Resep Membuat Klepon Labu Kuning yang Lezat

Resep Membuat Klepon Labu Kuning yang Lezat – Punya labu kuning tapi tidak tahu bagaimana cara mengolahnya? Kini Anda bisa membuat sebuah menu masakan baru dari labu kuning yang satu ini. Yaitu dengan cara membuat sebuah klepon labu kuning. Menu ini enak untuk dijadikan sebagai camilan dan pengganti dari tepung beras ketan. Untuk teksturnya sendiri juga sangat lembut dan terasa enak dan nikmat untuk disantap.

klepon labu kuning

Mau tahu bagaimanakah cara untuk pembuatannya? Simak beberapa langkah untuk membuat klepon labu kuning paling mudah dan nikmat di bawah ini, antara lain:

Bahan-Bahan

  • Labu kuning sebanyak 100 gram, kemudian kukus dan haluskan saat masih hangat.
  • Tepung ketan sebanyak 100 gram.
  • Garam sebanyak ¼ sendok teh.
  • Air hangat secukupnya saja.
  • Gula merah secukupnya untuk isian, setelah itu sisir.
  • Kelapa parut secukupnya, dan kemudian langsung dikukus.

Cara Membuat Klepon Labu Kuning

  1. Campurkan garam bersamaan dengan tepung dan juga labu kuning menjadi satu ke dalam sebuah wadah.
  2. Tambahkan air hangat sedikit saja, bila teksturnya terlalu padat.
  3. Rebuslah air yang dipakai tersebut sampai mendidih.
  4. Bentuk adonan tersebut menjadi bulat dan isilah adonan ini dengan menggunakan gula merah.
  5. Bila sudah, bulatkan lagi dan masukkan ke air mendidih.
  6. Masak adonan klepon ini sampai mengapung.
  7. Bila sudah matang semuanya dan telah mengapung, langsung tiriskan.
  8. Sementara itu, gulung adonan ini dengan kelapa parut.
  9. Sehingga, kini klepon labu kuning telah siap untuk disajikan selagi masih hangat.

Seperti yang telah diketahui, bahwa labu kuning adalah buah yang bisa diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat. Teksturnya benar-benar lembut, dan buah yang warnanya kuning cerah ini selalu diidentikkan dengan perayaan bernama, Halloween. Dibalik rasanya dan teksturnya yang lembut dan berasa manis, labu ini ternyata juga mempunyai banyak sekali manfaat didalamnya bila dikonsumsi setiap hari.

Buah labu atau disebut juga dengan cucurbita ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Misalnya saja, seperti vitamin C, vitamin A, serat, protein, folat, dan masih banyak nutrisi penting yang lain yang baik untuk tubuh. Nutrisi itu nanti bisa meningkatkan kesehatan dan juga menangkal berbagai macam serangan racun akibat dari radikal bebas dan dampak polusi. Tak heran bila labu itu sering dijadikan sebagai superfood yang dianjurkan untuk selalu dikonsumsi setiap hari.

Beberapa manfaat dan keuntungan bila mengkonsumsi labu kuning ini secara rutin adalah sebagai berikut ini:

  1. Bisa mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil.
  2. Bisa membuat mata menjadi lebihs ehat. Karena labu punya kadar kandungan vitamin A yang tinggi dan bisa menurunkan masalah degenerasi makula ataupun masalah penurunan terhadap fungsi dari retina. Labu ini juga baik untuk mengatasi masalah mata lelah.
  3. Bisa melancarkan kesehatan pencernaan menjadi lebih baik. Sehingga, masalah kembung dan sembelit pun akan teratasi.
  4. Bisa meningkatkan sistem imun menjadi lebih baik. Sehingga, Anda bisa terhindar dari masalah penyakit kronis berbahaya, seperti penyakit kanker dan obesitas.
  5. Bisa membuat kesehatan kulit dan rambut menjadi lebih terjaga. Jadi, kandungan vitamin A didalamnya ini ternyata baik untuk melembabkan rambut secara almi dan membuat pertumbuhan jaringan dalam tubuh, termasuk kulit kepala dan rambut menjadi lebih cepat dan lebih baik.