Jangan Tertipu Tahapan Kredit Rumah Syariah Di Bogor

Jangan Tertipu Tahapan Kredit Rumah Syariah Di Bogor – Mengajukan permintaan dan permohonan untuk program pembiayaan kredit rumah syariah di Bogor ini sebenarnya gampang-gampang susah. Karena seharusnya persyaratan yang diberikan oleh setiap bank itu tidak ada yang susah. Semuanya sudah terlihat dengan jelas dalam brosur bank yang diberikan.

Bahkan, untuk peraturan dari pihak pemerintahnya pun juga sudah ada. Tinggal bagaimana masing-masing pihak tersebut harus bisa mentaati peraturan tersebut supaya nantinya proses kredit rumah tersebut bisa berjalan dengan sempurna. Sehingga, Anda bisa memiliki rumah pribadi Anda sendiri dengan menggunakan metode kredit rumah.

Baca juga: Tips Mengajukan Kredit Rumah Lewat Bank Btn

Nah, supaya Anda bisa segera menempati rumah yang Anda beli dengan cara kredit rumah syariah di Bogor ini, maka Anda bisa mencoba memilih rumah yang sudah jadi. Rumah itu bisa berupa rumah bekas atau rumah baru dari para developer. Jadi, dalam hal ini rumah indent tidak termasuk hitungan. Hal ini dikarenakan rumah indent umumya membutuhkan waktu selama 1 th supaya rumah tersebut bisa selesai dan bisa siap huni.

Inilah proses tahapan bila Anda ingin mengajukan kredit rumah syariah di Bogor yang siap huni agar Anda tidak tertipu, antara lain:

Uang tanda Jadi

Sesudah Anda cocok dengan rumah yang telah ditawarkan, Anda pasti diminta untuk membayar uang tanda jadi, atau biasa disebut juga dengan booking fee kepada para pengembang tersebut. Hal ini selalu berlaku untuk rumah yang baru saja dibangun. Sedangkan rumah second ini umumnya booking fee tersebut diminta oleh pihak makelar bila Anda menggunakan jasanya.

Kesepakatan jual-beli

Supaya rumah impian Anda yang ingin Anda ajukan kredit rumah syariah di Bogor tersebut tidak diserobot oleh orang lain, sebaiknya langsung saja tanda tangani saja sebuah perjanjian pengikatan untuk jual beli sesudah Anda membayar booking fee tersebut. PPJB ini wajib ada di antara penjual dan juga pembeli rumah agar bisa mendapatkan hak masing-masing dan melakukan kewajiban masing-masing dengan baik.

Sehingga, selain pembelinya tidak akan kabur, pihak penjual nanti bisa memastikan bahwa kondisi rumah yang dijualnya tersebut adalah sesuai dengan apa yang dijanjikan tersebut.

Mengajukan Permohonan

Setelah permohonan Anda disetujui lewat kredit rumah syariah di Bogor ini, maka segera saja kumpulkan persyaratannya dan juga surat permohonannya kepada pihak bank. Bank nanti akan menilai rumah yang bakal dibeli tersebut dan meneliti semua berkas yang telah diajukan tersebut. asalkan berkasnya lengkap, pasti akan disetujui.

Bayar persekot

Berdasarkan aturan dari bank Indonesia dengan nomor 18/ 16/ PBI/ 2016, bahwa persekot atau uang muka kpr ini telah ditetapkan senilai 15% dari jumlah harga rumah. Sedangkan untuk rumah bekas adalah sebesar 20%. Uang ini wajib dibayar sesudah kpr tersebut disetujui oleh pihak bank.

Akad kredit

Sedangkan untuk akad kredit ini nanti akan melibatkan notaris agar bisa dipastikan legalitasnya tersebut adalah aman dan tidak ada masalah. Jadi, dokumen yang membutuhkan notaris ini adalah sebuah akta jual beli.

Mengangsur sampai lunas

Sesudah tanda tangan akad kredit, maka proses selanjutnya adalah membayar kredit rumah syariah di Bogor ini berdasarkan ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya. Biasanya proses kpr ini memakan waktu sampai dengan 1 bulan. Bahkan, terkadang bisa lebih lama lagi bila terdapat sebuah kendala, misalnya saja berkasnya belum lengkap. Sehingga, Anda harus bolak balik untuk memenuhinya.