Tips Menyiapkan Dana Pensiun untuk Non PNS

Tips Menyiapkan Dana Pensiun untuk Non PNS – Ternyata saat ini tidak hanya sekedar orang PNS saja yang memiliki jaminan di masa pensiun. Namun, para karyawan swast juga memiliki dana untuk tunjangan di hari tua yang lebih banyak pilihannya dan juga lebih variatif lagi. Namun meskipun begitu, dengan adanya tunjangan di hari tua itu kerap dijadikan sebagai salah satu ajang terbaik untuk berlomba-lomba menjadi seorang PNS, TNI, dan polisi di Indonesia.

dana pensiun

Karena memang setiap pegawai institusi dari pemerintah itu selalu mendapat fasilitas dana pensiun ketika mereka memiliki masa kerja yang sudah selesai dan berakhir. Uang tunjangan penisun untuk TNI, PNS, dan Polri itu diatur oleh sebuah lembaga khusus.  Namun meskipun begitu, sebenarnya tak perlu berkecil hari. Karena, meskipun Anda bukan seorang PNS, dan hanyalah seorang pekerja swasta, Anda masih bisa memiliki tunjangan pensiun ini di masa tua dengan cara di bawah ini:

Mengikuti Program DPLK

DPLK ini adalah sebuah program dana penisun oleh pihak lembaga keuangan, dari perusahaan asuransi dan pihak bank. Untuk ikut serta itu dibutuhkan sebuah pembukaan rekening DPLK terlebih dahulu. Selanjutnya, tugas Anda adalah melakukan setoran uang setiap bulan berdasarkan target yang memang diharapkan diterima ketika masa kerja Anda berakhir. Di samping perorangan, kini para perusahaan swasta juga dapat mendaftar progam ini untuk dana pensiun para karyawannya.

Keuntungan dari DPLK ini jauh lebih besar dari ketika Anda menabung biasa di sebauh bank. Karena, bunga yang telah ditawarkannya sangat besar di setiap tahun. Yaitu, mencapai 7% setiap tahun. Dana ini sendiri hanya dapat dicairkan atau dipakai ketika Anda telah menyelesaikan masa usia kontrak yang telah disepakati dengan bank. Umumnya, masa kontrak itu berakhir di usia pensiun normal. Yaitu sampai 55 tahun.

Bila Anda telah mencapai dalam usia batasan kontrak, maka Anda dapat mencairkan dana ini dengan menggunakan sistem bagi 20 : 80. Dimana 20% bisa ditarik secara langsung, sedangkan untuk 80% bisa ditarik dengan cara anuitas di setiap bulan. Sehingga, hal ini membuat Anda tetap memiliki pemasukan pada setiap bulan sekalipun Anda sedang tidak bekerja.

Reksadana

Reksadana itu adalah salah satu produk investasi untuk jangka panjang yang sedang popular saat ini. Anda dapat membuka sebuah rekening reksadana ini lewat bank dan juga lembaga keuangan yang lain.  Dana itu nanti akan langsung dikelola oleh pihak manager investasi dan Anda nanti bisa mendapat nilai unit terhadap penyertaannya. Hasil uang untuk setiap bulan yang akan diterima ini tidak tetap. Karena nantinya ada kaitannya dengan perfoma dari investasi yang akan dipilih.

Jika investasi yang Anda pilih tersebut sedang baik, hal ini bisa membuat nilai dari returnnya menjadi makin tinggi. Namun makin besar return yang dipilih itu umumnya punya resiko investasi yang lebih tinggi juga. Untuk jenis reksadana itu pencairan uangnya sanagt fleksibel. Anda dapat menguangkan secara keseluruhan dalam sekaligus. Tidak ada batasan waktu dari kontrak yang diajukan. Karena Anda dapat mencairkannya kapan pun.

JHT BPJS Ketenagakerjaan

Saat ini setiap perusahaan harus mendaftarkan karyawannya ke dalam program yang satu ini. Bahkan, kini Anda juga bisa mengajukan keanggotaannya secara mandiri, tidak lewat perusahaan lagi. Iuuran yang akan ditanggung oleh pegawai dan perusahaan akan menjadi tanggungan mereka sendiri. Untuk pembagiannya adalah sebanyak 3,7 % dari nilai yang telah dibayarkan oleh perusahaan. Sedangkan karyawan harus membayar sebanyak 2% saja.