Danau Kastoba, Danau Indah di Tengah Pulau Bawean

Danau Kastoba, Danau Indah di Tengah Pulau Bawean – Di samping pantai dan pulaunya yang indah, pulau ini juga memiliki danau yang begitu indahjuga eksotis. Danau ini dinamakan sebagai Danau Kastoba. Danau ini sama seperti namanya yang ada di Sumatera Utara. Namun, 2 danau itu sebenarnya cukup berbeda. Maka dari itulah, setiap kali menyebut danau ini, mengingatkan akan danau yang ada di Sumatera Utara.

Baca juga: Misteri Keindahan Air Terjun Ngleyangan Kediri

Namun, 2 danau itu cukup berbeda. Maka dari itulah, setiap kali menyebutkan danau yang ada di pusat pulau Bawean ini, selalu saja berawalan dengan penjelasan bahwa danau ini beda dengan Danau Toba.

Lokasi Danau

Danau ini berada di desa Paromaan, di Candi Kecamatan Tambak, di Pulau Bawean, Gresik. Hanya membutuhkan waktu selama 1 ½ jam saja jika menempuh perjalanan dari arah Dermaga Sangkapura, yang melewati jalanan dari lingkar Bawean. Agar bisa sampai ke area danau yang dekat dengan cerita mistis dan legenda ini, Anda harus melakukan banyak usaha.

Danau Kastoba

Bahkan, bila dilewati dengan berjalan kaki, maka Anda harus menempuh sejauh melebihi dari 1 km atau setara dengan 25 menit untuk bisa naik sampai ke puncak bukit. Karena memang danau yang satu ini ada di atas bukit yang sangat tinggi. Terdapat ratusan anak tangga yang wajib dilewati, yang lengkap dengan semak belukarnya yang terdapat di kiri jalan dan kanan jalan. Sehingga, Anda harus benar-benar berhati-hati agar bisa sampai ke atas danau.

Namun, semuanya akan langsung terbayar saat Anda telah memijakkan kaki Anda ke area tepi danau. Karena pemandangan disana masih asri dan terlihat hijau. Hal ini dikarenakan masih banyaknya pepohonan raksasa yang masih rindang. Selain itu, air danaunya juga masih sangat jernih dan bersih. Sehingga, hal ini akan menjadi obat untuk lelah Anda karena harus berjalan melewati bukit yang tinggi dan jauh.

Belum lagi masih ada juga banyak sekali ikan yang kecil yang menari-nari yang bisa dilihat di tepi danau. Karena pemandangan inilah membuat suasananya menjadi terlihat lebih damai dan lebih tenang dari danau seluas 725 Ha ini. Lokasinya sangat sejuk. Tak heran jika ini membuat siapapun selalu betah berlama-lama di danau ini.

Dikarenakan airnya yang masih bersih dan jernih, hal ini membuat kegiatan berenang menjadi kegiatan paling cocok di danau ini. Bahkan, berdasarkan kepercayaan dari orang Bawean mengatakan bahwa mandi di Danau Kastoba ini bisa membuat Anda awet muda. Maka dari itulah, jangan pernah ragu untuk menceburkan semua anggota tubuh Anda untuk merasakan segarnya air dari ketinggian tempat tersebut.

Hanya saja, tidak semua orang boleh mandi di tempat ini. Karena, bila wanita sedang haid atau datang bulan, maka mereka dilarang mandi di dalam danau ini. Hal ini dikarenakan bisa membahayakan dirinya sendiri. Meskipun ini adalah kepercayaan dari orang Bawean di masa lalu. Namun, agar dapat menghargai kepercayaan itu, sebaiknya jangan mandi di danau ini saat sedang menstruasi.

Menariknya lagi adalah, ternyata Danau Kastoba ini telah menjadi sebuah Cagar Alam. Hal ini telah ditetapkan oleh pihak menteri Pertanian di tanggal 5 Desember tahun 1979 yang lalu. Maka dari itulah, Anda dilarang melakukan hal yang dapat merusak lingkungan. Misalnya saja seperti membuang sampah di sembarangan tempat.