Tips Mengkonsumsi Daging Kurban tanpa Efek Samping

Tips Mengkonsumsi Daging Kurban tanpa Efek Samping – Kemarin seluruh umat muslim sama-sama merayakan hari raya Idul Adha. Hal ini ditandai dengan proses penyembelihan dari binatang yang dikurbankan. Kambing dan sapi adalah contoh binatang yang sering dikurbankan saat berada di Indonesia. Maka dari itulah, tak heran bila ketika hari raya Idul Adha ini berlangsung, ada banyak sekali hidangan dari daging kurban yang disajikan di dalam menu meja makan setiap orang.

Entah itu berupa, gulai kambing, sate kambing, rawon, dll. Semuanya memang benar-benar dapat menggugah selera! Namun meskipun begitu, bila Anda mengkonsumsinya sampai berlebihan, hal ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. yaitu, bisa mengalami masalah sembelit dan juga kolesterol jahat bisa semakin meningkat. Maka dari itulah, supaya Anda bisa terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan dan dampak buruk dari daging ini, sebaiknya simak dulu tipsnya di bawah ini:

  1. Ketika Anda mengkonsumsi daging sapi atau daging kambing, sebaiknya imbangi juga dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang cukup. Sehingga, makanan ini dapat mengurangi dampak buruk dan efek samping dari mengkonsumsi daging yang berlebihan.
  2. Ada baiknya bila daging hewan kurban tersebut dimasak menjadi sebuah hidangan sop atau sate dari pada memasaknya menjadi gulai. Karena bila dimasak dengan gulai itu umumnya lebih pekat dan lebih banyak kandungan kolesterolnya.
  3. Jangan menyantap daging kurban ini secara berlebihan di waktu singkat. Akan lebih baik bila Anda menyantapnya sedikit demi sedikit saja.
  4. Jangan pernah makan daging ini 2 jam sebelum tidur. Karena bila Anda mengkonsumsinya sebelum tidur, dijamin Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Bahkan untuk memulai tidur juga menjadi lebih sulit. Karena pada dasarnya, daging itu merupakan sumber energi terbaik dalam tubuh. Dengan mengkonsumsinya, maka energi Anda menjadi bertambah dan meningkat. Otomatis Anda menjadi tidak bisa tidur dengan mudah.
  5. Kurangan mengkonsumsi makanan yang berlemak yang lainnya. Misalnya saja, seperti mengkonsumsi keju dan coklat saat sedang mengkonsumsi daging yang banyak. Karena semakin banyak lemak yang Anda santap, hal ini bisa membuat Anda mengalami masalah kolesterol yang berlebihan juga.
  6. Dengan minum teh yang manis ataupun sirup dalam kondisi hangat itu bisa mengurangi resiko dari bahaya mengkonsumsi binatang kurban ini.
  7. Setidaknya Anda harus tetap minum air sebanyak 8 gelas sampai dengan 10 gelas per hari agar tidak mengalami sembelit.
  8. Anda juga harus tetap melakukan olah raga yang ringan saat masa hari raya Idul Fitri ini berlangsung. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari efek samping dan pengaruh makan daging kurban ini. Sehingga, tubuh Anda juga menjadi lebih sehat dan lebih fit.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara paling mudah untuk membuat Anda bisa terhindar dair masalah setelah mengkonsumsi daging kurban. Setidaknya dengan melakukan dan memperhatikan beberapa hal dan tips di atas, hal ini akan membuat tubuh Anda tetap sehat. Meskipun Anda mungkin awalnya takut untuk menyantapnya, namun sebenarnya itu tak jadi masalah asalkan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Karena sebenarnya tidak ada yang salah dengan daging yang Anda santap. Karena daging itu memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk membuat tubuh Anda tetap terjaga dan lebih berenergi sepanjang hari.