Hati-Hati dengan Kandungan Body Lotion Ini

Hati-Hati dengan Kandungan Body Lotion Ini – Saat ini pemakaian body lotion itu seakan-akan telah menjadi salah satu kegiatan untuk merawat tubuh yang tidak pernah terlewatkan bagi kebanyakan wanita. Padahal, sebelum menggunakannya, sangat penting sekali untuk memahami terlebih dahulu tentang kandungan body lotion sebelum memakainya. Meskipun salah satu alasan utama kenapa memakai body lotion adalah agar kulit tubuh selalu terjaga dan tetap lembab dan halus.

Baca Juga : Tips Memilih Masker Wajah sesuai Jenis Kulit

Selain itu, dengan pemakaian body lotion yang tepat inilah yang nantinya bisa memberikan aroma yang khas pada tubuh, sehingga dapat memberikan kepasan tersendiri bagi sang pengguna. Dengan aromannya yang khas inilah mampu membuat penggunanya merasa lebih rileks. Namun meskipun begitu, Anda harus lebih berhati-hati lagi. Karena, ternyata ada beberapa kandungan body lotion yang terbilang berbahaya dan harus dihindari. Seperti apakah itu?

Simak beberapa kandungan dari hand body lotion yang harus dihindari pemakaiannya, antara lain sebagai berikut ini:

Butylated Hydroxyanisole

Kandungan yang satu ini kerap disebut juga dengan sebutan sebagai BHA. Ini adalah sebuah bahan pengawet, penstabil, dan juga pewangi. Umumnya, bahan ini sering dipakai untuk beberapa produk kecantikan, seperti body lotion dan juga lipstik. Berdasarkan national toxicology program menyatakan bahwa kandungan BHA yang ada di dalam hand body lotion itu ternyata dapat membuat sistem endokrin dalam tubuh menjadi bermasalah.

Karena, bahan BHA ini mengandung zat berbahaya yang disebut dengan karsinogenik. Sehingga, pemakaian hand body lotion yang memiliki kandungan berupa BHA dalam waktu yang lama ini akan membuat seseorang lebih beresiko terkena maslah kanker kulit.

DMD Hydantoin

Meskipun namanya masih asing dan jarang terdengar, ternyata DMD hydantoin ini adalah salah satu zat bahan kimia yang berbahaya dan harus diwaspadai. Karena bahan ini termasuk ke dalam salah satu jenis pengawet yang memiliki kandungan berupa formaldehid atau formalin. Bila bahan ini dipakai dalam waktu yang lama, hal ini bisa menimbulkan terjadinya reaksi alergi pada tubuh.

Beberapa reaksi yang ditimbulkan dari alergi ini adalah, terjadinya ruam di kulit dan bisa terkena masalah penyakit kanker. Sayangnya, DMD hydantoin itu ternyata juga kerap dipakai untuk produk kosmetik yang lain. Misalnya saja, seperti cat kuku, lem bulu mata, dan juga pada sabun.

Diethyl Phthalate

Ketika sedang mencium berbagai macam aroma yang dihadirkan pada hand body lotion, mungkin awalnya Anda berpikir bahwa aroma itu berasal dari bahan alami, seperti buah-buahan dll. Padahal, sebenarnya aroma itu didapatkan dari campuran bahan kimia, berupa diethyl phthalate. Dimana sebenarnya kandungan body lotion ini merupakan salah satu aroma wewangian sintesis yang terkenal baik sebagai racun untuk kalenjar endokrin yang ada di dalam tubuh. Selain itu, bahan ini juga bisa memancarkan volatile organic compounds atau VOC sebagai salah satu senyawa yang bsia membuat kualitas udara menjadi tercemar dan bisa menyebabkan terjadinya reaksi alergi dalam sistem pernafasan, misalnya saja seperti penyakit asma.

Retinil Palmitat

Ini adalah salah satu kandungan body lotion yang menjadi sebuah senyawa turunan yang berasal dari vitamin A dan dipakai sebagai kandungan utama untuk sunscreen dalam sebuah produk kecantikan untuk anti aging. Sifat alami yang berasal dari retinil palmitat ini berguna untuk tabir surya dan bisa mencegah terjadinya penuaan. dengan begitu, kulit menjadi terlihat lebih awet muda. Namun sayangnya, bahan ini bisa membahayakan tubuh bila dipakai dalam waktu yang lama. Karena bisa beresiko terkena masalah kanker kulit. Maka dari itulah, sebaiknya pakai saja hanya di malam hari saja.