Mau Jadi Freelance? Siapkan Ini Dulu!

Mau Jadi Freelance? Siapkan Ini Dulu – Apakah Anda mulai ragu untuk menjadi seorang freelance atau pekerja lepas? Tenang! Karena sebenarnya asalkan dengan persiapan yang matang dan baik, maka karir Anda untuk menjadi seorang pekerja lepas akan berjalan dengan lancar. Bahkan, hal ini juga berlaku sama untuk saya yang juga menjadi seorang pekerja lepas. Berkat pekerjaan yang saya tekuni inilah membuat saya bisa memenuhi kebutuhan keluarga saya dan juga binatang peliharaan saya.

freelance

Jadi, bila saat ini Anda mulai lelah karena selalu terjebak oleh lalu lintas yang selalu macet dan bosan terhadap pekerjaan Anda karena Anda harus selalu pulang malam, maka kini Anda bisa menjadikan pekerjaan sebagai pekerja lepas sebagai salah satu solusinya! Meskipun dalam pekerjaan ini tidak terikat oleh badan usaha, namun ada banyak kelebihan dan keuntungan yang didapatkan bila Anda menjadi seorang pekerja lepas.

Salah satunya adalah punya banyak kebebasan dan memiliki waktu yang lebih fleksibel dibandingkan mereka yang bekerja di sebuah perusahaan konvensional. Namun sayangnya, ternyata masih ada banyak orang yang mau menjadi seorang pekerja lepas. Salah satunya adalah, karena seorang pekerja tetap itu umumnya memiliki penghasilan yang tidak tetap. Padahal, ketakutan ini sangat salah besar sekali!

Banyak orang saat ini menjadi seorang pekerja lepas, bahkan gaji mereka bisa melebihi dari orang-orang yang bekerja di sebuah perusahaan. Maka dari itulah, bila Anda ingin menjadi seorang freelance, maka sebaiknya persiapkan ini dulu agar apa yang Anda jalani bisa berjalan dengan lancar, antara lain:

Harus Memiliki Tabungan

Hal yang satu ini sangat penting sekali. Saat Anda akan menjadi seorang pekerja lepas, maka ini sebenarnya tak jauh berbeda dari mereka yang berperan sebagai seorang pekerja serabutan yang kerap tidak punya pekerjaan. Terlebih di awal karir menjadi seorang pekerja lepas, tentu saja Anda mungkin belum tentu akan mendapat project atau sebuah pekerjaan dari orang lain. Maka dari itulah, sebelum menjadi seorang pekerja lepas, maka persiapkan dulu tabungan Anda dengan matang-matang.

Setidaknya, Anda harus memiliki tabungan sebanyak 3x dari gaji Anda setiap bulan untuk bertahan hidup, selama Anda menjadi pekerja lepas. Dengna begitu, Anda tidak akan terkatung-katung atau bahkan terpaksa berhutang saat Anda belum memiliki pekerjaan yang tetap.

Hitung dengan Cermat!

Meskipun dengan bermodalkan sebuah keahlian khusus saja Anda dapat menjadi seorang yang sukses untuk seorang freelance, namun tetap saja ini belum cukup. Karena mempunyai sebuah keahlian saja itu belum cukup membuat Anda menjadi sukses bila Anda belum punya kemampuan untuk mengontrol dan mengatur keuangan Anda. Meskipun banyak orang bilang bahwa bekerja di rumah itu bisa lebih hemat, namun sebenarnya hal ini tidak selalu benar.

Mau tahu alasannya?

Karena saat Anda menjadi seorang pekerja lepas di rumah, maka Anda punya banyak waktu di dalam rumah. Sehingga, Anda memiliki banyak waktu yang kosong yang bisa digunakan. Nah, dari sinilah justru dengan adanya waktu kosong ini sering kali membuat jumlah pengeluaran Anda menjadi semakin lebih meningkat dari biasanya. Ini baru masalah pengeluaran saja dalam menggunakan waktu luang Anda dengan baik.

Masih belum termasuk dengan masalah tagihan rutin, dari pembayaran listrik, angsuran kartu kredit, pembayaran air, dll. Maka dari itulah, sebelum Anda menjadi seorang pekerja lepas, maka pastikan dulu bahwa penghasilan rutin yang Anda dapatkan tersebut harus  sama atau bahkan lebih banyak dari saat Anda menjadi seorang pegawai kantoran.