Fakta Dibalik Leher Tengeng Harus Digarisbawahi!

Fakta Dibalik Leher Tengeng Harus Digarisbawahi – Pernahkah Anda mengalami ketika bangun tidur merasa sakit dibagian pundak dan leher yang benar-benar sangat menyiksa? Bahkan, hal ini bisa membuat Anda sampai kesulitan untuk menengok sekaligus menggerakkan leher dan pundak. Gejela dari leher tengeng yang seperti ini umumnya dapat terjadi kapan saja dan dapat dialami oleh siapa saja. Bahkan, masalah ini juga ternyata bisa terjadi ketika tubuh Anda sedang baik-baik saja.

Baca Juga : Dampak Minum Air ketika Makan, Ini Faktanya!

 

Banyak orang mengira bahwa masalah ini dikarenakan masuk angin dan salah dalam posisi tidur. Namun, ternyata selain 2 hal tersebut, ada beberapa fakta penting dari masalah leher tengeng ini yang harus diketahui, seperti di bawah ini:

Fakta Dibalik Leher Tengeng Harus Digarisbawahi!

Pertama, masalah ini kerap disebut juga dengan istilah tengeng, yang artinya adalah kram dibagian leher dan juga pundak. Masalah yang satu ini sering disebut juga dengan sebutan sebagai tortikolis spasmodik dalam istilah dunia medis.

Tubuh setiap manusia tersusun atas sekumpulan otot besar dan otot kecil yang berguna untuk mendukung proses pergerakan dalam bagian tubuh. Namun, ada saatnya otot dalam tubuh bisa juga mengalami kram, kaku, dan bahkan merasa sakit saat sedang digerakkan. Ini juga bisa terjadi saat Anda berolahraga secara berlebihan, tanpa dilakukan sebuah pemanasan terelbih dahulu. Masalah ini juga bisa terjadi saat Anda lama tidak bergerak.

Misalnya saja karena duduk diam tanpa melakukan pergerakan apa saja. Hal yang sepele seperti ini bisa menyebabkan terjadinya masalah kram pada leher dan membuat leher menjadi sakitnya minta ampun. Tengeng itu sendiri kerap dikaitkan dengan masalah sakit leher yang bisa membuat penderitanya kesulitan untuk menengok.

Kedua, seorang penderita leher tengeng ini umumnya akan menjadi kesulitan untuk tidur nyenyak. Merasa kaku dan keras dibagian leher saat sedang dipegang. Merasa sakit kepala dan juga pusing. Serta, kelelahan di bagian otot mata.

Ketiga, namun dari sekian banyak penyebab di atas, ternyata masalah pada leher ini juga bisa saja terjadi karena stress yang berlebihan. Karena terlalu tegangnya pikiran, tengeng juga bisa saja terjadi pada seseorang tersebut. bagaimanapun juga, sakit fisik dan semua permasalahan pada kesehatan yang diakibatkan oleh dampak psikologis ini disebut juga dengan sebutan gejala psikosomatis. Masalah ini Cuma bisa disebumbuhkan dengan bantuan relaksasi dan terapi saja.

Ke-empat, di samping stress yang berlebihan, posisi tidur yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab dari masalah leher tengeng ini. Ini adalah salah satu faktor klasik yang sering membuat seseorang mengalami sakit leher hingga kesulitan untuk menengok. Bantal yang ketinggian, terlalu empuk, dan terlalu keras itu justru bisa menyebabkan terjadinya masalah pada leher yang sangat menyiksa. Maka dari itulah, usahakan untuk selalu memperhatikan posisi tidur Anda senyaman mungkin dan jangan berada dalam 1 posisi yang sama selama sepanjang malam. Sehingga, otot leher menjadi tidak kram dan tidak tegang lagi.

Kelima, ternyata banyak orang tidak tahu bahwa kelaparan juga bisa menyebabkan terjadinya leher tengeng.  Meskipun hal ini jarang terjadi, namun ternyata ada juga sejumlah kasus yang menyatakan bahwa kelaparan itu bisa membuat kondisi fisik otot dan syaraf seseorang menjadi berpengaruh. Yang mana kemudian bisa tegang dan bahkan menjadi kaku. Maka dari itulah, sebaiknya jangan pernah melakukan diet yang berlebihan. Agar tidak terjadi masalah pada otot bagian leher Anda.