Tidak Hanya Nyeri Pinggang, Ini Gejala Ginjal Bermasalah

Tidak Hanya Nyeri Pinggang, Ini Gejala Ginjal Bermasalah – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting sekali dalam menyaring semua racun yang ada di dalam tubuh manusia setiap hari. Ginjal itu sendiri bentuknya seperti sebuah kacang merah dan berada dibagian kanan dan kiri, tepat di bawah dari tulang iga. Ginjal ini setiap hari harus dapat menyaring sebanyak 10 L sampai dengan 150 L darah agar dapat menghasilkan 1 L sampai dengan 2 L urine setiap hari, yang tersusuna tas bahan yang tidak berguna dan cairan yang berlebihan.

Baca Juga : Kill dalam Mobile Legend itu Tidak Penting!

Karena peran dan fungsi ginjal dalam tubuh itu sangat penting sekali, sehingga saat ginjal bermasalah, otoamtis tubuh akan meresponnya dengan cepat dan memperlihatkan beberapa gejala. Maka dari itulah, sebaiknya amati beberapa hal di bawah ini agar Anda bisa tahu apakah ginjal Anda sedang bermasalah atau tidak, antara lain:

Tidak Hanya Nyeri Pinggang, Ini Gejala Ginjal Bermasalah

Pertama, salah satu pertanda bahwa ginjal sedang bermasalah ini bisa terlihat dari permasalahan ketika sedang buang air kecil. Karena fungsinya adalah untuk memproduksi urine, sehingga saat ginjal mulai bermasalah, maka pola buang air kecil juga menjadi bermasalah juga. Maka dari itulah, jika perubahan perkemihan mulai berubah seperti di bawah ini, Anda harus lebih waspada lagi:

  • Tekanan aliran air ketika sedang buang air kecil berubah, sering tidak lancar dan tersendat.
  • Keinginan untuk buang air kecil lebih sering di malam hari, namun jumlahnya sedikit dan sering tersendat-sendat atau bahkan tidak keluar sama sekali.
  • Warna urine menjadi lebih gelap dan frekuensinya jarang atau sedikit-sedikit.
  • Urine yang berbusa, karena kandungan protein tinggi yang tidak tersaring dengan baik.
  • Urine yang bercampur darah sebagai pertanda bahwa ginjal sedang bocor.

Kedua, ginjal bermasalah ini bisa terlihat dari adanya pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Misalnya saja seperti tangan, kaki, dan wajah. Hal ini dikarenakan cairan yang menumpuk akibat dari ginjal yang tidak dapat menyaring cairan ini mulai menumpuk pada jaringan tubuh. Dengan begitu, terjadilah pembengkakan, di area wajah, tangan, dan kaki. Selain itu, protein yang ada di dalam tubuh jgua tidak dapat tersaring dengan sempurna. Sehingga, menjadi bercampur dengan urine. Akibatnya, tangan dan kaki mulai bengkak secara tidak wajar, begitu juga pada mata. Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera periksakan diri Anda sebelum bertambah parah dan terjadi komplikasi di dalam organ hati dan juga organ jantung.

Ketiga, selain itu ginjal bermasalah ini juga dapat terlihat saat nafas menjadi sesak, suara yang menjadi serak, dan terjadi permasalahan yang lain di bagian sistem pernafasan. Hal ini tejraid karena adanya penumpukan cairan yang ada dalam tubuh. Saat kerja ginjal berat, cairan menajdi menumpuk di bagian jaringan tubuh yang lain. Sehingga, hal ini membuat pasokan oksigen dalam tubuh menjadi menurun. Tak heran bila nafas menjadi terengah-engah meskipun tidak memiliki riwayat ssak nafas. Suara juga menjadi agak berat dan agak serak.

Ke-empat, kulit sering terasa kering dan gatal. Hal ini sebagai pertanda bahwa ginjal bermasalah, karena kotoran dalam tubuh menjadi tidak terbuang dengan baik. Sehingga,  hal ini membuat kulit menjadi mulai kering dan terasa gatal. Karena ginjalt idak dapat mengontrol keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah. Hal ini karena kadar ureum mulai menyebar ke dalam darah. Akibatnya, tubuh melakukan kegiatan untuk menghilangkan racun dengan cara melewatkannya pada bagian pori-pori kulit.