Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 10

Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 10 – Salah satu hal yang sering dipertanyakan oleh sebagian besar pengguna laptop adalah cara screenshot di laptop asus yang benar di Windows 10. Hal ini merupakan salah satu hal yang kerap dilakukan untuk sebagian besar orang yang ingin mengabadikan sebuah moment dan tampilan yang terdapat di layar laptop mereka.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Nippon Paint Exterior

Terdapat banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk dapat mengambil screenshot. Entah itu dari cara yang sederhana tanpa bantuan software, sampai dengan memakai bantuan dari 3rd party software. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara screenshot di laptop asus untuk Windows 10 yang paling mudah, antara lain:

cara screenshot di laptop asus

Memakai Tombol PrintScreen

Cara ini paling mudah untuk dilakukan ketika Anda ingin screenshot tampilan laptop Anda. salah satu caranya adalah dengan menekan tombol print screen dengan cara menekan PrtSc atau dengan cara menekan tombol Fn + PrtSc yang ada di dalam tombol keyboard. Dengan cara inilah, maka gambar yang ada dalam tampilan layarnya akan langsung tercopy ke dalam clip board. Setelah itu, Anda bisa langsung paste ke dalam aplikasi image editor, seperti memakai bantuan dari aplikasi Microsoft Paint.

Memakai Snipping Tools

Selanjutnya, cara screenshot di laptop asus yang kedua adalah dengan bantuan Snipping Tools. Tools ini bisa membantu Anda untuk mengambil gambar ke dalam beberapa metode. Misalnya saja, dengan metode free from snip, sebagai cara untuk mengambil gambar berdasarkan bentuk dan ukuran yang Anda inginkan.

Ada juga metode Rectangular Snip, yang artinya Anda bisa mengambil tampila gambar berbentuk persegi. Ada metode Window Snip, dengan mengambil gambar berdasarkan Window yang mau dipilih. Kemudian, ada juga metode Full Screen Snip, yang artinya mengambil gambar tampilan dengan ukuran layar yang penuh.

Dalam Windows 10, fitur Snipping tools ini sudah ditambahkan ke dalam fitur Delay yang berguna untuk memberi jeda pada waktu tertentu saat mengambil screen shoot.

Memakai Microsoft Snip

Anda mungkin tidak begitu mengetahui tentang aplikasi ini. Aplikasi yang satu ini telah dikeluarkan oleh Microsoft Garage. Aplikasi ini punya sebuah fitur untuk mengambil gambar secara instan dan cepat. Ada juga fitur untuk editing seperti image editor pada umumnya. Disini, ada pilihan seperti whiteboard, capture, dan juga camera.

Bila Anda ingin tahu bagaimana cara screenshot di laptop asus, maka Anda bisa langsung memilih capture. Selanjutnya, Anda tinggal drag cursor saja agar dapat mengambil bagian yang akan Anda ambil. Kemudian, gambar nanti akan secara otomatis masuk ke dalam whiteboard yang bisa Anda edit sesuka hati Anda, dan disimpans ecara langsung.

Kemudian sama seperti menggunakan Snipping tools, drag cusor untuk mengambil bagian mana saja yang ingin diambil.

Memakai Picpick

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengambil gambar di layar, sekaligus mengedit gambar tersebut dari basic sampai dengan advanced. Agar dapat menangkap layarnya, maka buka aplikasi ini dan tekan tombol print screen, atau PrtSc agar secara otomatis gambarnya masuk ke dalam jendela layar editor picpick.

Memakai Game Bar

Fitur yang bisa ditambahkan pada Windows 10 ini bisa membantu Anda untuk screen shot gambar dan merecord sebuah layar. Cukup tekan tombol Win + G saja untuk mengaktifkannya. Sedangkan, bila ingin mengambil gambar, maka tekan opsi screenshot atau menekan tombol Win + PrtSC + Alt.