Inilah Fungsi Teh Hijau untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Inilah Fungsi Teh Hijau untuk Kesehatan Mulut dan Gigi – Apakah Anda sudah tahu tentang fungsi teh hijau yang sebenarnya? Dimana saat ini yang paling terpopular saat ini adalah bahwa teh hijau itu berguna sekali untuk menurunkan berat badan. Namun selain itu, ternyata teh hijau itu masih memiliki manfaat lain yang cukup banyak. Berdasarkan tulisan dari Drg. Diego Dimas MM, yang berasal dari salah satu situs Dokter, telah diketahui ada sebuah penelitian baru.

Baca juga: Portuguese Egg Tart Menu Jajanan Cocok untuk Pebisnis Kuliner

Dimana dalam penelitian tersebut telah disebutkan adanya senyawa dari teh hijau, yaitu polifenol yang selama ini dianggap efektif sekali dalam mencegah sekaligus mengatasi masalah jantung, kanker, dan juga diabetes. Bahkan, kabarnya teh hijau itu sendiri dapat berguna sekali dalam mengatasi masalah peradangan pada gusi dan gigi dengan baik.

Inilah Fungsi Teh Hijau untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Di dalam kandungan teh hijau itu sendiri mengantung polifenol dari catechin yang jauh lebih banyak dari teh oolong ataupun dari teh hitam. Bahkan, dari berbagai macam penelitian telah menyebutkan bahwa jenis dari catechin yang ada dari daun teh ini berupa EGCG. Yaitu dari Epigallocatechin Gallate. Dimana  EGCG itu sendiri bersifat sebagai anti diabetik, anti mutagenik, anti inflamasi, anti virus, dan juga anti bakterial. Sehingga, bisa dibilang bahwa kegunaannya cukup banyak sekali.

Berdasarkan Diego, bahwa fungsi dari EGCG itu sendiri dapat menghambat proses pembentukan dari bio film bakteri yang ada di dalam mulut yang berbentuk plak. Karena itulah, dengan rutin mengkonsumsi teh hijau di setiap pagi ini efektif sekali dalam menjaga gigi dan gusi dari plak yang bermasalah. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini akan kami sajikan seputar beberapa fungsi teh hijau yang selama ini masih belum diketahui banyak orang, antara lain:

Pertama, dapat mengontrol proses pertumbuhan dari bakteri. Seperti yang telah diketahui, bahwa tingkat keasaman dari air liur yang turun itu umumnya berdasarkan pertumbuhan dari bakteri yang ada di dalam mulut. Kabar baiknya, bila Anda mengkonsumsi teh hijau ini secara rutin, maka Anda bisa menghindarkan diri dari masalah gigi berlubang dengan baik.

Kedua, dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka kesehatan gusi menjadi lebih terjaga lagi. Adanya zat berupa anti peradangan  yang berasal dari EGCG itu sendiri dapat mencegah terjadinya masalah penyakit gusi. Sehingga, jaringan mulut nanti akan secara otomatis dapat merespon dengan cara melakukan sebuah peningkatan penyembuhan dan juga regenerasi dengan baik.

Ketiga, dengan mengkonsumsi teh hijau,maka Anda juga bisa mencegah masalah gigi yang berkelanjutan. Karena zat EGCG yang ada di dalam teh hijau ini nanti dapat mencegah adanya gigi berlubang, sekaligus dapat menurunkan proses keasaman yang terjadi di dalam rongga mulut. Sehingga, fungsi teh hijauitu dapat meredakan permasalahan pada penyakit gusi. Itu artinya, teh hijau ini nanti efektif sekali dalam mencegah kehilangan gigi ataupun mengalami masalah gigi lepas dengan sendirinya.

Ke-empat, fungsi yang lainnya adalah dapat membuat nafas menjadi jauh lebih segar. Karena dengan mengkonsumsinya, maka keasaman menjadi menurun. Sehingga, peradangan pada gigi juga menjauh. Hasilnya, nafas menjadi jauh lebih segar. Karena itulah, dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka hal ini bisa menjauhkan Anda dari masalah bau pada mulut yang berkelanjutan. Karena itulah, Anda wajib mengkonsumsi teh hijau secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih jauh lagi.