Seperti Inilah Yang Terjadi Jika Ibu Menyusui Smoothing Rambut, Wanita Wajib Baca!

Seperti Inilah Yang Terjadi Jika Ibu Menyusui Smoothing Rambut, Wanita Wajib Baca – Merawat dan juga membesarkan anak yang baru lahir sampai tumbuh dewasa adalah tanggung jawab setiap ibu. Namun sayangnya, saat ini justru banyak ibu-ibu yang ingin cantik dengan melakukan smoothing ketika dalam masa proses menyusui. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bolehkan bila ibu menyusui smoothing rambut? Temukan jawabannya di bawah ini:

ibu menyusui smoothing

Smoothing Rambut

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, maka perlu pemahaman dulu lebih awal tentang apa sih proses smoothing rambut itu? Sebenarnya, proses smoothing rambut adalah salah satu bentuk dari perawatan rambut agar rambut terlihat lebih lurus. Jadi, prosesnya ini hampir sama dengan pelurusan rambut yang lain, seperti pada proses rebounding rambut. Yang membedakan adalah dari segi ketahanan pelurusan yang jauh lebih singkat dibandingkan proses rebounding rambut. Jadi, proses smoothing ini punya sejumlah kelemahan dari pada proses rebounding.

Baca Juga: Yakin? Masih Nyinyir sama Laptop 4 Jutaan dengan Ram 8 Gb Ini?

Namun, beruntungnya adalah resiko kerusakan yang disebabkan oleh proses smoothing itu jauh lebih kecil dibandingkan proses rebounding. Selain itu, perawatannya juga lebih fleksible dibandingkan proses rebounding. Dalam praktiknya, proses smoothing itu memakai obat dari protein keratin yang kemudian diaplikasikan sebelum memakai flat iron. Sehingga, struktur rambut tidak akan berubah, hanya saja bentuknya menjadi lebih halus dan lebih lurus. Hasilnya, rambut menjadi terlihat lebih lurus secara alami, dan bisa tertata dengan baik.

Dampak Ibu Menyusui Smoothing Rambut

Sejauh ini, sebenarnya kegiatan untuk smoothing rambut yang dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui dan ibu hamil itu masih boleh dilakukan. Karena sampai pada saat ini belum ada satupun penelitian yang bisa membuktikan dampak dari perawatan rambut seperti ini ketika proses menyusui. Namun meskipun begitu, proses smoothing ini harus benar-benar diperhatikan. Bila memang tidak begitu dibutuhkan, sebaiknya jangan smoothing dulu.

ibu menyusui smoothing

Karena tentu masih ada resiko yang berbahaya dari kegiatan ini meskipun belum ada bukti dari sebuah penelitian. Di bawah ini adalah beberapa resiko dan dampak bila ibu menyusui smoothing rambut, antara lain:

Pertama, bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh ibu yang sedang menyusui ini bisa membuat peluang dari bahan kimia bisa masuk lewat peredaran darah sang ibu. Sehingga, hal ini bisa secara langsung menuju ke bayi lewat asi. Penyerapan dari bahan kimia ini bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya saja, karena luka yang terjadi di kepala ketika proses smoothing dilakukan. Sehingga, bahan kimia tersebut bisa masuk ke dalam tubuh si kecil lewat asi.

Kedua, bisa mengalami alergi. Karena pada umumnya, pemakaian obat-obatan dari bahan kimia ini bisa mengakibatkan terjadinya reaksi alergi pada sebagian besar orang yang punya riwayat alergi sebelumnya. Khususnya untuk ibu-ibu yang sedang menyusui. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan betul-betul ketika Anda ingin melakukan smoothing ini saat sedang proses menyusui.

Meskipun sebenarnya tidak ada masalah bila Anda ingin melakukan smoothing rambut, namun tetap saja ada dampak negatif yang masih harus Anda perhatikan sebelum Anda benar-benar melakukannya. Mengingat resiko apa saja bisa saja terjadi ketika Anda sedang menyusui bayi secara tak langsung. Maka dari itulah, untuk membuat asi tetap dalam kondisi yang berkualitas, sebaiknya hindari  proses smoothing terlebih dahulu sampai sang anak lepas dari asi.