Cara Tepat Mengatasi Touchpad Notebook Asus Bermasalah

Cara Tepat Mengatasi Touchpad Notebook Asus Bermasalah – Untuk kamu yang memakai Notebook Asus dan mengalami permasalahan seputar touchpad silahkan lihat cara tepat mengatasinya dari sulaidihasibuan.com dibawah ini.

Kebanyakan pengguna notebook dari Asus ini seringkali menonaktifkan fitur touchpad pada laptop hanya untuk sementara saja, akan tetapi saat menekan kombinasi tombol FN + F9 nyatanya touchpad tersebut tidak bisa bergerak.

Baca Juga: Tips dan Trik Mempercepat Koneksi Modem Smartfren

Cara Tepat Mengatasi Touchpad Notebook Asus Bermasalah


Silahkan cek tombol FN

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa fungsi dari tombol FN yakni dengan cara menekan kombinasi dari tombol FN + F11 [Volume Up] atau juga bisa dengan menekan tombol FN + F12 [Volume Down].

Jika volume suara jadi bertambah atau berkurang sesuai dengan tombol yang kamu tekan, itu berarti tombol FN masih bisa berfungsi dengan baik.

Namun jika setelah kombinasi tombol tersebut sudah ditekan dan tidak ada perubahan sama sekali dalam suara, maka silahkan kamu coba kombinasi tombol lainnya seperti FN + F2 [WiFi].

Periksa tombol F9

Sesudah tombol FN bisa berfungsi dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa tombol F9 yakni dengan menggunakan aplikasi kalkulator yang ada dalam windows notebook atau laptop yang kamu miliki.

Jika tombol F9 tidak bermasalah, maka akan terlihat tampilan tulisan negate (0) pada layar kalkulator tersebut.

Silahkan upgrade ATKACPI dan juga Hotkey

Sesudah kedua tombol yang sudah disebutkan diatas bisa berfungsi dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah update driver ATKACPI dan juga Hotkey dari notebook atau laptop kamu.

Kamu bisa pakai driver bawaan dari laptop kamu atau juga bisa dengan download update software terbaru pada website ASUS.

Setelah itu silahkan kamu ketik tipe notebook kamu pada kotak yang sudah disediakan dan jika sudah kamu temukan silahkan pilih operating system [sistem operasi] yang sesuai pada pilihan combo box lalu tunggu sebentar sampai tampil driver yang sesuai dengan yang kamu mau.

Sesudah itu silahkan kamu pilih kelompok ATK untuk download driver ATKACPI dan juga Hotkey dan sesudah selesai download maka silahkan kamu install seperti biasa dan restart kembali notebook atau laptop kamu.

Upgrade Driver ASUS Smart Gesture [Touchpad Driver]

Sesudah kamu berhasil update driver ATKACPI, maka langkah selanjutnya adalah update touchpad driver dengan cara sama seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Untuk touchpad driver yang ada dalam kelompok touchpad, maka silahkan kamu download lalu install dan restart notebook kamu.

Jika tahapan ini juga sudah kamu lakukan, maka silahkan kamu coba kombinasi FN + F9 sehingga touchpad kamu bisa di non aktifkan sementara dan di aktifkan kembali saat kamu perlukan.