Plus Minus Cloud Hosting dan Dedicated Hosting

Plus Minus Cloud Hosting dan Dedicated Hosting – Bagaimanakah cara terbaik untuk menentukan hosting dalam membangun website itu? Sebenarnya ada banyak cara agar Anda bisa mendapatkan pilihan yang tepat. Dimana kali ini akan kami perkenalkan dua pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Yaitu sebagai berikut ini:

hosting

Dedicated Hosting

Tempat server web yang satu ini didedikasi sepenuhnya untuk situs web. Jadi, tidak sama dengan mode shared. Karena kali ini tidak bisa dibagi dengan situs web yang lain. Itu artinya, situs web Anda nanti akan menjadi satu-satunya dalam server ini, sehingga bisa menghindari adanya masalah dari situs lain yang bisa berdampak pada web Anda.

Cloud Hosting

Ini berbeda sekali dengan mode dedicated. Karnea untuk tempat server web yang satu ini bisa dipakai untuk beberapa server, disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memakai sumber daya sesuai dengan kebutuhan di waktu tertentu dan membayar yang sesuai. Sehingga, itu berarti bila tiba-tiba saja Anda membutuhkan sumber daya yang lebih banyak, maka Anda bisa memakainya disaat itu juga.

Kelebihan Dedicated Hosting

  1. Anda tidak bisa berbagi server dengan web yang lain. Jadi, semua sumber daya server akan ditampung ke dalam situs milik Anda sepenuhnya. Misalnya saja, untuk bandwidth server yang tidak bisa dibagi untuk situs yang lain. Ini berbeda sekali dengan mode shared.
  2. Dengan menggunakan dedicated inilah masalah yang disebabkan oleh situs lainnya tidak akan berpengaruh terhadap web milik Anda. Itu artinya dedicated ini cocok sekali untuk Anda yang punya traffic web yang tinggi secara konsisten. Karena bandwidth ini benar-benar dibutuhkan untuk mengelola web yang memiliki jumlah pengunjung yang tinggi.

Kekurangan

  1. Sayangnya, biayanya sangat mahal.
  2. Anda harus membayar sumber daya yang terkadang tidak terlalu dibutuhkan bila memilih server yang satu ini.

Kelebihan Cloud Hosting

  1. Tempat server yang satu ini punya sumber daya ekstra, namun Anda tak harus membayarnya sepanjang hari. Sehingga, tempat server ini cocok sekali untuk Anda yang baru saja menjalankan bisnis yang baru berkembang.
  2. Anda bisa menyesuaikan terhadap kebutuhan. Ini berguna sekali untuk Anda yang mempunyai situs yang lalu lintasnya sering kali naik turun. Sehingga, Anda punya pilihan memakai ruang server tambahan saat jumlah pengunjung sedang tinggi tanpa harus menambah biaya saat trafficnya masih rendah.
  3. Jenis ini cocok sekali untuk Anda yang baru saja menjalankan bisnis musiman. Misalnya saja di hari natal atau selama musim dingin dan musim panas, atau sejenisnya. Segala keseluruhannya akan lebih seimbang.

Kekurangan

  1. Anda tidak punya akses ke dalam server. Jadi, Anda hanya dapat bergantung dengan pihak ketiga, sebagai penyedia.
  2. Anda hanya punya kontrol yang sedikit saja.
  3. Keamananya masih harus diperhitungkan, bahkan lebih rentan sekali dari para peretas.

Melihat dari kedua hal tersebut? Manakah yang Anda pilih? Sebaiknya pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. sesuaikan juga terhadap situs yang sedang Anda kelola beserta dana yang sedang Anda miliki saat ini. Untuk jenis dedicated itu umumnya jauh lebih popular terhadap situs yang sudah ada atau untuk situs yang sangat sensitif. Sedangkan untuk cloud itu cocok sekali untuk situs yang dihadapkan bisa meningkat dengan traffic yang tinggi. Seperti itulah tentang macam-macam dari tempat server yang harus diperhatikan.