” melakukan dengan yang benar-benar menekankan suara cempreng dari nose (hidung).

selanjutnya latihan bibir

nyanyikan urutan nada melalui bibir tertutup jadi suaranya bakal menjadi seperti

“brrrrr-brrrrr-brrr-brrr”

nyanyikan urutan nada, arpegio, secara staccato maupun legato.

melatih lidah

“Laa-la-la. ra ra ra, tatata.”

3#. Disaat kamu rileks, baru kamu boleh nyanyi.

Disaat bernyanyi, kamu harus konsentrasi sama target yang kamu inginkan. Nafas harus beraturan dan mengontrol kekuatan dengan baik.

Demikian lah pembahasan kali ini, lebih dan kurang saya mohon maaf, kalau ada jarum yang patah, jangan dispan didalam peti, kalau ada tulisan saya yang salah, mohon jangan disimpan kedalam hati. Semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Amin.

Incoming search terms:

  • cara agar suara menjadi bagus dengan cepat
  • cara cepat membuat suara bagus
  • cara membuat suara bagus
  • cara membuat suara menjadi bagus dalam waktu 1 minggu
  • cara membuat suara menjadi bagus
  • cara membuat suara
  • tiup lilin cara meninggikan suara
  • cara agar nafas panjang dan bulat supaya bisa bernyanyi
  • caranmwmbuat suara bagus
  • supya suarnya bgus cpt
  • cara membuat suara menjadi gerem
  • cara membuat suara menjadi tidak serik
  • cara membuat suara merdu dengan meniup lilin
  • suara bagus instan
  • pengalaman sering niup balon nafas kuat
  • cara membuat suara panjang
  • cara memnuat suara menjadi bagus
  • cara meraki power yang bagus dan copat
  • cari cara merakit power untuk fokal
  • caramembuwat suwara bergenit
  • cara paling cepat membuat suara bagus
  • cara membuat suara bangus
  • agar suara menjadi o
  • apa saja yang membuat suara bagus
  • bagaimana cara membuat suara yang bagus
  • buat suara bagus
  • cara agar suara bagus dengan cepat
  • cara cepat dan mudah untuk membuat suara menjadi tidak cempreng
  • cara cepat membuat suara panjang dan tinggi
  • cara cepat suara
  • cara membuat karakter suara bagus
  • Cara membuat power suara kita meningkat cepat
  • cara membuat suara bagus dngn cepat
  • cara membuat suara bagus se
  • agar nafas kuat tiup lilin