Wajib Baca sebelum Punya Kartu Kredit agar Transaksi Lancar

Wajib Baca sebelum Punya Kartu Kredit agar Transaksi Lancar – Bagi pemilik dan pemegang kartu kredit ini umumnya memiliki sebuah personal identification number yang disebut juga dengan PIN. Dengan pin inilah pemilik kartu kredit dan pemegangnya bisa melakukan proses penarikan dana lewat anjungan tunai mandiri yang disingkat dengan ATM.  ATM ini disebut juga dengan Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine.

Wajib Baca sebelum Punya Kartu Kredit agar Transaksi Lancar

Semua bank yang menerbitkan kartu kredit ini punya amsa pembayaran dalam waktu 45 hari berikut juga dengan masa tenggang untuk pembayarannya. Bila Anda sudah berhasil melakukan pembayaran dalam waktu selama 45 hari pinjaman, Anda bisa terhindar dari yang namanya biaya bunga terhadap kredit yang Anda lakukan tersebut.

Karena bunga ini hanya akan dibebankan bila Anda sudah melakukan pembayaran minium atau melakukan pembayaran di bawah dari jumlah tagihan Anda dan telah membayar melewati dari masa jatuh tempo.

Perhitungan Pemakaian Kartu Kredit

Misalnya saja Anda mempunyai cetakan tagihan di setiap tanggal 12 dengan jatuh tempo setiap tanggal 27 di setiap bulan. Maka bila Anda melkaukan pembelanjaan atau melakukan transaksi biaya pembelanjaan di tanggal 13 dengan uang sebesar 1 juta rupiah, kemudian Anda melakukan pembayaran cicilannya itu sebelum atau bahkan tepat di tanggal 27, maka Anda bisa terhindar dari biaya tambahan yang didapatkan dari bunga pembelanjaan tersebut.

Namun, bila Anda membayarnya melewati dari tanggal 27, maka Anda harus siap dengan bunga yang harus dibayarkan sekaligus angsuran Anda di waktu itu. Ini adalah sedikit gambaran tentang perhitungan dalam penggunaan kartu kredit.

Nah, berbicara tentang kartu rkedit, seberapa pahamkah Anda tentang pemakaian CVC atau CVV number dalam kartu ini? Bila Anda suka berbelanja online, maka Anda harus tahu fungsi dan pemakaian dalam CVV dan CVC number ini sebelum bertransaksi. Jika tidak, jangan harap pembiayaan untuk proses pembelanjaan Anda bisa berjalan dengan lancar dan bisa disetujui oleh bank.

Karena dari CVC dan CVV number inilah dijadikan seabgai perlindungan paling akhir dari kartu kredit ketika Anda sedang melakukan pembelanjaan secara online. Sehingga, Anda sekarang tak perlu khawatir lagi ketika Anda ingin bertransaki secara online dan kemudian diminta untuk memasukkan sebanyak 3 digit yang sudah tertera ke bagian belakang kartu Anda.

Karena dari angka inilah nantinya proses pembelanjaan Anda akan bisa lancar dan disetujui oleh phak bank. Maka dari itulah, wajib hukumnya untuk selalu menjaga kerahasiaan dari kartu kredit  milik Anda tersebut. Hal ini penting sekali agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja telah dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, tagihan Anda menjadi membengkak.

Maka dari itulah, sebaiknya selalu simpan kartu Anda di tempat yang aman. Anda tidak harus membawa kartu Anda tersebut kemana saja Anda pergi. Cukup simpan saja di rumah dan bawa jika diperlukan saja. Hal ini untuk menghindari pembengkakan terhadap pembelanjaan yang telah Anda lakukan secara offliine ketika Anda sedang berbelanja ataupun berjalan-jalan.

Karena banyak di antara dari pemegang kartu kredit sering kali lupa diri untuk mengontrol nafsu mereka agar tidak berbelanja di luar dari batas kemampuan mereka. Sehingga, ketika sudah memasuki masa bayar, mereka menjadi kelabakan. Karena mereka tidak mampu dan tidak kuat untuk membayar angsuran yang dibebankan sekaligus dengan suku bunga yang diberikan tersebut.