Tips Mengolah Kikil Kambing supaya Tidak Bau dan Lembut

Tips Mengolah Kikil Kambing supaya Tidak Bau dan Lembut – Tidak terasa kemarin para umat muslim telah sampai di hari yang berbahagia. Yaitu, menyambut Hari Raya Idul Adha atau disebut juga dengan Hari Raya Qurban. Pada umumnya, hari raya ini selalu diidentikkan dengan proses penyembelihan binatang qurban. Entah itu berupa kerbau, sapi, domba, dan juga kambing. Maka dari itulah, hampir secara keseluruhan, banyak umat muslim yang mendapatkan daging dari binatang qurban ini, termasuk mendapatkan kikil kambing.

Nah, berbicara tentang kikil kambing, tentu saja banyak orang kadang tidak bisa mengolahnya dengan baik. Sehingga, masakan yang disantap menjadi bau kambing dan kikilnya tidak lunak dan keras. Maka dari itulah, kali ini akan kami berikan bagaimanakah caranya untuk mengolah kikil ini menjadi tidak bau dan lebih lembut dan lunak dengan cepat, antara lain:

Bersihkan Dulu Kikilnya!

Agar cepat lunak dan tidak bau, maka pastikan untuk membersihkannya sampai bersih. Bila perlu, bakar juga semua bulu yang ada di kaki kambing ini sampai benar-benar bersih dan tidak tersisa. Namun, sebaiknya jangan membakarnya sampai gosong. Bila bulu kakinya sudah bersih, maka rendamlah kikil ini ke dalam air hangat selama 30 menit. Bila ternyata masih ada juga bulu yang masih tersisa, maka bersihkan saja dengan menggunakan pisau sampai tidak ada bulu yang tersisa di kakinya.

Rebus Kikil selama 3 Jam

Selanjutnya, langsung saja rebus saja kikilnya ke dalam air yang sudah mendidih sebelumnya supaya kikilnya menjadi cepat empuk dan lembut. Anda dapat merebusnya ke dalam panci biasa. Namun, bila Anda merebus menggunakan panci biasa, maka Anda membutuhkan waktu selama 2 am sampai dengan 3 jam. Sedangkan, bila Anda merebusnya ke dalam panci presto, maka Anda hanya membutuhkan waktu selama 1 jam untuk merebusnya.

Bila sudha, masukkan jaeh, daun jeruk, dan juga lengkuas secukupnya supaya kikilnya menjadi tidak bau. Setelah itu, tambahkan pula dengan sejumput beras ke dalamnya agar kikilnya juga menjadi cepat empuk dan lunak untuk dimakan.

Tiriskan dan Siram sampai Bersih

Bila Anda sudah merebusnya, maka segeralah tiriskan kikil itu. Bila ternyata masih ada bau yang tersisa, maka siram saja kikil tersebut dengan menggunakan air panas sampai bersih. Bila sudah, siram kembali menggunakan air dingin biasa. Hal ini dilakukan agar kikilnya tersebut menjadi tidak bau saat disantap.

Bumbu untuk Memasak Kikil

Ketika akan memasak kikil kambing atau kaki kambing ini, maka sebaiknya gunakan bumbu yang benar-benar masih segar. Bila perlu, pakai juga bumbu rempah-rempah yang memiliki aroma yang kuat. Sehingga, rasa dari masakan kikil ini menjadi semakin lebih mantap. Anda juga dapat menambahkan bumbu rempah, dari jahe, kunyit, bawang putih, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan juga dari batang serai. Sehingga, bau dan aroma kambingnya bisa hilang begitu saja, dikalahkan oleh bumbu masakan tersebut.

Jangan Memasak Kikil Bersamaan dengan Bagian Daging Kambing yang Lain

Sebaiknya, masaklah kaki kambing ini secara terpisah dengan bagian dari daging kambing yang lain. Dengan memasak kikil ini secara terpisah, maka Anda bisa mendapat cita rasa masakan kikil yang lebih sedap. Selain itu, hal ini juga semakin mempermudah Anda untuk mengetahui sudah lembut atau lunakkah daging kikil tersebut dengan cara yang tepat.