Inilah Alasan Harga Smartphone China Murah

Inilah Alasan Harga Smartphone China Murah – Mau tahu alasan kenapa harga smartphone China bisa murah? Mau tahu rahasianya? Produk China memang selalu berhasil membanjiri pasar. Hanya saja, sayangnya banyak orang beranggapan bahwa kualitas dari negeri Tirai Bambu ini tidak cukup bagus.

Baca juga: Kelebihan Air Teh untuk Kecantikan Wajah

harga smartphone China

Padahal, sebenarnya produk China yang harganya murah ini belum tentu kualitasnya jelek. Bahkan, ada banyak alasan yang membuat harga jualnya menjadi lebih murah meskipun yang dijual berkualitas. Ini alasannya!

Bahan Baku Banyak dan Melimpah

Tak dapat dipungkiri bila China adalah salah satu negara pembuat smartphone yang utama. Disamping tenaga kerjanya yang murah, bahan bakunya juga banyak. Bahkan, dari 17 bahan bumi yang dianggap langka untuk memproduksi smartphone bisa dengan mudah ditemukan di China. Sebagai perbandingan bisa dilihat antara India yang hanya menghasilkan sebesar 2,5% saja dan AS mencapai 13% saja.

Gaji Pekerja Rendah

Karena upah untuk tenaga kerjanya murah, sehingga hal ini membuat produknya selalu dijual murah juga. Bahkan, bisa dibilang bahwa upah tenaga kerja yang ada di China merupakan yang paling rendah di seluruh dunia. Karena itulah, banyak vendor mulai membangun produknya di negeri ini.

Spesifikasi Tinggi Sudah Biasa

Untuk menyeimbangkan antara kinerja dan harganya, ada banyak komponen yang memakai teknologi lama. Misalnya saja Ram yang sudah berteknologi DDR4 yang terbaru. Namun, mereka masih memakai RAM dari DDR3. Disamping itu, kualitas layarnya juga dibuat lebih rendah bila dibandingkan dari panel IPS dan AMOLED dari vendor terkemuka.

Lebih Fokus dengan Penjualan Online

Seperti yang terlihat, bahwa perusahaan besar seperti, Apple dan Samsung itu banyak menghabiskan uang mereka untuk membangun sebuah service center, toko, dan ekosistem agar layanan purna jualnya makin meningkat. Karena itulah, ponsel  Samsung  yang spesifikasinya sama dengan smartphone, namun harga smartphone China dijual lebih rendah dari smartphone Samsung. Selain itu, pabrikan China juga lebih fokus terhadap penjualan online, khususnya vendor baru yang baru saja mencoba penjualan di Indonesia. Dengan cara inilah tidak ada biaya lagi, dan akhirnya harga ponsel bisa lebih ditekan.

Biaya Marketing Murah

Salah satu alasan kenapa harga smartphone China sangat murah dengan spesifikasi tinggi, karena mereka tahu bagaimana cara menggunakan jaringan pemasaran secara online. sedangkan vendor besar, seperti LG, Samsung, dan Apple menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk membayar biaya iklan yang ada di TV, bintang iklan, dan sponsor demi mempromosikan produknya.

R & D

Beberapa vendor besar, seperti Google, Apple, Samsung, dan Microsoft itu menghabiskan banyak uang untuk sebuah divisi penelitian dan juga pengembangan. Sedangkan, untuk smartphone China berbeda sekali. Anda tidak mungkin menemukan hal baru selain specs yang tinggi saja.

Kualitas Makin Bagus

Setiap konsumen itu jauh lebih mempertimbangkan layanan dan kualitas yang baik dari pada harga yang murah. Di tahun 2017 sendiri, banyak sekali produsen China mulai meluncurkan beberapa smarpthone premiumnya dengan kualitas yang bagus dan tidak lagi murahan. Misalnya saja, seperti Huawei yang telah meluncurkan sumber daya menuju ke departemen perancangan perangkat oleh mantan desainer Samsung. Yaitu, Joonsuh Kim. Sedangkan Oppo mulai menciptakan perangkat terbaiknya yang bisa diperlihatkan dari segi kualitasnya di antara para pesaingnya saat ini. Dari sinilah bisa diambil kesimpulan tentang alasan harga smartphone China murah.