Review Wisata Goa Pinus Pujon Batu Malang

Review Wisata Goa Pinus Pujon Batu Malang – Goa Pinus Pujon adalah salah satu tempat wisata di Batu, Malang yang cukup menarik. Tempat wisata alam ini cocok sekali dijadikan sebagai tempat liburan alam yang terbaik saat ini. Pasalnya, lokasinya sendiri ada di kawasan pegunungan yang udaranya sangat sejuk. Sehingga, hal ini membuat tempat ini cocok sekali jika dijadikan sebagai tempat untuk berlibur nantinya.

Baca Juga: Wisata Unik The World Landsmarks Merapi Park di Yogyakarta

Khusus untuk orang yang sibuk dengan pekerjaan mereka, maka Anda akan merasa cocok sekali dengan tempat wisata yang satu ini. Karena kawasannya masih sangat asri, sehingga, tempat ini cocok sekali untuk Anda.

Review Wisata Goa Pinus Pujon Batu Malang

Review Goa Pinus Pujon

Goa Pinus Pujon yang satu ini adalah tempat wisata yang lagi hangat diperbincangkan di kota Batu dan di berbagai media sosial. Banyak sekali para pemakai media sosial yang penasaran dengan sejumlah spot fotonya yang diberikan oleh tempat wisata yang satu ini.  Awalnya, sebenarnya goa ini merupakan sebuah tempat untuk menambang pasir. Namun, dengan kreatifitas yang dilakukan oleh pihak pengelola setempat, hal ini membuat tempat ini dapat disulap menjadi sebuah tempat wisata yang sangat menarik.

Ada banyak sekali spot foto yang telah disediakan dalam goa yang satu ini. Misalnya saja seperti gardu padang yang dapat digunakan untuk menikmati keindahan panorama alam yang terdapat dari atas perbukitan. Selain itu, ada juga udara yang masih segar yang membuat semua pikiran yang berkunjung menjadi makin rileks. Dilihat dari gardu pandangnya ini annti Anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan alam dari gunung Arjuno yang berdiri kokoh.

Yang pasti, jangan berangan bahwa goa ini seperti goa pada umumnya. Karena sebenarnya goa ini hanya setinggi 1 m saja. Sehingga, bila Anda ingin memasukinya, maka Anda harus membungkuk. Selain itu, dalam goa ini juga tidak ada batuan stalaktit dan juga stalaknit seperti pada umumnya. Hampir sama seperti area hutan pinus mangunan beserta hutan pinus pengger, di tempat ini juga mempunyai suasana yang pas sekali untuk refreshing.

Lokasi Goa Pinus Pujon

Kemudian untuk lokasinya sendiri ada di desa Gunungsari, di kec. Bumiaji, Batu, di Jawa Timur. Untuk aksesnya sayangnya cukup sulit. Karena sampai saat ini belum terdapat sebuah angkutan umum agar dapat menuju ke tempat ini. Sehingga, bila Anda ingin berkunjung ke lokasi ini, sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi saja nantinya.

Untuk rutenya sendiri, agar dapat sampai ke Goa Pinus Pujon ini, maka bila Anda berangkat dari pusat kota Batu, ikuti saja arah ke kawasan pujon. Yaitu lewat Jl. Brigjend Abs Manan Wijaya yang jarak tempuhnya mencapai sekitar 11,6 km. Itupun hanya memakan waktu selama 25 menit saja. Sampai di area Pujon, Anda dapat melihat banyaknya palang yang menunjukkan arah ke goa ini. Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar untuk melihat tempat wisata yang satu ini.

Harga Tiket Masuk

Dikarenakan kawasan lokasi Goa Pinus Pujon ini masih terbilang baru, sehingga harga tiket masuknya juga masih gratis dan tidak dikenakan biaya. Hal ini dikarenakan lokasi wisata ini sekarang masih dalam tahapan renovasi. Sehingga, bila Anda cukup untuk berkunjung ke goa ini, maka Anda bisa melanjutkan kembali berwisata menuju ke Paralayang, di Batu. Karena memang lokasinya juga dekat dengan tempat wisata tersebut.