Dampak Menggunakan Hand Sanitizer Terlalu Sering!

Dampak Menggunakan Hand Sanitizer Terlalu Sering – Hand sanitizer adalah salah satu produk alternatif yang biasa dipakai beberapa orang untk membersihkan tangan. Produk ini dikenal dengan kepraktisannya saat dipakai di luar rumah. Karena tanpa menggunakan sabun dan air, maka tangan bisa langsung bersih. Tak heran bila seiring dengan berkembangnya zaman, hal ini membuat produk ini kini dikemas dengan bentuk yang semakin menarik dan semakin beraneka ragam.

Baca Juga : Tips Memilih Masker Wajah sesuai Jenis Kulit

Karena kepraktisannya inilah menjadikan produk ini harus selalu ada di dalam tas para wanita. Namun sayangnya, ternyata pemakaian dair produk ini sebenarnya kurang begitu efektif untuk membersihkan semua tangan dari kotoran. Alih-alih bisa bersih dan terbebas dari kuman, ternyata pemakaian produk ini terlalu sering bisa menimbulkan beberapa permasalahan pada kulit Anda. Yaitu sebagai berikut ini:



Kulit menjadi Kering

Bila kandungan alkohol yang terdapat di dalam produk skin care yang jumlahnya sedikit saja dapat menjadikan kulit wajah makin kering, lalu bagaimanakah dengan produk hand sanitizer yang memiliki bahan utama dari alkohol? Karena seperti yang telah diketahui, bahwa produk pencuci tangan ini pada dasarnya berasal dari beberapa jenis alkohol, berupa ethanol, isoprophy, dan n-propanol. Kegiatanya ini bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit dan membuat minyak alami dalam kulit menjadi terangkat. Akibatnya, bila dipakai dalam waktu lama bisa membuat kulit tangan Anda semakin kering.

Tangan Mengalami Penuaan Dini

Kulit tangan yang terlihat menua ini bisa saja terjadi karena pemakaian hand sanitizer yang berlebihan. Kandungan alkohol yang terdapat didalamnya ini bisa menjadikan sel-sel kulit Anda menjadi makin kering dan mengalami dehidrasi. Akibatnya, hal ini bisa menimbulkan munculnya garis halus beserta keriput di area kulit yang semakin jelas. Bahkan, untuk beberapa kasus yang parah, kulit bisa menjadi pecah-pecah dan sampai terkelupas.

Bisa Merusak Sistem Hormon

Untuk pengganti alkohol, saat ini ada banyak sekali hand sanitizer yang telah diformulasikan pula dengan penambahan berupa triclosan. Yaitu sebuah kandungan yang berguna sekali untuk anti bacterial dan juga anti jamur. Hanya saja, ternyata kandungan ini ternyata justru memperburuk keadaan kondisi tubuh. Triclosan yang bisa diserap oleh kulit lebih mudah ini bisa masuk ke aliran darah lebih mudah. Akibatnya, hal ini bisa menimbulkan terjadinya berbagai macam penyakit di kulit. Misalnya saja, seperti menjadi alergi, kelainan pada hormon, dan mengalami masalah penyakit kanker.

Skin Barrier Menjadi Rusak!

Pemakaian pencuci tangan buatan ini secara berlebihan ternyata bisa menimbulkan terjadinya kerusakan dibagian skin barrier. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol yang terdapat didalam hand sanitizer dalam kulit ini bisa membuat protein dan lipid pada skin barrier menjadi hilang. Akibatnya, terjadilah iritasi dan bisa membuat kulit menjadi kering. Agar dapat mengatasi hal ini, sebaiknya seimbangkan pemakaian produk ini dengan memakai hand cream dan juga pelembab.

Sistem Imun Menurun

Agar terbebas dari segala macam penyakit itu memang diharuskan Anda untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Namun, ternyata lingkungan area yang terlalu bersih itu bisa membuat sistem imun semakin lemah, khususnya utnuk anak kecil. Karena tidak ada yang harus dilawan, hal ini membuat sistem imun anak menjadi tidak terlatih dan semakin lemah. Disamping bisa membuat sistem imun makin lemah, orang menjadi lebih sensitif dari inflamasi dan bisa menyebabkan lebih mudah terserang penyakit yang berbahaya.