Blacklist Bi Penentu Kredit Rumah Lewat Bank Bri

Blacklist Bi Penentu Kredit Rumah Lewat Bank Bri – Untuk urusan kredit rumah lewat bank BRI, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah blacklist dari bank Indonesia. Karena umumnya dalam mengajukan proses kredit rumah ini diharuskan melewati dulu yang namanya BI Checking. Barulah nanti Anda bisa diterima pengajuan atau permohonan kredit rumahnya.

Blacklist Bi Penentu Kredit Rumah Lewat Bank Bri

Namun sayangnya, ternyata tak banyak orang yang tahu tentang daftar dari blacklist ini. Padahal, jika mereka ingin membeli sebuah rumah dengan menggunakan kredit rumah lewat bank BRI dalam waktu dekat, maka mereka harus bukan termasuk ke dalam daftar blacklist terlebih dahulu. Karena nantinya, sebelum melewati pengajuan kredit rumah ini, bank akan melakukan proses BI Checking lebih dulu.

Baca juga: Kredit Rumah Lewat BPJS Ada Bunga Terendah

Dimana ini merupakan sebuah proses pengecekan terhadap rekam jejak dari kredit yang pernah Anda lakukan sebelum Anda mengajukan kredit rumah tersebut. Dari riwayat dan rekam jejak kredit inilah maka akan diketahui semua catatan dari kredit apa saja yang pernah Anda lakukan dengan pihak bank. Dari sinilah nantinya Anda akan dimasukkan ke dalam beberapa kategori peringkat, dari peringkat 1 sampai dengan peringkat 5.

Penjelasan Peringkat BI Checking

Untuk peringkat ini adalah mereka yang berada dalam rekam jejak pinjaman kredit yang sangat baik dan paling baik. Ini adalah untuk orang-orang yang selalu membayar lunas semua kreditnya dengan tepat waktu. Sedangkan untuk peringkat 5 adalah untuk orang-orang yang sering kredit macet. Sehingga, mereka tidak layak mendapatkan pinjaman kredit. Biasanya, mereka yang masuk ke dalam peringkat 5 ini termasuk dalam kategori golongan daftar hitam.

Nah, dari sinilah bila proses BI Checking ini didapatkan bahwa Anda masuk dalam kategori peringkat pertama, maka Anda bisa senang dan meloncat kegirangan. Akrena sudah pasti Anda akan langsung lolos dari tahapan proses BI Checking yang satu ini. Sebaliknya, bila ternyata Anda masuk dalam kategori peringkat kelima, maka Anda harus gigit jari. Karena sudah pasti permohonan Anda akan ditolak.

Kecuali bila Anda mau memperbaiki peringkat Anda tersebut. Lalu, bagaimanakah dengan yang masuk dalam peringkat ke 2 sampai dengan peringkat ke-4? Dalam hal ini, bila Anda berada dalam peringkat ke 2 sampai dengan peringkat ke-4, sebenarnya permohonan Anda untuk mengajukan kredit rumah lewat bank BRI ini bisa saja akan dikabulkan. Karena, rekam jejak ini hanyalah sebuah alat untuk melihat seperti apakah rekaman jejak kredit pinjaman Anda yang dipakai oleh pihak bank.

Sehingga, dari rekam jejak inilah bisa diketahui apakah Anda layak untuk mendapatkan pinjaman kredit rumah lewat bank BRI atau tidak. Hanya saja, untuk mendapatkan persetujuran pinjaman kredit itu tidak seperti yang Anda bayangkan prosesnya. Anda harus sabar. Hal ini membutuhkan proses yang sedikit lama. Tidak sama seperti mereka yang berada dalam peringkat 1 dan peringkat 2.

Mereka yang berada dalam peringkat tersebut akan mudah lolos dibandingkan mereka yang duduk dalam peringkat di bawahnya. Apalagi yang masih duduk dalam peringkat ke-4. Sudah jelas mereka akan lebih sulit untuk mendapatkan pinjaman.

Jadi, tetap saja bila ditarik kesimpulan, dalam hal ini, proses pengajuan untuk program kredit rumah lewat bank BRI ini yang paling aman adalah yang berada dalam peringkat pertama. Maka dari itulah, sebelum Anda mengajukan permohonan kredit rumah, sebaiknya lihat dahulu peringkat Anda tersebut.