Pentingnya Memahami Diet Makanan Mentah untuk Anjing

Pentingnya Memahami Diet Makanan Mentah untuk Anjing – Nutrisi merupakan asupan paling penting untuk anjing. Banyak orang sering berpikir dengan memberikan makanan mentah itu jauh lebih kaya dengan nutrisi dan jauh lebih alami bila dibandingkan dengan makanan kering.  Banyak orang berpikir juga bahwa makanan mentah itu merupakan makanan yang terbaik untuk anjing. Karena memang makanan mentah inilah yang selalu disantap oleh anjing sat mereka hidup di alam liar.

Baca juga: Resep Masakan Martabak Mie Omelet Mini Sederhana

Namun, apakah Anda yakin bahwa makanan mentah itu jauh lebih bernutrisi untuk anjing dan tidak akan berisiko untuk anjing? Maka dari itulah, sebelum Anda memberi diet makanan mentah untuk anjing Anda, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui di bawah ini:

Bahaya E. Coli dan Salmonella

Memberi anjing daging mentah itu bisa meningkatkan potensi anjing terkena masalah penyakit E. Coli dan juga salmonella. Bahkan, sebuah jurnal penelitian yang telah ditulis oleh pihak British Medical Journal Publication menuliskan seputar produk makanan anjing yang mentah, ada sebanyak 86 % daging mentah membawa bakteri E. Coli, ada juga 20% membawa bakteri yang disebut dengan Salmonella.

Diet Makanan Mentah

Tidak hanya kedua bakteri itu saja, peneliti yang berasal dari Universitas Utrecht, di Belanda, juga menemukan sebuah Listeria dengan 15 sampel daging mentah. Namun, apakah makanan ini jauh lebih sehat dari pada produk makanan kering? Bahkan, sampai saat ini, pihak peneliti belum dapat membuktikan bahwa anjing dapat menjadi jauh lebih sehat bila anjing mengkonsumsi makanan mentah bila dibandingkan mengkonsumsi produk makanan anjing yang komersial.

Mereka juga mengatakan bila makanan mentah itu kemungkinan justru memiliki nutrisi yang lebih sedikit, bila dibandingkan dengan makanan yang kering. Dilihat dari segi nutrisinya,  diet makanan mentah ini punya kekurangan dibagian nutrisinya dan dapat membahayakan kesehatan si anjing, ketika bila anjing tersebut masih tumbuh.

Bisa Menularkan Penyakit ke Manusia

Tidak hanya anjing saja yang dapat terkena bakteri E. Coli dan juga bakteri Salmonella, namun Anda juga bisa kena. Kedua bakteri tersebut sangat berbahaya sekali dan bakteri yang lain ternyata juga dapat berpindah dari anjing menuju manusia. Perpindahan bakteri tersebut dapat terjadi lewat anjing yang tidur di tempat tidur yang sama ataupun lewat kontak menggunakan perabotan rumah dan juga jilatan pada anjing.

What should you do?

Bila Anda ingin mencoba diet makanan mentah untuk anjing kesayangan Anda, ada baiknya bila Anda konsultasikan hal ini pada dokter hewan Anda lebih dulu. Dimana secara umum yang wajib Anda perhatikan disini adalah dilihat dari segi tingkat kebersihan dari makanan mentah itu sendiri. Hanya saja, Diana Laverdure Dunetz, sebagai ahli nutrisi anjing telah menyampaikan beberapa peraturan yang wajib Anda ikuti bila Anda ingin memberi makanan mentah untuk anjing kesayangan Anda. Beberapa peraturan itu adalah sebagai berikut ini:

  1. Pilih daging yang punya kandungan lemak kurang dari 10%. Karena jika daging tersebut mengandung lemak yang tinggi kalori, justru makanan ini tidak akan memberikan mineral, vitamin, dan juga nutrisi yang lain.
  2. Beri tulang yang tidak ada kulit, daging, dan lemak. Namun jangan juga beri tulang secara berlebihan. Karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan. Misalnya saja seperti tulang paha sapi, yang bukan dari tulang ayam.
  3. Bila anjing sedang mengalami masalah pencernaan, sebaiknya jangan beri makanan mentah sedikitpun. Karena perut dan usunya tidak dapat membasmi bakteri dengan baik.