Cara Mengaktifkan Kartu BPJS yang Nunggak 3 Th

Cara Mengaktifkan Kartu BPJS yang Nunggak 3 Th – Saat ini jumlah peserta dari asurasi BPJS yang sedang menunggak pembayaran iuran begitu banyak. Sehingga, hal ini membuat status kartu mereka menjadi dihentikan dan tidak bisa lagi dipakai untuk sementara waktu hingga mereka kemudian melunasi tunggakannya tersebut. banyak hal kerap dijadikan sebagai alasan kenapa mereka tidak membayar iuran tersebut. Tak hanya itu saja, rasanya menunggak pembayaran selama 3 tahun itupun juga sudah ada banyak.

kartu BPJS

Seperti yang telah diketahui, bahwa menunggak pembayaran kartu BPJS ini selama 3 tahun bukanlah waktu yang sebentar begitu saja. 3 tahun itu adalah waktu yang sangat lama. Umumnya, mereka akan kembali lagi mengurus ke kantor BPJS saat merasa sakit dan sedang membutuhkan bantuan. Maka dari itulah, bila memang Anda tidak sanggup untuk membayar iuran tersebut, maka disarankan agar mendaftar peserta PBI saja.

Baca juga: Tips Menyiapkan Dana Pensiun untuk Non PNS

Yaitu, peserta penerima bantuan iuran lewat Dinas Sosial. Jadi, Anda tidak perlu mendaftarnya secara mandiri. Perlu diketahui, bahwa saat ini Anda telah ditolong oleh semua orang yang telah membayar iuran. Maka dari itulah, saat Anda membayar iuran, maka sebenarnya itu sama saja bahwa Anda telah menolong orang lain yang sedang membutuhkan bantuan tersebut karena sakit.

Sebenarnya iuran yang harus dibayar dari BPJS itu terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan jenis asuransi kesehatan yang lain. Maka dari itulah, sebaiknya segera saja aktifkan status dari BPJS Anda dengan cara segera membayar biaya iuran yang telah tertunggak. Kabar baiknya adalah, saat ini untuk peserta yang telah menunggak selama 3 tahun atau bahkan lebih, maka mereka hanya harus membayar iuran selama 1 tahun + 1 bulan saja.

Selain itu, saat ini juga tidak ada lagi denda untuk keterlambatan yang harus dibayarkan. Sehingga, hal ini menjadi lebih meringankan Anda sebagai peserta asuransi BPJS selama ini.

Contoh Ilustrasi

Sebagai contoh, misalnya saat ini Anda telah telat membayar iuran dan menunggak sampai tidak bayar iuran BPJS ini hingga 3 tahun, kemudian Anda terdaftar di dalam kelas 3. Kemudian, jumlah anggota keluarga Anda yang telah terdaftar itu ada 4 orang, termasuk Anda, maka nantinya yang harus segera Anda bayar adalah sebanyak Rp 25.500, – (sebagai biaya iuran untuk kelas 3) x 12 bulan + Rp 25.500, -. Kemudian, Anda tinggal mengkalikannya dengan jumlah dari anggota keluarga Anda. Sehingga, nantinya akan didapatkan jumlah biaya yang harus dibayarkan sebanyak Rp 1.326000, -.

Anda dapat membayar biaya tagihan kartu BPJS ini lewat bank yang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS atau dengan cara membayarnya ke dalam beberapa lembaga yang lain. Misalnya saja, lewat pegadaian, kantor pos, tokopedia, bukalapak, beberapa mini market seperti indomaret dan alfamart, dan masih banyak yang lainnya. Sesudah Anda melunasi semua biaya tagihan itu, maka nantinya secara otomatis dalam kurun waktu selama 1 x 24 jam, maka status BPJS Anda bisa segera aktif lagi.

Sehingga, kini Anda sudah bisa mendapatkan kartu pesertaan yang aktif kembali. Karena kini Anda sudah bisa mendapatkan jaminan kesehatan lagi dari pihak BPJS. Dari sinilah tentunya akan sangat penting sekali bila Anda harus segera membayarkan biaya tunggakan Anda selama ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu waspada lagi saat tiba-tiba saja Anda sakit dan harus dirawat di rumah sakit.