Harga Tiket Masuk ke Kebun Binatang Ragunan

Harga Tiket Masuk ke Kebun Binatang Ragunan – Bisa dibilang bahwa sebenarnya Kebun Binatang Ragunan ini adalah sebuah kebun binatang yang terdapat di kota Jakarta. Tempat ini diciptakan dari lahan berukuran 140 ha. Karena luasnya itulah membuat kebun binatang ini mampu menampung 295 spesien dan juga 4.040 spesimen yang terus bertambah di setiap waktu. Kebun binatang ini sudah ada dari tahun 1864. Sehingga, kebun binatang ini sudah cukup berumur.

Baca juga: Danau Kastoba, Danau Indah di Tengah Pulau Bawean

Lokasi

Untuk lokasinya sendiri ada di jalan Harsono RM, di kelurahan Ragunan. Yaitu di area Pasar Minggu, di jakarta. Dulu, di tahun 2005, kebun ini pernah ditutup hingga 3 minggu. Hal ini dikarenakan banyak hewan yang telah terjangkit virus flu burung. Lebih dari itu, ternyata ini adalah kebun binatang yang pertama yang ada di Indonesia, lo..!

Sejarah Kebun Binatang Ragunan

Sejarah untuk kebun ini adalah merupakan kebun binatang yang berdiri pertama kali di Indonesia, yaitu di tahun 1864. Saat itu, namanya adalah Planten En Dierentuin. Artinya adalah sebuah tanaman dan kebun binatang. Dulu, awalnya luasnya hanyalah sebesar 10 ha saja di area Cikini di jakarta Pusat. Selanjutnya, Raden Saleh seorang pelukis terkenal dari Indonesia telah menghibahkan tanahnya untuk kebun binatang ini.

Kebun Binatang Ragunan

Kemudian, tempat ini mulai dikelola oleh pihak perhimpunan untuk penyayang flora dan fauna yang ada di Batavia. Dimana saat itu telah tergabung menjadi Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.Selanjutnya, di tahun 1949, namanya diubah menjadi Kebun Binatang Cikini. Selanjutnya, di tahun 1969, kebun binatang ini mulai lagi dipindah ke Ragunan di tahun 1964.

Dari sinilah, pihak pemerintah DKI Jakarta menghibahkan tanahnya seluas 30 ha yang mana setelah itu menjadi rumah untuk kebun binatang ini.  Peresmian dari taman margasatwa di Ragunan ini telah diresmikan oleh Ali Sadikin, sebagai gubernur DKI Jakarta saat itu. Yaitu di tanggal 22 Juni 1966.

Wahana Kebun Binatang Ragunan

Disinilah nantinya Anda bisa melihat berbagai macam wahana yang sangat lengkap. Ada berbagai jenis unggas, primata, ular, dan lain-lain yang cukup banyak. Bahkan, bintang buas pun juga ada disini. Di samping itu, ada juga berbagai macam permainan yang baik untuk anak-anak yang tentunya membuat tempat ini makin cocok sekali untuk digunakan sebagai tempat berwisata keluarga.

Harga Tiket Masuk

Untuk biaya tiket masuknya sendiri masih sangat terjangkau. Yaitu sebesar 4 ribu rupiah saja untuk dewasa. Sedangkan anak-anak dikenakan biaya sebesar 3 ribu rupiah. Kemudian, agar dapat masuk ke dalam wahana primata schmutzer, maka Anda harus membayar 5 ribu rupiah. Sementara untuk menikmati sebuah wahana yag baru, maka Anda harus membayar senilai 2500 rupiah.

Tidak sama seperti kebun binatang yang ada di Bandung yang teduh dengan banyaknya pohon yang besar dan jarak kandang binatangnya juga berdekatan. Namun, di tempat ini sangat berbeda sekali. Di Kebun Binatang Ragunan ini jarak untuk antar kandang binatangnya lumayan jauh. Maka dari itulah, agar dapat melihat binatang yan glainnya, Anda harus berjalan kaki yang cukup panjang dan melelahkan.

Sehingga, jika Anda singgah ke tempat ini, sebaiknya jangan lupa membawa payung dan topi. Sehingga, Anda bisa terlindung dari teriknya panas dan sinar matahari yang ada. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa makanan dan minuman, agar tidak kelaparan dan kehausan.