Kredit Rumah Anggota BPJS Kini Sudah Bisa

Kredit Rumah Anggota BPJS Kini Sudah Bisa – Menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan ini tentu saja memberikan Anda banyak sekali keuntungan. Anda bisa memanfaatkan kepersertaan BPJS ini untuk membeli rumah dengan harga jual yang lebih murah. Mau tahu seperti apakah caranya?

Kredit Rumah Anggota BPJS Kini Sudah Bisa

Anda harus senang bila Anda sudah tercatat dalam peserta BPJSTK ini. Karena Anda bisa mendapatkan jaminan di hari tua, mendapatkan jaminan kecelakaan kerja, dan masih banyak yang lainnya. Bahkan, sekarang ini sudah ada kredit rumah anggota BPJS yang bisa memudahkan Anda dalam membeli sebuah rumah dengan harga yang murah.

Baca juga: Kredit Renovasi Rumah Murah, Solusi Terbaik Merenovasi Rumah Limited Budget

Mengutip dari situs BPJS ini, Agus Susanto, sebagai direktur utama BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan fasilitas pembiayaan untuk perumahan bagi para peserta BPJS. Beberapa fasilitasnya tersebut meliputi program kredit rumah.

Lebih lengkapnya, terdapat 4 manfaat perumahan yang bisa Anda nikmati saat Anda menjadi seorang peserta BPJSTK, antara lain:

  1. Fasilitas pinjaman uang muka
  2. Kredit rumah anggota BPJS
  3. Pinjaman renovasi rumah
  4. Pinjman kontruksi bagi para pengembang property.

Untuk kredit rumah anggota BPJS ini terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu non subsidi dan juga subsidi. Lebih lengkapnya, akan kami jelaskan seputar beberapa manfaat bila Anda mengajukan kredit rumah ini, antara lain:

KPR BPJS Ketenagakerjaan

Anggota BPJS ketenagakerjaan ini bisa menggunakan kepesertaannya untuk mendapat bantuan kredit rumah anggota BPJS yang lebih murah. Dalam hal ini, ada 2 macam, yaitu subsidi untuk mereka yang penghasilannya rendah, dan ada juga non subsidi untuk mereka yang bukan penghasilan rendah.

Dengan menggunakan kepesertaan BPJSTK inilah, Anda bisa mendapatkan bunga yang lebih terjangkau dari bunga yang ada di pasar. Anda bisa mendapat bunga sampai dengan 5% untuk setiap tahunnya. Sedangkan untuk non subsidi bisa mendapat bunga sebesar RI repo rate + 3%.

Jadi, bila sekarang ini tingkat untuk BI RR ini sebesar 4,75%, maka kredit rumah anggota BPJS untuk non subsidi sebesar 7,75%. Suku bunga ini masuk dalam kategori yang murah dari rata-rata bunga pada umumnya.

Syarat Mengajukan KPR BPJS Ketenagakerjaan

Dari sinilah, tak heran bila banyak orang menyuka fasilitas kredit rumah anggota BPJS ini. Maka dari itulah, jika Anda ingin mengajukan kredit itu juga, sebaiknya lengkapi persyaratan atau pahami ketentuan-ketentuan di bawah ini, antara lain:

  1. Anda harus menjadi anggota BPJSTK minim selama 1 th.
  2. Anda harus membayar iuran tersebut secara aktif.
  3. Anda harus mendapatkan rekomendasi dari atasan Anda.
  4. Anda harus belum memiliki rumah sendiir.
  5. Anda harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan bank penyalur dan juga OJK.

Ketentuan yang diberikan oleh OJK dan bank penyalur itu adalah sebagai berikut ini:

  1. Kelayakan untuk pemberian pinjaman.
  2. Melihat penghasilan minimal Anda untuk setiap bulannya.
  3. Melihat histori pinjaman lewat BI checking.

Barulah setelah Anda lolos dari verifikasi awal ini, maka Anda bisa emlanjutkan tahap selanjutnya. Yaitu kualifikasi BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri. Bagaimana pun juga, history kredit ini adalah sebuah penyaring utama untuk kelayakan Anda dalam mendapatkan bantuan kredit rumah anggota BPJS ini. Maka dari itulah, bila Anda tertarik dengan kredit tersebut, sebaiknya jangan sampai Anda mempunyai masalah hutang kartu kredit dari bank. Barulah nantinya Anda bisa mengajukan pinjaman kredit tersebut pada bank yang bersangkutan.