Cara Menyimpan Cabai yang Benar agar Tahan Lama dan Segar

Cara Menyimpan Cabai yang Benar agar Tahan Lama dan Segar – Cabai rawit adalah salah satu bumbu untuk memasak yang tidak dapat ditinggalkan begitu saja. Terlebih untuk masyarakat Indonesia, yang memang kebanyakan di antara dari mereka adalah pecinta dari masakan pedas. Karena saking banyaknya pecinta masakan pedas, sehingga banyak yang sering memakai cabai ini untuk bumbu masakan di rumah.

Baca juga: Resep Membuat Cumi Bumbu Kecap Sederhana yang Enak

Dengan begitu, permintaan akan cabai pun menjadi makin meningkat. Bahkan, karena alasan inilah membuat harga cabai juga menjadi selalu meningkat setiap waktu. Karena itulah, saat harga cabai sedang turun, banyak para ibu rumah tangga lebih suka membeli cabai ini ke dalam jumlah dan porsi yang banyak. Sehingga, mereka dapat mempunyai persediaan yang cukup di rumah.

Cara Menyimpan Cabai

Hanya saja, salah satu permasalahan yang kerap dihadapi adalah cabai yang telah dibeli tersebut biasanya mudah sekali busuk, dan membuatnya tidak dapat digunakan lagi jika tidak disimpan dengan benar. Maka dari itulah, penting untuk selalu memahami dan mengetahui bagaimanakah cara menyimpan cabai yang benar. Karena, seharusnya cabai itu dapat bertahan hingga berminggu-minggu sampai beberapa bulan.

Namun sayangnya kebanyakan cabai yang telah dibeli hanya dapat bertahan hingga beberapa hari saja. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah karena tidak begitu memperhatikan bagaimana cara menyimpan cabai yang benar. Karena itulah, bila Anda mengalami permasalahan seperti ini, sebaiknya jangan khawatir lagi! Karena masih ada banyak cara yang dapat dilakukan supaya cabai bisa bertahan lebih lama lagi dan menjadi tidak mudah busuk!

Selebihnya, simak saja caranya di bawah ini:

Pertama, sebaiknya ketika Anda menyimpan cabai tersebut, pastikan dulu untuk memilih cabai yang benar-benar berkualitas baik terlebih dahulu. Lihat baik-baik dengan cara memencet dibagian tengah cabai. Pastikan memilih cabai yang masih segar dan masih keras. Karena bila dari awal Anda membeli cabai yang tidak berkualitas, hal ini akan merugikan Anda. apalagi bila Anda membelinya dalam porsi besar.

Kedua, selanjutnya, simpan cabai itu di tempat yang kering dan tidak lembab. Bila cabai itu dibungkus memakai plastik ketika membelinya, maka keluarkan cabai itu dari plastik. Setelah itu, cobalah untuk mengangin-anginkan si cabai supaya tidak lembab. Karena hasil uap dari plastik ini membuat cabai menjadi lebih lembab.

Ketiga, bila sudah, simpan cabai ke dalam kulkas atau ke dalam lemari pendingin. Namun, pastikan untuk tidak menyimpannya dalam kondisi lembab dan basah. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan langsung mencucinya saat Anda baru saja membelinya. Cuci saja saat Anda akan memakainya. Sehingga, cabai bisa selalu segar dan lebih tahan lama.

Ke-empat, jika Anda tidak mempunyai lemari pendingin atau kulkas, maka simpan saja cabai ini ke dalam sebuah wadah yang ada lubangnya. Dengan begitu, cabai menjadi tidak lembab. Setelah itu, letakkan cabai ini pada ruang yang ada anginnya supaya cabai tidak lembab.

Itu tadi adalah beberapa cara menyimpan cabai yang benar. Sehingga, cabai bisa menjadi lebih segar dan tidak mudah busuk. Tentu saja tips di atas sangat berguna sekali untuk Anda yang sering membeli cabai ke dalam jumlah banyak. Sehingga, cabai di rumah selalu terlihat lebih segar dan tidak mudah membusuk dengan cara penyimpanan yang benar.