Harga Tiket Masuk ke Pantai Ngliyep Malang

Harga Tiket Masuk ke Pantai Ngliyep Malang – Bila Anda masih bingung akan kemana, tidak ada salahnya jika di hari libur dalam weekend kali ini Anda bisa berkunjung ke pantai Ngliyep. Letaknya sendiri ada di desa Kedungsalam, di Donomulyo, di Malang, Jawa Timur, dengan kode pos 665167. Pantai ini cukup popular, bahkan melebihi dari pantai Pulodoro, pantai balekambang, pantai pasir panjang, dll yang lokasinya memang dekat dengan pantai yang satu ini.

Baca juga: Wisata Air Terjun Spektakuler Coban Tundo Malang

Pantai ini di samping punya pasir dan ombak yang indah, alam di area lokasi ini juga sangat asri. Selain itu, rute perjalanannya di sekitar lokasi juga sangat sejuk. Karena memang lokasinya sendiri dikelilingi oleh hutan. Nah, sebelum Anda menuju kepantai ini, tidak ada salahnya jika Anda mengenal sejarah dari pantai ini dulu!

pantai ngliyep malang

Mitos dan Sejarah Pantai Ngliyep Malang

Pantai ini berada di pesisir Selatan dari Samudra Hindia. Telah dikutip dari wikipedia, bahwapantai ini dulunya sudah dapat diakses dari tahun 1980 yang lali. Dikarenakan saat itu fasilitas untuk angkutan umum dan jalannya sudah lengkap, sehingga pantai ini selalu dijadikan sebagai wisata terpopuler di jawa timur. Khususnya untuk warga Kediri, Surabaya, Madiun, dll.

Konon katanya pantai ini dulu pertama kali telah ditemukan oleh Mbah Atun. Yaitu seorang perantau dari Yogyakarta, di tahun 1919. Selanjutnya, pantai ini mulai dibuka dengan resmi di tahun 1951. Mitos yang mulai tersebar yang katanya angker ini mulai tersebar bahwa ketika Anda berkunjung ke sebuah gunung Kombang, yaitu seperti bukit, yang mana ketinggiannya tidak begitu tinggi, maka disitulah umumnya lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan ritual mistis.

Dimana ritual tersebut dilakukan agar mereka dapat bertemu dengan Ratu Laut Selatan, yaitu Nyi Roro Kidul. Tujuan utamanya adalah untuk pesugihan. Umumnya ritual mistis ini selalu dilakukan pada tanggal 14 di bulan Maulud Robiul awal.

Yang pasti, pantai ini selalu ramai, bahkan di hari biasa sekalipun. Karena memang selalu ada acara labuhan yang telah dilakukan secara turun-temurun dari masa Mbah Atun, selaku penemu pantai Ngliyep Malang ini. Labuhan merupakan sebuah kegiatan masyarakat dari adat Jawa. Yaitu sebuah acara untuk selamatan dengan cara menyembelih sapi atau kambing yang kemudian disedekahkan untuk para warga di sekitar pantai.

Namun, ada juga sebagian makanannya yang kemudian ditebarkan dan dilarung di tengah laut pantai. Upacara tersebut dilakukan oleh warga Kedungsalam dengan cara membawa sebuah sesaji dan diiringi juga dengan kesenian jaranan sebagai pengawalnya yang kemudian diarak ke gunung Kombang yang jaraknya sekitar 300 meter lewat jembatan yang berasal dari  pesanggrahan Ngliyep.

Fasilitas Pantai Ngliyep Malang

Di dalam pantai ini fasilitasnya cukup lengkap. Ada toilet, tempat makan dan minuman yang berjajar dan mudah ditemukan, lahan untuk parkir yang luas, mushola, dan ada juga sebuah penginapan.

Rute Perjalanan ke Pantai Ngliyep

Kendaraan Pribadi 

Bila Anda berjalan dari arah Surabaya, langsung saja ke Kab. Malang. Sampai ke Kec. Donomulyo, lihat petunjuk arah untuk sampai ke pantai ngliyep ini yang terdapat di desa Kedungsalam.

Kendaraan Umum

Anda bisa juga naik mikrolet dengan jalur GN1 agatu GN2.yaitu dari gadang ke Ngliyep atau dari Gadang ke Ngli.

Harga Tiket Masuk

Biaya tiket masuknya sebesar 15 ribu rupiah, untuk biaya parkirnya 5 ribu rupiah. Sedangkan untuk sewa penginapannya sebesar 75 ribu rupiah sampai dengan 200 ribu rupiah.