Perbedaan GPN dengan Mastercard dan Visa

Perbedaan GPN dengan Mastercard dan Visa – Jika Anda sering berbelanja menggunakan kartu debit dan kartu kredit, tentunya Anda tidak asing dengan sistem pembayaran dari Mastercard, Visa, Union Pay, JCB, dan juga sejeninsnya. Karena jika melkaukan transaksi di luar negeri itu memang pada dasarnya kerap menggunakan sistem pembayaran internasional seperti itu.

GPN

Untungnya, saat ini Indonesia punya sistem transaksi sendiri. Yaitu GPN. Dengan adanya gerbang pembayaran nasional inilah membuat proses pembayaran di luar negeri kini bisa diakses secar alangsung didalam negeri. Itu berarti bahwa semua proses transaksi dari banyak bank penerbit kartu debit dan kartu kredit kini sudah terintegrasi menjadi 1 gerbang yang sama. Dengan begitu, biaya transaksi yang dibebankan untuk pengguna semakin lebih rendah.

Perbedaan GPN Vs Mastercard dan Visa

Dikarenakan proses transaksi yang menggunakna gerbog pembayaran nasional ini diproses didalam negeri, sehingga biaya yang ditanggung menjadi lebih murah dibandingkan memakai kartu mastercard dan juga akrtu visa. Dibawah ini adalah beberapa kelebihan dari kartu gerbong pembayaran nasional, antara lain:

  1. Bisa mendapat penurunan MDR dari sebanyak 3% menjadi sebanyak 1%. Karena kini semua datanya dilakukan didalam negeri.
  2. Bila umumnya ketika melkaukan proses transfer dari perbedaan bank memakai kartu berlogo master card dan visa itu senilai 6.500 rupiah, kini setiap transaksinya hanya perlu membayar sebesar 2.500 rupiah sampai dengan 4.000 rupiah saja. semua itu berkat gerbong pembayaran nasional ini.
  3. Untuk biaya penarikan tunai di dalam mesin ATM dar bank yang berbeda juga menjadi lebih turun. Dimana yang awalnya sebesar Rp 6.500, – sampai dengan Rp 7.500, -. Kini dengan kartu debit visa dan kartu mastercard hanya mencapai Rp 3.500, – sampai dengan Rp 4.000, – saja biayanya.
  4. Jika dulunya dengan memakai kartu debit visa dan juga kartu mastercard ini para nasabahnya dikenakan biaya senilai 2% sampai dengan 3% per transaksi dari setiap providernya. Saat ini, dengan adnaya GPN, biayanya menjadi turun sebanyak 1%.

Kelebihan Transaksi dari Penerbit dan juga Acquirer yang Sama

  1. Jika MDR-nya awalnya senilai 3,5% dengan kartu mastercard dan kartu visa, kini MDRnya telah dipangkas hingga seesar 0,15% saja menggunakan kartu debit dengan logo GPN ini.
  2. Merchant yang bekerja dibidang pendidikan juga menurun. Awalnya sebesar 3,25% menadi lebih terjangkau senilai 0,15% saja.
  3. Untuk mengisi bensin juga ada MDR senilai 0,15% saja menggunakan kartu debit yang ada logo gerbang pembayaran nasional ini. Sehingga, ini jauh lebih terjangau dari biaya awal sebelumnya yang mencapai 3,25%.

Transaksi dari Penerbit yang Tidak Sama

  1. Jika walanya Merchant Reguler menetapkan ketentuan MDR sebanyak 3,5% menggunakan kartu mastercard dan visa, saat ini kartu garuda ini bisa menikmati MDR yang menurun lagi menjadi 1% saja.
  2. Untuk merchant yang beroperasi dibidang pendidikan juga menurun MDR-nya. Yang mana awalnya sebesar 3,25%, kini hanya sebesar 0,75% saja dengan kartu yang memiliki logo gerbang pembayaran nasional ini.
  3. Untuk di beberapa merchant khusus SPBU, dengan memakai kartu yang logonya GPN inilah bisa membuat Anda menikmati jumlah MDR yang menurun. Yang awalnya sebesar 3,25% searang ini menjadi 0,5% saja.
  4. Untuk merhcant khusus dari P2G, G2P, dan juga donasi turut memberlakukan MDR yang mulanya sebesar 3,25% menjadi 0% atau bebas biaya lagi.