Jangan Makan Ini bila sedang Sakit Diare

Jangan Makan Ini bila sedang Sakit Diare – Diare merupakan salah satu permasalahan umum yang dianggap sepele, namun ternyata bisa membuat semua aktivitas menjadi terhambat. Penyakit yang satu ini dapat menyerang  siapa saja dan bisa menyerang kapan saja. bahkan, ternyata sakit diare ini juga bisa terjadi karena banyak hal. Beberapa penyebab seseorang bisa mengalami diare adalah karena salah makan, kecapekan, kurang tidur, stress, dan salah minum minuman.

Baca Juga :Tips Menimbang Berat Badan Paling Akurat

Maka dari itulah, supaya diare tidak makin memburuk, sebaiknya Anda harus lebih memperhatikan dulu tentang beberapa varian makanan yang wajib dihindari. Sehingga, Anda bisa terhindar dari kondisi yang makin parah. Karena bila mengkonsumsi makanan itu, saat sedang mengidap diare, hal ini akan membuat keadaan Anda makin parah. Dengan begitu, proses untuk penyembuhan menjadi makin lambat. Di bawah ini adalah beberapa daftar makanan yang harus dihindari bila sedang terkena diare, antara lain:

Jangan Makan Ini bila sedang Sakit Diare

Pertama, makanan yang memiliki kandungan gas yang tinggi. Makanan yang punya kandungan gas yang tinggi ini adalah brokoli, kacang, bawang merah, dan juga kembang kol. Beberapa makanan tersebut bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman di dalam perut. Sehingga, hal ini akan membuat masalah diare menjadi makin parah. Maka dari itulah, saat perut sedang bermasalah, sebaiknya jangan konsumsi makanan ini. Karena makanan ini akan membuat masalah diare Anda makin parah.

Kedua, sebaiknya jangan makan makanan yang memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi. Karena ternyata makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi dan makanan yang manis ini bisa membuat kondisi sakit diare makin parah. Makanan ini bisa membuat terjadinya kontraksi di dalam usus. Sehingga, hal ini bisa membuat organ pencernaan menjadi bereaksi. Bahkan, ternyata dengan makan gula itu bisa membuat perut menjadi kembung dan merasa tidak nyaman.

Ketiga, ketika sedang mengalami sakit diare, sebaiknya hentikan dulu mengkonsumsi berbagai macam olahan susu dan produk susu apapun. Karena susu itu mengandung laktosa. Sementara, ketika seseorang sedang mengalami diare, hal ini membuat enzim laktase yang bertugas untuk mengurainya menjadi berkurang. Sehingga, bila dalam kondisi diare dan Anda mengkonsumsinya, maka ini bisa membuat perut Anda menjadi makin kembung dan terasa mual saat sedang mengkonsumsinya.

Namun meskipun begitu, Anda masih bisa mengkonsumsi salah satu produk olahan dari susu berupa yoghurt. Karena yoghurt ini memiliki kandungan probiotik yang tinggi yang efektif sekali dalam membasmi segala macam bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya diare. Namun, sebaiknya jangan lupa untuk memilih yoghurt yang tidak ada gulanya. Karena, bila Anda memilih yoghurt dengan gula, maka ini bisa membuat masalah diare makin parah juga.

Ke-empat, saat sedang mengalami sakit diare, maka jangan minum teh, kopi, dan juga minuman yang beralkohol. Karena beberapa minuman tersebut bisa membuat saluran pencernaan menjadi iritasi. Tentu saja, bila dikonsumsi ketika perut sedang bermasalah, minuman ini akan menjadikan perut Anda merasa tidak nyaman. Anda boleh mengkonsumsinya kembali setelah 1 minggu perut Anda sembuh dari masalah diare ini.

Nah, itu tadi adalah beberapa daftar makanan dan minuman yang harus dihindari saat sedang sakit diare. Dengan memahami beberapa hal di atas, diharapkan ini bisa membuat kondisi kesehatan Anda menjadi makin membaik lagi. Sehingga, masalah diare segera teratasi.