Fasilitas Pendukung Pantai Tamban di Malang

Fasilitas Pendukung Pantai Tamban di Malang – Salah satu tempat wisata alam yang popular di Malang, adalah pantai Tamban. Pantai ini berada di Tambakrejo, di Sumbermanjing Wetan, di Kab. Malang, di Jawa Timur. Luas pantainya sendiri berukuran 1.500 m dengan hamparan pasir putih pantai yang luas.

Baca juga: Situ Patenggang, Wisata Alam Ciwidey Paling Menakjubkan

Ada juga deretan bebatuan di sepanjang tepi pantai, membuat bebatuan ini mampu meningkatkan komposisi pesona dari pantai ini. Pesisir pantainya benar-benar menakjubkan, dan membuat siapapun ingin selalu memandang jauh tepat ke laut lepas. Menariknya lagi adalah, ternyata pantai ini memiliki ombak yan glabil ada waktunya ombak yang datang terlihat tenang. Namun, ada juga waktunya saat ombak bisa berubah menjadi sangat ganas dan besar dalam waktu-waktu tertentu.

 

Di pantai ini juga ada sejumlah pulau kecil, beserta tebing yang membuat panorama alamnya menjadi semakin lebih sempurna. Selain itu, ada pula sebuah muara Kedung Ijo yang memiliki air yang segar dan bening, tepat mengalir melewati area tebing yang dipenuhi oleh bebatuan raksasa yang ada disana.

Di samping memiliki panorama keindahan alam yang sangat indah, pantai inijuga punya sejarah yang cukup menarik yang ada kaitannya dengan namanya. Tamban itu sendiri disebut juga dengan tombo, dalam istilah bahasa Jawa, kata ini berarti sebuah obat. Nama pantai ini disebut juga dengan pantai Tamban karena dulu air pantainya pernah menjadi sebuah perantara atas kesembuhan sebanyak 3 kyai yang telah membabat hutan di area pantai. Yaitu Kyai mangun, Kyai Ngastowo, dan juga Kyai Yaser.

Di kisahkan dalam  ketiga kyai itu sesudah meminta restu sesepuh desa Suwaru, yaitu kyai Truono Sumitro. Namun di proses pembukaan hutan itu, mereka merasa kehausan dan akhirnya sakit. Karena sulit sekali untuk mencari air tawar, akhirnya ketiganya terpaksa minum air kotor yang telah ditemukannya. Namun, rasa sakit dan hausnya tidak hilang, bahkan air rasanya menjadi pahit.

Singkat cerita, mereka telah mencoba minum air laut, namun rasanya justru tidak asin, namun tawar. Anehnya adalah ketiganya langsung sembuh dalam waktu itu juga. Maka dari itulah, pantai ini disebut juga dengan pantai Tamban. Karena airnya berguna untuk obat.

Kegiatan di Pantai Tamban

Di pantai ini, Anda bisa bermalas-malasan, bersantai, menyewa perahu, memancing, berenang, dll. Anda juga dapat melakukan snorkeling di pantai ini. Namun, Anda harus membawa peralatannya sendiri dari rumah. Ada juga ban yang tersedia untuk disewakan di pantai ini untuk membuat Anda dapat bermanja-manja tepat di atas air.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Bila Anda lapar, maka Anda tidak perlu bingung lagi. Karena di pantai ini juga sudah ada penjual makanan yang lengkap sekali dengan kamar mandinya dan juga toilet. Disinilah Anda bisa menikmati santapan menu berupa ikan bakar dan juga ikan segar. Ada juga lahan parkir yang cukup luas.

Anda bisa mendiirkan sebuah tenda, bila Anda ingin bermalam disini. Bisa juga dengan menyewa sebuah tempat penginapan, yang bermacam-macam. Ada yang dapat memuat 2 orang, sampai dengan 10 orang. Ada juga perahu wisata yang dapat menampung sebanyak 12 orang penumpang.  Harga tiket masuk ke pantai Tamban ini adalah 6 ribu rupiah per orang. Jika Anda ingin liburan yang hemat, maka tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke pantai ini.