Kredit Pemilikan Rumah Adalah Seperti Ini

Kredit Pemilikan Rumah Adalah Seperti Ini –Rumah merupakan sebuah kebutuhan pokok untuk setiap anggota keluarga. Khususnya untuk para keluarga muda yang ingin belajar mandiri, maka mereka sudah pasti akan butuh sebuah rumah. Untungnya, sekarang ini sudah ada kredit pemilikan rumah yang bisa diajukan dengan sangat mudah. Tapi, apa sih kredit pemilikan rumah itu?

Kredit Pemilikan Rumah Adalah Seperti Ini

Sebenarnya, kredit pemilikan rumah adalah sebuah cara untuk mendapatkan pinjaman agar bisa membeli sebuah rumah. Dengan adanya kredit pemilikan rumah inilah tentunya akan membantu para konsumen yang awalnya masih mengontrak menjadi berkesempatan untuk memiliki sebuah rumah seperti yang diharapkan.

Baca juga: Kelebihan Kredit Agunan Rumah Mandiri

Nah, meliihat kebutuhan rumah yang selalu naik di setiap tahunnya, hal tersebut menjadikan celah tersendiri untuk para developer dalam berlomba – lomba untuk membuat banyak rumah. Karena dari situlah nantinya para developer bisa mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan rumah tersebut.

Bagaimana pun juga, rumah adalah kebutuhan pokok yang penting sekali sebagai tempat untuk berteduh dan berlindung juga bernaung bagi keluarga. Karena itulah, kredit pemilikan rumah adalah itu adalah sebuah hal yang sangat membantu sekali bagi keluarga yang berada di kalangan menengah ke bawah.

Dengan banyaknya para developer sekaligus banyaknya badan pemberi pinjaman tersebut, hal ini semakin mempermudah proses transaksi seseorang untuk membeli sebuah rumah. Namun sebelum Anda membeli, sebaiknya perhatikan lebih dulu tentang lokasi, fasilitas, dan juga track record dari para developer. Hal tersebut harus benar-benar Anda pertimbangkan sebelum akhirnya Anda membeli sebuah rumah.

Jika Anda sudah mempertimbangkan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah rumah, selanjutnya Anda bisa menyiapkan dananya. Karena, sekalipun Anda mengajukan kredit, tetap akan ada uang down payment yang harus dibayarkan. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan baik-baik dana itu lebih dulu sebelum Anda mengeluarkan uang tersebut.

Meskipun begitu, ada beberapa kelebihan juga bila Anda membeli rumah secara tunai, antara lain:

  1. Dibandingkan dengan membeli rumah secara kredit, membeli rumah secara cash itu jauh lebih murah. Selain Anda tidak harus mengangsur, belum lagi dengna bunganya, Anda juga bisa mendapatkan harga yang jelas lebih mencolok perbandingannya dibandingkan membeli rumah secara kredit.
  2. Proses pembelian rumah secara cash itu jauh lebih mudah. Karena Anda langsung dengan penjualnya, jadi tidak akan ada biaya untuk administrasi.
  3. Setidaknya, Anda tidak harus patuh dengan peraturan-peraturan. Karena, bila berbicara tentang kredit pemilikan rumah adalah dimana Anda harus patuh dengan segala ketentuan yang mengikat dari proses kredit itu sendiri.

Alasan Membeli Rumah secara Kredit

Namun, meskipun ada banyak keuntungan membeli rumah secara cash, tidak dapat dipungkiri pula bahwa membeli rumah dengan cara kredit itu tetap dibutuhkan dan banyak peminatnya. Beberapa alasan yang mendasari kenapa membeli rumah secara kredit lebih ramai dibandingkan membelinya secara tunai, antara lain:

  1. Membeli rumah secara kredit membutuhkan dana yang lebih sedikit. Mengingat sekarang ini ada banyak yang menawarkan pembelian rumah dengan system DP yang murah sekali, sekitar 5 jutaan, itupun sudah cukup bisa mendapatkan rumah baru. Berbeda lagi bila membelinya secara tunai. Anda harus siap dengan budget sampai dengan ratusan juta rupiah.
  2. Selain itu, bila membeli rumah dengan cara tunai, maka Anda harus siap dengan resikonya, yaitu kadang bila tidak berhati-hati, bisa membeli rumah yang bodong dan bermasalah.